Wisata Jakarta

Menikmati 9 Wisata Jakarta Dengan Jalan Kaki

0 Shares

Assalamualaikum sahabat jalan , gimana kabarnya sehat dan bahagia kan? Mau cerita nih kemarin aku tuh meet up sama kawan-kawan di Jakarta, karena waktunya masih panjang (maksudnya belum malam), akhirnya aku ajak kawan-kawan menikmati 9 wisata Jakarta dengan jalan kaki, ehh pasti ada yang bilang kan panas, debu dan keluhan lainnya mengenai jakarta, tenang aku dan kawan-kawan sudah melindungi wajah dengan baik, seperti nasehat salah satu teman blogger medan jangan takut panas.

Manfaat Jalan Kaki

Sebelumnya aku mau kasih info dulu nih, ternyata jalan kaki tuh banyak sekali manfaatnya seperti :

  1. Memperpanjang Usia, rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit.
  2. Menurunkan berat badan, jalan kaki lebih lama setia hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.
  3. Menyehatkan jantung dan paru-paru, jalan kaki cepat dari 20-25 menit akan memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru.
  4. Mengurangi stress
  5. Memperlambat penuaan
  6. Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
  7. membantu menurunkan tekanan darah.
  8. Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
  9. memperkuat otot kaki,paha dan tulang
  10. memperbaiki efektifitas jantung dan paru-paru, membakar lemak dalam tubuh
  11. meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat

Dimana Jakarta ?

Jakarta itu merupakan salah satu ibukota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa .

Menikmati 9 wisata Jakarta dengan jalan kaki

Ternyata menikmati wisata tuh gak perlu banyak keluar uang ya apalagi di Jakarta, banyak sih angkutan umum yang gratis disediakan oleh Transjakarta, yang khusus membawa keliling Jakarta mulai dari kota sampai Sarinah, tentunya beda sensasinya kalau sahabat menikmati wisata Jakarta dengan berjalan kaki, dimana bisa berhenti kapan tanpa sesuai jadwal rute.

Ada 9 wisata Jakarta yang dapat dinikmati dengan jalan kaki yang seperti :

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang mempunya arti “Merdeka” dalam bahasa Arab , Masjid ini dibangun sebagai ungkapan dan wujud dari rasa syukur bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam, atas berkat dan rahmat Allah SWT yang telah menganugerahkan nikmat kemerdekaan, terbebas dari cengkraman penjajah.

Wisata Jakarta Istiqlal

Merupakan masjid negara Indonesia, sebagai masjid yang mewakili masjid umat muslim Indonesia, menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sekaligus menggambarkan semangat perjuangan dalam meraih kemerdekaan.

2. Wisata Jakarta Pasar Baru

Kawasan perdagangan dan merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, didirikan pada tahun 1820 tepatnya di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Di sisi kiri dan kanan Jalan Pasar Baru terdapat toko pakaian, toko tekstil dan tailor, toko alat olahraga, toko sepatu, toko kacamata, dan toko perhiasan emas.

3. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung kesenian merupakan peninggalan bersejarah pemerintah Belanda yang hingga sekarang masih berdiri kokoh di Jakarta. Terletak di Jalan Gedung Kesenian No. 1 Jakarta Pusat. Gedung yang memiliki bangunan tua ini merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya.

4. Lapangan Banteng

Lapangan yang pada zaman dahulu menjadi lapangan yang dihuni berbagai macam satwa liar seperti macan, kijang, dan banteng, berdiri tegak di tengan-tengah Lapangan Banteng, patung karya pematung Edhi Soenarso yang merupakan satu patung paling ikonik yang ada di Indonesia dan merupakan Monumen Pembebebasan Irian Barat.

Wisata Jakarta

Monumen Pembebasan Irian Barat adalah monumen yang diresmikan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1963, patung ini terbuat dari perunggu . Monumen ini dibangun untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat yang memilih menjadi bagian dari Republik Indonesia. Lapangan Banteng ini biasa digunakan untuk berolahraga dan terdapat atraksi air manjur pada malam minggu.

5. Gereja Katedral

Sebuah tempat ibadah agama kristen yang memiliki arsitektur neo-gotik dari Eropa. Gedung gereja ini diresmikan pada 1901. Gedung gereja Katedral ini sangat berdekatan dengan masjid Istiqlal. Apabila malam hari gedung ini terasa indah jika dilihat, dengan lampu-lampu yang menyala di ujung kerucut gereja.

Wisata Jakarta

6. Tugu Monas

Tugu yang dimahkotai lidah api ini dilapisi lembaran emas, melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki ), didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan.

Wisata Jakarta

Monumen Nasional populer dengan nama Monas atau Tugu Monas. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Monas juga sering mengadakan event atau festival monas yang disajikan pada malam hari , selain itu monas sebagai tempat melakukan aktivitas olahraga

7. Es krim ragusa

Toko es krim yang berdiri sejak 1932 di Batavia , dikenal dengan nama es krim Ragusa Es Italia. Produk es Italia yang dijual di toko ini menggunakan bahan dasar susu sapi segar sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut dan tidak menggunakan bahan pengawet. Harga yang diberikan juga tidak terlalu mahal, dengan berbagai macam topping.

Wisata Jakarta dengan jalan kaki

8. Kota tua

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer . Di kota tua ini sahabat dapat menyusuri berbagai museum.

Wisata Jakarta

Kota tua ini juga dijuluki sebagai “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lamayang dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia, karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

9. Perpustakaan Nasional

Jika sahabat suka baca-baca buku di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah tempat yang enak menyenangkan dan kekinian dengan layanan dan fasilitas yang wow. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan tertinggi di dunia dan berada di jantung ibu kota, berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11

Wisata Jakarta

Perpustakaan tidak lagi sekadar menjadi tempat membaca dan mencari buku untuk bahan referensi. Banyaknya inovasi berbasis teknologi, menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat belajar yang menyenangkan.

Itulah 9 wisata Jakarta yang dapat sahabat nikmati dengan jalan kaki, dapat dua keuntungan sekaligus ya, manfaat dari jalan kaki dan menikmati wisata yang ada di Jakarta tanpa merogoh kantong yang dalam, gimana sahabat tertarik untuk mencobanya? yuks di komen ingin kemana lagi sahabat menikmati wisata dengan jalan kaki?

Semoga bermanfaat,

marlinajourney

0 Shares

27 komentar untuk “Menikmati 9 Wisata Jakarta Dengan Jalan Kaki”

  1. Yang belum pernah itu es krim ragusa. Belum pernah liat tempatnya. Alhamdulillah yang lain udah pernah ke sana dan bikin pengen ke sana lagi. Semoga pandemi segera berlalu. Kangen nongkrong sore di halaman monas. Sambil liat pengunjung lain beraktivitas. Terus menikmati langit jakarta yang syahdu gitu. Aigooo.. Kurindu jalan-jalan.

  2. Wah apakabar ya es krim Ragusa …kangen banget pengen ngesgrim dan potret cantik di lapangan banteng huhu… coronces buruan dunk pulang kampung..biar kita bisa jalan kaki lagi nih ..

  3. Kak ini letaknya berdekatan ya? Wah nice info nih? Ahaha rencana mau ke jkt bareng suami akhir tahun soalnya. Kalau sendirian biasa kemana-mana pakai ojol hehehe

    1. Iya satu lingkup , semoga bisa menikmati Jakarta ya dengan jalan kaki, jangan naik
      ojol sayang hahaha, mending buat beli es krim Ragusa.

  4. Masruhin

    Sudah pernah jalan kaki antara pasar baru, Monas, Istiqlal, katedral, bundaran HI, kota, perpus, stasiun. Yg belum tau es krim ragusa..

  5. Menarik juga ya jika ditelusuri benar juga ya mau ga mau kita jalan kaki hihi, tanpa di sadari. Tetapi, aku belum pernah berkunjung ke gereja katedral dan penasaran banget

    1. Wah nanti pas ke Jakarta coba masuk kak, itu kita ga perlu ke Luar Negeri,
      bangunannya seperti yang ada di Luar Negeri, Arsitektuk bagus banget .

  6. Bisa sambil seru seruan bareng suami deh,kapan lagi ya kan bisa menyusuri kota Jakarta dengan berjalan kaki.
    Sehat dapat terus bonusnya dapat menikmati wisata yang disukai, nah kan.
    Itung itung sekalian bisa jadiin moment ngobrol sama suami juga sambil nikmati Es Cream Ragusa.

  7. wah emang seru nih wisata jalan kaki, zaman SMP tuh pernah dari kota ke museum satu ke museum lainnya. Terus juga pernah dari gambir ke istiqlal sampai monas. wah seru banget hihi.

  8. Seru ya bisa wisata sambil berolahraga jalan kaki. Sehat fisik, sehat mata dan sehat hati. Noted kak, semoga suatu saat bisa wisata ke Jakarta.

  9. aku sudah coba semua sama anak dan suami, cuma sayang pas di kota tua banyak digendong krn cuacanya panas jg hehe. paling enak keluiling tempat2 ini pake bus tingkat nih mbak, gratis lg, hehe.

  10. Wisata yang menyehatkan, jalan kaki apalagi ditemani pasangan pasti capeknya tak terasa

  11. Jakarta juga punya tempat2 yg bisa dikunjungi utk wisata ya. Ga harus berupa pantai atau gunung. Bangunan bersejarah pun bisa menjadi wisata.

  12. Aku belum tahu nih es krim ragusa. Padahal lama tinggal di Jakarta. Sempet mau jadi warga sana juga. Hihi.

  13. Es krim ragusa, kota tua dan monas yang baru explore… yang lain tau sich..tapi belum.sempat explore lebih jauh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap