Taman Cattleya

Taman Cattleya Tempat Sejuk Dan Nyaman Di Tengah Kota Jakarta

0 Shares

Masih inget , sudah berapa lama gak pernah kemana-mana? melihat timeline sahabat yang sudah berani jalan-jalan dengan menggunakan pesawat, membuat jiwa travellingku
meronta hahahah, gak juga sih. Walaupun masih menggunakan sistem WFH 2 minggu , WFO 2 minggu tetap saja butuh yang namanya refreshing, keluar dari rutinitas dari biasanya. Setiap hari aku menggunakan busway PP dan setiap hari pula aku melalui jalur ini, dan ternyata aku tidak memperhatikan ada taman secakep ini, tetapi akhirnya aku mencoba dan merasakan nikmatnya taman Cattleya tempat sejuk dan nyaman di tengah kota Jakarta. Tidak mengapa terlambat mencoba daripada tidak sama sekali. Memang manfaat keluar dari rutinitas yang setiap hari dilakukan sangat baik untuk kesehatan dan menghilangkan stress , seperti yang disampaikan oleh teman blogger Bengkulu.

Apa itu Taman Cattleya

Cattleya adalah nama salah satu jenis tanaman anggrek, mungkin karena letaknya tidak begitu jauh dengan Mall dan apartement Taman Anggrek yang berada sebelah barat, sehingga taman ini disebut taman Cattleya, luasnya 31.945 m2, yang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, selain sering menjadi tempat untuk shooting iklan dan film, jika sahabat seorang penggemar fotografi sering menjadikan taman ini sebagai area hunting foto.

Taman Cattelya tempat yang sejuk 
di Jakarta
Taman Cattleya Doc.Pribadi

Berada di tengah kota dan merupakan Ruang Terbuka Hijau yang diresmikan pada 1 desember 2007 dengan ditumbuhi beberapa tanaman hampir 1.000 pohon tumbuh di taman ini, dahulu disebut taman Tomang. Dengan pencahayaan taman yang telah ditata sedemikian rupa sehingga menjadi lebih baik, hal ini ditingkatkan guna untuk memberikan kenyamanan serta keamanan untuk seluruh pengunjung khususnya ketika suasana sudah mulai gelap.

Dimana sih taman Cattleya

Taman Cattleya ini berada tepat di sisi jalan tol Tomang alamat lengkapnya di Jl. Letjen S. Parman Jl. Anggrek Nelimurni No. 15 RW. 1 Kemanggisan Kec. Palmerah Jakarta Barat DKI Jakarta.

Jam buka taman Cattleya

Jam operasional dari jam 6.00 sampai jam 20.00 setiap hari senin – minggu

Harga tiket masuk

Tenang ya sahabat yang ingin berkunjung untuk rekreasi ke taman ini tidak akan dipungut biaya alias gratis, jadi gak perlu pikir HTM

Rute menuju lokasi taman

Jika sahabat ingin berkunjung ke taman ini dapat menggunakan beberapa alternatif :

1. Kendaraan pribadi

Untuk Arah dari Cawang : maka sahabat sebelum lampu merah Tomang, pelankan laju kendaraan pribadi sahabat , karena lokasi taman ini terletak sebelum perempatan atau tol kebun jeruk.
Untuk arah dari Roxy/Tanah Abang/ Kalideres : sahabat harus memutar arah yang lumayan jauh yaitu dengan memutar di kolong jembatan slipi petamburan

2. Kendaraan umum / bus

Busway : Jika sahabat menggunakan busway maka sahabat dapat turun di halte Rumah Sakit Harapan Kita, lalu sahabat dapat melanjutkan perjalanan menuju perempatan tomang, sebelum sampai Mall Taman Anggrek ( jika busway dari arah Semanggi ) sekitar jarak 200 meter sahabat akan segera tiba di lokasi taman ini.

Jika menggunakan kendaraan umum/ bus :
Arah dari bogor/cawang : semua kendaraan umum yang berasal dari arah Bogor maupun Cawang ke arah Grogol, pasti akan melewati lokasi taman Cattelya ini, sahabat dapat meminta turun di perempatan Tomang.

Arah Tangerang/Kalideres : jika sabahat yang berangkat melalui arah tangerang atau Kalideres, dengan jurusan Semanggi akan melewati taman Cattleya ini, tetapi letaknya di seberang jalan pemberhentian, sehingga sahabat harus menyeberang untuk menuju taman ini.

Aktivitas yang bisa dillakukan di taman Cattleya

Saat memasuki lokasi taman ini sahabat akan disambut oleh penjaga yang akan memeriksa protokol kesehatan, dan menulis daftar hadir, lalu sahabat akan melihat di sebelah kiri ada pos hansip dan sebelah kanan pohon rindang dengan ada patung yang diresmikan pada tgl 21 juni 2019 oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan Wakil Walikota Kiev, Ukraina untuk menghormati persahabatan kota (sister city) Jakarta -Kiev, pencipta Kostiantyn Skrytutsky dan Fedor Balandin.

Taman Cattelya nyaman di tengah kota Jakarta
Patung persahabatan kota dari Kiev , Doc. Pribadi

Patung ini dipersembahkan oleh komunitas Kiev dan organisasi Swasembada, patung Anne de Kiev Feson kepada kota Jakarta . Di taman ini juga terdapat patung burung merak yang menjadi simbol/ikon dari taman ini dengan ekor yang sudah dilebarkan seperti kipas dan kuncup terletak di depan dan dekat kolam.

Sebelah kiri sahabat akan memasuki area untuk melakukan berbagai aktivitas, dengan diapit dua tempat air mancur, terdapat tempat duduk untuk santai yang tersedia. Setelah masuk area ini sahabat dapat melakukan berbagai kegiatan seperti:

Melakukan olahraga

Biasanya kalau aku olahraga pasti yang kutuju adalah Monas atau GBK, tetapi kali ini aku tidak usah jauh-jauh dan tidak juga memerlukan biaya ongkos wkwkw, nyesel juga sih baru sempat mampir ke taman yang cantik ini, tapi lebih baik terlambat datang ke taman ini daripada gak sama sekali wkwkw.

Taman Cattelya sejuk dan nyaman
Pohon di Taman Cattleya I Doc Pribadi

Sahabat bisa melakukan olahraga jalan kaki santai atau jogging, lari, menggunakan alat olahraga yang disediakan, dan tersedia juga children playground. Trek jalan yang tersedia di taman ini juga terlihat sangat rapi, maka tidak heran sering dijadikan trek jogging atau lari waktu sore hari, dan juga menggunakan alat fitness di ruang terbuka hijau ini yang sudah tersedia dan dapat digunakan sepuasnya secara gratis.

Menikmati air mancur

Di taman Cattleya terdapat air mancur, yang dapat sahabat saksikan pada jam 9.00 dan jam 17.00, banyak sekali anak-anak yang mandi-mandi saat air mancurnya dinyalakan sampai bingung aku mau membuat video atau ambil foto untuk ruang yang kosong, gak ada anak kecil mandi hahaah.

Duduk Santai

Menikmati indahnya rerimbunan pohon yang tertanam di taman Cattleya membuat sahabat menikmati keindahan alam, sejuk dengan suasana hening sebab lokasi ini memang menjorok dari jalan raya serta tol.

Memancing

Di Taman Cattleya terdapat kolam yang biasanya digunakan untuk memancing ,entahlah apa benar ada ikannya atau tidak.Kadang kala ada yang membawa ikannya sendiri terus dimasukkan ke kolam tersebut.

Taman Cattleya ini juga dapat digunakan untuk acara wedding dan gathering, tetapi harus melalui permintaan khusus guna mendapat izin mengadakan acara tersebut.

Di taman ini juga terdapat rumah komposling, mungkin sampah dari taman ini dibuat kompos disini atau dari perumahan anggrek Nelimurni.

Temapat komposling di taman Cattelya
Rumah Komposling I Doc. Pribadi

Tempat yang dekat dengan taman Cattleya

Jika sahabat ingin melanjutkan tempat instagrammable bisa mengunjungi jembatan Neo Soho tidak jauh dari lokasi taman Cattleya, atau mau ke Mall bisa juga, tapi kalau untuk menikmati suasana kolam ikan yang beneran ada ikannya besar-besar ada di Taman Central Park. Dapat juga ke Jakarta Aquarium yang terdapat di dalam Mall Neo Soho.

Baca juga : Wisata Jakarta

Tips saat ke taman Cattleya

  • Sebaiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi agar kegiatan sahabat di taman lebih flexibel, tetapi gak mengapa kalau mau dengan berkendara umum atau jalan kaki dari apartemen Taman Anggrek.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman Cattleya ini adalah ketika pagi atau sore hari sebab suasananya lebih sejuk.
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Sahabat dapat membawa bekal dari rumah agar lebih hemat , karena bisa gelar tikar untuk menikmati bekal tadi.
  • Jaga barang bawaan sahabat
  • Apabila datang dengan membawa anak-anak pastikan tidak jauh dari pandangan dan jangkauan sahabat
  • Membawa uang cash secukupnya
  • Membawa antiseptik atau obat yang diperlukan

Itulah beberapa kegiatan dapat dilakukan di taman Cattleya tempat yang sangat sejuk dan nyaman di tengah kota Jakarta, apalagi pada masa pandemi yang belum dapat melakukan perjalanan jauh, tapi dapat memanfaatkan travelling dan rekreasi di taman Cattleya ini. Semoga menjadi alternatif tempat rekreasi selama di Jakarta, agar tidak terjebak melulu dalam wisata mall. Selamat menjelajah taman sahabat, salam sehat selalu.

Semoga bermanfaat,


Marlinajourney

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

21 thoughts on “Taman Cattleya Tempat Sejuk Dan Nyaman Di Tengah Kota Jakarta

  1. mbak in, pas pandemi gini tamannya buka ga? aku beberapa kali ngajak ke RPTRA pada tutup. btw pantes kaya pernah liat, dulu pas ke grogol lewatin ini. mbak in rumahnya dmn kah? `

  2. Seneng banget di masa pandmei masih bisa jalan-jalan. Apalagi ada Taman cattleya yang ga jauh-jauh ya mbak. Ga perlu bingung mikirin tiket pesawat dll hehehe

  3. Wah ada ya taman sekeren ini dekat Neo Soho ya kak? coba deh klo kesana ku mampir ..bagus ya tempatnya buat hunting foto2 ..

  4. Kalau lagi suntuk,atau lagi butuh inspirasi tuk ide pergi te taman Cattleya pas kayaknya ya mba. Sekaligus ngadem juga kalau cuaca lagi terik menyengat.
    Kapan lagi bisa menghirup udara segar sambil ngeliat pepohonan sekitar

  5. Di Jakarta ada taman yg luas dan indah, tentunya akan menambah kesejukan kota Jakarta. Ibukota yg sering dikenal dengan panasnya. Sebaiknya Jakarta memang harus menambah taman2 seperti ini. Jakarta sejuk dan asri

    1. Iya , udah gitu tamannya dekat juga dengan Mall jadi gampang deh kalau udah bosan di taman jalan kaki ke Mall

  6. Enak banget ya Kak perumahan anggrek ini punya Komposling sendiri. Belum lagi taman Cattleya ini hijau bener. Pasti tinggal di sini nyaman banget ya Kak.

    1. Di taman ini gak ada tempat tinggal kak, ehh ada deh di belakang ada perumahan wkwkw
      iya adem banget

  7. Dimasa pandemi ini, jalan jalan ke taman sekedar keluar dari rutinitas..udah berharga banget ya kak…secara jalan jauh belum juga berani (kalau saya) …

    1. iya saya juga gak pernah kemana-mana semenjak pandemi , biasanya sebulan sekali bolang wkwwkk

  8. Kak aku dulu rasanya pernah sekilas kesini, pas buru-buru nggak sempet mampir padahal seru ya, santai menikmati suasana disini

    1. wahh sayang banget ga mampir adem banget di taman cattleya, apalagi duduk dekat air mancur,
      kaya bukan di Jakarta dehh

  9. Baru tau akuuh ada taman Cattleya. Dari lahir tinggal di jakarta dan sering banget dulu main ke mall taman anggrek tapi enggak ngeuh sama taman ini. Wah bisa jadi tempat wisata dadakan nih haha. Makasih ya mba sharingnya.

  10. Jiwa ingin piknikku meronta, kak. Jadi pengen berkunjung ke sini. Pengen makan siang gelar tiker sama keluarga

  11. Rindang banget ya mbak, adem lihatnya. Di tengah jakarta yg panas, masih ada taman yg luas dan banyak pohon

  12. Duduk santai di sana sambil baca buku enak nih namppaknya.

  13. Kayaknya masih sepi pengunjung ya Kak. Dari lihat gambarnya aja dah kelihatan sejuknya. Berasa aku merasakannya. hahaha. Waktu masih tinggal di Jakarta jarang jalan-jalan aku tu. Jadi ya tahu taman ini dari baca tulisan ini.

    1. Pan kapan kalau balik ke Jakarta lagi pengen deh main ke taman ini. Sepertinya sangat adem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap