10 Macam-Macam Jenis Madu Dan Khasiatnya

10 Macam-Macam Jenis Madu Dan Khasiatnya

0 Shares

Assalamualaikum sahabat, gimana kabarnya hari ini, semoga sehat dan bahagia selalu ya. Sahabat tahu gak, kalau Allah tuh memberikan rezeki dalam berbagai bentuk salah satunya adalah kesehatan, yang mana saat ini amat sangat dijaga. Untuk menjaganya biasanya melakukan olahraga, selain itu ditambah penunjang untuk imunitas agar selalu sehat seperti yang pernah aku baca di artikel teman blogger mengenai hidup sehat. Penambah imunitas dengan mengkonsumsi madu, dimana ada 10 macam-macam jenis madu dan khasiatnya yang dapat sahabat ketahui.

Mengapa Madu

Madu adalah cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nektar bunga dan rasanya manis. Jika lebah madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama lebah lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Madu juga merupakan salah satu hasil hutan non-kayu.Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, madu dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan contohnya untuk untuk pemanggangan makanan. Madu memiliki cita rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air. Oleh karena ini, madu yang disimpan cukup lama akan dapat tetap bertahan hingga ribuan tahun.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Macam-macam jenis madu dan khasiatnya

Warna madu asli berbeda-beda tergantung jenis nektar tanaman yang dikumpulkan oleh lebah . Setiap jenis lebah dapat menghasilkan madu dengan aneka warna, rasa dan aroma. Ada 10 Macam-macam jenis madu dan khasiatnya yang berbeda-beda diantaranya yaitu :

Madu bunga kapuk randu

Jenis madu ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan dan luka bakar (dioles pada bagian yang luka) serta mem[erlancar fungsi otak , meningkatkan nafsu makan , mengobati demam dan panas dalam , memperkuat fungsi otak sangat baik untuk masker wajah sebagai suplemen makanan atau penambah nutrisi tubuh , sangat baik untuk dikonsumsi balita dan dewasa.

Madu bunga kopi

Madu jenis ini sangat baik untuk masker wajah, berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat enak tidur , memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka) menyembuhkan penyakit jantung, penyakit darah tinggi ,penyakit maag/lever penyakit asthma , menghilangkan rasa mual dan kepikunan.

Madu bunga lengkeng

Jenis madu ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh , memperlancar urin , memperkuat fungsi ginjal ,menyembuhkan sakit pinggang, mempercepat penyembuhan luka operasi, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioles pada bagian yang luka)

Madu bunga mangga

Madu jenis ini juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa mual , memperkuat kandungan bagi ibu hamil, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar ( dioleskan pada bagian yang luka ).

Madu bunga lokal

ini merupakan madu multiflora atau madu hutan berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh , menyembuhkan darah tinggi dan darah rendah, membuat enak tidur, mengobati rematik, memperlancar fungsi otak dan menyembuhkan luka bakar (dioleskan pada bagian yang luka.

Madu bunga kaliandra

Madu jenis ini berkhasiat memperlancar pencernaan meningkatkan hormone, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan darah tinggi /rendah, membuat enak tidur dan menyembuhkan luka bakar ( dioleskan pada bagian yang luka ) mengurangi rasa mual, mengobati reumatik.

Madu bunga rambutan

Madu jenis ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urine, memperkuat fungsi ginjal, mengobati sakit pinggang, memperlancar fungsi otak, mengobati sakit maag, mengobati luka bakar, mengobati batuk dan asma, sebagai penambah nutrisi tubuh, memperlancar fungsi otak, menyembuhkan luka bakar (dioleskan pada bagian yang luka).

Madu klenceng

Madu jenis ini cocok bagi penderita diabetes mellitus sebagai pengganti insulin dalam tubuh, mengatasi lemah syahwat, menormalkan kadar gula dalam tubuh,  mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan bagi tubuh seperti diasfase,peroksidase,dan oksidase yang memecah karbohidrat dan glukosa menghasilkan energy instan

Madu bee pollen

Madu ini berkhasiat untuk meningkatkan IQ, mencegah serangan kanker, impotent, menoupouse, ketidaksuburan, triglicerida, arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, asthma, pembuluh kapiler yang lemah, diet, penyakit tukak lambung, gangguan prostat, varicose veins.

Madu super

ini merupakan perpaduan antara madu +bee pollen + royal jelly untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan hormone, memperkuat fungsi otak dan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, mempercepat penyembuhan luka operasi, mengendurkan bagian syaraf yang tegang, menghilangkan rasa letih, meningkatkan kecerdasan anak, dapat dikonsumsi penderita diabetes, sangat baik untuk masker wajah, sebagai suplemen makanan.

Itulah macam-macam jenis madu dan khasiatnya yang dapat sahabat konsumsi, sehingga kesehatan sahabat dapat terus terjaga dan fit untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, dan viruspun menjauh dari tubuh.

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum

Marlinajourney

0 Shares

14 komentar untuk “10 Macam-Macam Jenis Madu Dan Khasiatnya”

  1. Banyak sekali ya kak ternyata jenis madu ..ini berlaku untuk madu dari peternakan lebah atau madu hutan juga ada jenisnya ya kak?

  2. banyak ya jenisnya, saya tau cuma madu murni doang yang rasanya manis. soalnya konsumsi juga setiap hari untuk menambah vitamin hehe. dan juga paling aman sih minum madu emang. makasih mba sharingnya.

    1. Kalo madu hitam itu jenis madu dari lebah apa atau dari bunga apa ya kak?..
      Madu memang salah satu obat yg paling direkomendasikan. Saya selalu menyediakan madu di rumah

  3. Macam macam madu ternyata banyak juga ya mba, soalnya kalai dulu masih kecil pulang kampung masih sangat mudah menemukan orang menjual madu hutan,tapi sekarang udah sulit karena banyak yang membuka lahan.
    Dan pastinya khasiatnya juga sangat baik untuk kesehatan terutama.

  4. Ternyata banyak sekali ya jenis madu, aku cuma taunya makan aja yang penting asli madu

  5. Baru tau banyak juga jenis madu ya kak, sampai dengan hari ini belum berani nyoba lagi konsumsi madu.. setelah dibilang dokter saya alergi protein tinggi yang datang dari madu.. tapi ga tau juga jenis madu yang lain…hmmm…

  6. Ternyata beda sumber makanan lebah saja bisa menghasilkan madu yang berbeda manfaat ya Kak Inna..
    Aku di rumah sama anak-anak paling suka madu. kalau udah ada di rumah nggak akan bisa bertahan lama. Cuma madu Hitam pahit yang mereka tidak suka. Aku pernah konsumsi madu hitam pahit untuk mengobati asam lambung.

  7. Hadi Kurniawan

    Oooo ternyata madu itu ada jenis dan macamnya toh baru tau aku. Kalau dimadu baru semacam doang ya mbak? eh? becanda mbak. Nice sharing

  8. Madu randu ini terkenal banget kalau di kampungku kak, karena masih banyak banget pohon randu di perkebunan dekat sawah. Madunya bening enak banget rasanya khas ..

  9. Banyak sekali ya manfaat madu, jadi emang kudu stok selalu nih di rumah, buat konsumsi harian satu keluarga.

  10. Bacaan ipeh

    Madu yang rasanya cocok di lidahku itu madu yang dari rambutan. Manisnya cocok gitu. Tapi, kalau pas sakit seringnya dikasih yang ada bee polennya. Bisa bikin tubuh lekas pulih

  11. aku dulu ga suka merhatiin konsumsi madu apa loh mbak in, semenjak punya anak ini jadi suka baca2 tapi baru tau sebanyak ini ya jenisnya. jadi tergantung bunga yang dihisapnya..aku suka madu liar sih rasanya ga telrlu manis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap