Pendidikan-Non-Formal Di-Kbl.co_.id

Kursus Vocal/Kursus Music/Kursus Tari/Kursus Modelling Merupakan Pendidikan Non Formal Anak Usia Dini di Kbl.co.id

0 Shares

Mendidik anak dari usia dini bahkan dari bayi sebetulnya bagian yang sangat penting dilakukan oleh orang tua. Stimulasi anak sejak dini sangat membantu pencapaian prestasi dalam berbagai bidang tahap perkembangan selanjutnya nanti. Untuk terus menstimulasi bakat anak apapun tahap perkembangannya, menumbuhkan berbagai tahap perkembangan dan mengasah rasa seni harus dilakukan anak sejak dini. Orang tua dapat memfasilitasi bakat anak dengan memasukkan kursus Vokal/kursus Musik/kursus Tari/kursus Modelling merupakan pendidikan non formal anak usia dini di Kbl.co.id

Pendidikan merupakan salah satu pembentuk pondasi bagi tumbuh dan berkembangnya seorang anak untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Sebagai “buah hati”, maka dengan penuh rasa kasih sayang para orang tua rela berkorban demi anaknya, karena masa depan anak juga merupakan masa depan orang tua.

Keberhasilan ataupun kegagalan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya akan terlihat dari perasaan hatinya manakala menyaksikan kehidupan anaknya ketika dewasa.  Pada hakikatnya masa depan anak juga merupakan masa depan bangsa dan negara.

Masa depan itu akan terlihat dua puluh atau tiga puluh tahun ke depan, di saat mana jutaan anak yang ada sekarang ini memasuki usia remaja dan dewasa.

Merekalah nantinya yang menjadi pelaku pembangunan di berbagai sektor kehidupan. Kelak diantara mereka ada yang berperan sebagai pemimpin-pemimpin bangsa yang kebijakannya akan turut menentukan arah perjalanan bangsa dan negara ini.

Pendidikan non formal sangat penting selain pendidikan formal dengan menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa, dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Anak dapat bermain dan menyalurkan energi melalui berbagai kegiatan fisik, musik, atau keterampilan tangan. Dapat belajar berinteraksi secara interpersonal dan intrapersonal.

Anak seringkali mengeskpresikan ide dan perasaannya melalui permainan, sehingga ketika merasa menikmati dan senang dengan apa yang diajarkan, maka dengan sendirinya akan bermanfaat bagi perkembangannya.  

Orang tua, guru, dan lingkungan rumah/sekolah dapat terus menstimulasi bakat apapun dengan melihat tahap perkembangan anak, menumbuhkan serta mengasah rasa seni.

Manfaat pendidikan non formal anak usia dini

Mengembangkan bakat anak usia dini melalui pendidikan non formal memiliki beberapa manfaat seperti :

1. Mengembangkan otak kiri

Memiliki bakat baik di bidang Vokal/Musik/Tari/Modelling apabila telah terlihat sejak anak usia dini mempunyai manfaat yang dapat mengembangkan otak kiri. Otak kiri berhubungan dengan bahasa dan penalaran, pada anak usia dini adalah bakat ini merupakan media yang sangat penting untuk pembelajaran.

Jika orangtua ingin mengajari anak usia dini biasanya orang tua akan memberikan contoh nyanyian,gerakan, atau lagu apapun sehingga anak akan lebih mudah mengingat pelajaran yang diberikan, maka otak kiri akan lebih berkembang.

2. Mempertajam ingatan

Dengan bakat nyanyi/musik/tari yang diasah sejak anak usia dini maka anak berusaha selalu mengingat apa yang diajarkan dan itu akan mempertajam ingatannya.

3. Meningkatkan motorik

Bakat musik/nyanyi/tari/modelling jika dilatih sejak usia dini dapat meningkatkan koordinasi anggota tubuh sehingga meningkatkan motorik seperti olahraga dan akan meningkatkan kemampuan, dalam menggunakan anggota tubuh.

4. Dapat meningkatkan konsentrasi

Anak akan lebih fokus di sekolah karena terbiasa belajar di rumah, dalam mengingat not musik lagu, gerakan dan fokus pada satu hal selama berhari-hari atau berminggu .

5. Meningkatkan kecerdasan emosi

Jika bakat anak usia dini sudah diasah melalui pendidikan non formal, akan dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak sejak usia dini, anak akan bisa lebih merasakan empati, simpati, sedih, gembira.

6. Merupakan media yang bagus untuk mengurangi stress atau melawan stress

Bukan berarti anak usia dini belum mengalami stress karena belajar di sekolah setiap hari juga akan mengalami stress. Cara positif untuk menghilangkan stress dengan melakukan apa yang disukai seperti bakat nyanyi/music/tari/modelling, sesuai kondisi emosional saat itu.

7. Dapat menambah percaya diri.

Bernyanyi,bermain musik,menari merupakan hal yang anak sukai, jika orang tua telah memfasilitasi dengan memasukkannya ke pendidikan non formal, jika suatu saat akan tampil di depan umum, ataupun tampil di depan para penguji, anak akan terasah rasa percaya dirinya, dan ini sangat bermanfaat karena akan terbawa sampai anak dewasa kelak, karena itu pentingnya pendidikan non formal anak usia dini.

Apa itu KBL

KBL kepanjangan dari Karunia Bersama Lucky, dimana Lucky sendiri diambil dari nama founder sekaligus instruktur di KBL yaitu Lucky Tampilang. KBL merupakan pendidikan non formal untuk anak usia dini yang memberikan pendidikan seni vocal, music, tari yang berorientasi pada pengembangan teknik seni vocal, music, tari serta kualitas penampilan anak didik dengan terus mengikuti perkembangan musik dan ilmu terbaru.

Lucky Tampilang telah berhasil mengungkap rahasia tentang melebarkan jangkauan nada seorang penyanyi hingga 5 oktaf.

KBL berdiri sejak tahun 2002 sudah 18 tahun, sekarang ini Kbl memiliki 2.000 murid , 130 instruktur/pengajar dan 19 cabang KBL yang ada di Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

Program pendidikan non formal di Kbl.co.id

Untuk sahabat yang ingin bakat anaknya terasah dan dapat meraih impian mempunyai kualitas seni Internasional, dapat memilih program pendidikan non formal dengan kursus yang ada di Kbl.co.id antara lain :

1. Kursus Vocal

Mengajarkan Teknik vocal kepada anak didik dengan Teknik Koordinasi Otot “Muscle Coordination” yang terbagi menjadi 7 (tujuh) jenjang dari yang dasar sekali sampai tingkat mahir.

2. Kursus Music

Belajar musik di KBL tidak hanya memberikan pelajaran musik biasa, namun membantu mengembangkan dunia musik tanah air dengan mengasah bakat para individu masing-masing murid. Bermain alat musik instrumental ternyata dapat memberikan manfaat untuk tubuh dan juga pikiran. Tak peduli dengan usia dan tingkat kemahiran, bermain alat musik merupakan bentuk latihan kognitif.

3. Kursus Stage Act

Seni tari adalah salah satu jenis kesenian yang memiliki jenis yang sangat beragam, yang pada umumnya mewakili budaya dari daerah tertentu di dunia.

4. Kursus Role Model

Serangkaian program yang dirancang untuk mengembangkan potensi dan kepribadian peserta dari mulai cara berdiri, cara jalan, modeling, pose , fashion show, , grooming dan pengembangan karakter, etika dan profesionalisme, prinsip acting, berbicara di publik, sampai dengan table manner sehingga setiap pribadi dapat menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Slogan : ” Be the Best You ( menjadi: Versi terbaik dari Dirimu”

Banyak manfaat yang diperoleh dari kursus vocal/kursus music/kursus tari/kursus modelling di kbl.co.id sehingga selain mengasah bakat atau menjadi seorang pekerja seni professional.

Manfaat lainnya melatih fisik melalui teknik pernapasan yang benar dan membuat hati menjadi lebih senang dengan bernyanyi, bermain alat music atau menari.

Pendidikan-non-formal-di-Kb-co-id

Kenapa harus pendidikan non formal di Kbl.co.id

Kursus Vokal KBL sebagai pelopor metode menyanyi pertama di Asia :“MUSCLE COORDINATION METHOD
Menjadi pusat pedidikan seni vocal, music, tari terbaik yang mandiri, berkualitas internasional serta dapat bersaing di era globalisasi.

Prestasi Internasional KBL tahun 2015 dan 2016 mengikuti ajang kompetisi seni tingkat dunia, salah satunya di bidang vokal bertajuk World Championship of Performing Arts (WCOPA) di Long Beach, California untuk mewakili Indonesia serta berhasil membawa pulang 12 emas, 12 perak dan 20 perunggu.

Prestasi Internasional anak didik Lucky Tampilang ialah Zaneta Naomi, remaja 13 tahun, terpilih tampil bersama David Foster & Friends pada 28 Oktober 2011 di Plenary Hall Jakarta dalam road show yang bertajuk “Born to Sing Asia

Kursus-Vokal-kursus-Music-kursus-Tari-kursus Modelling-Merupakan-Pendidikan-Anak-Usia-Dini-di-KBL-co-id
Zaneta Naomi dan David Foster
( Sumber : Positive plus artis management)

Prestasi gemilang dibuktikan melalui pencapaian nyata serta kualitas anak didik. Di Kursus Vokal KBL menjamin anak didik memiliki teknik vokal yang lengkap seperti The True Belt, Mix Voice, memaksimalkan Head Voice sampai F6, Falsetto dan Head Voice.

Pendidikan non formal diperlukan untuk memaksimalkan potensi anak didik, salah satunya di bidang seni khususnya seni vocal atau tarik suara, seni music, seni tari dan modelling. Untuk itu KBL hadir untuk menjawab kebutuhan akan pendidikan ilmu seni di Indonesia.

KBL memiliki kualitas pengajar yang terampil di bidangnya serta teknik yang telah teruji manfaatnya bagi seluruh anak didik. Guru terbaik, lingkungan kelas yang memberi inspirasi, metodologi tercanggih, dan inovasi tanpa henti.

Pendidikan non formal di Kbl.co.id dapat memberikan kursus secara offline dan online, sehingga sahabat tidak perlu khawatir untuk mendaftarkan anak mengikuti kursus di Kbl. Elisakhagia merupakan salah satu anak didik yang tinggal di Los Angeles melakukan kursus secara online di Kbl dan berhasil memenangkan lomba.

Bersama Kbl, siswa tak hanya akan belajar dunia art, melainkan belajar cara explor individu dengan dunia. Ayo sahabat daftarkan anak kursus vocal/kursus music/kursus tari/kursus modelling merupakan pendidikan non formal anak usia dini di kbl.co.id

Untuk lengkapnya, sahabat dapat cek di www.kbl.co.id atau di media sosial : FB:https://www.facebook.com/karuniabersamalucky/ Instagram:https://www.instagram.com/kbl.official/ Youtube: https://bit.ly/YoutubeKBL

0 Shares

12 komentar untuk “Kursus Vocal/Kursus Music/Kursus Tari/Kursus Modelling Merupakan Pendidikan Non Formal Anak Usia Dini di Kbl.co.id”

  1. Pendidikan non formal buat anak sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan kreatifitas anak tapi juga untuk menyalurkan bakatnya.

    1. Iya Kak Ella, nanti jagoannya jangan lupa didaftarkan kursus di kbl.co.id
      sesuai bakatnya yang terlihat dari usia dini kak.

  2. Dhia Amalina

    Artikel yg menarik mba lina. Tidak hanya kreatifitas yg akan berkembang tetapi juga rasa percaya diri pada anak akan timbul.

  3. Aduh jadi pengen …. ajaakkk keponakan ahhh…menarik buat kembangin bakat mereka..

    1. Nahh ajak kak bisa juga kok dengan via online belajarnya kan mempergunakan
      pembelajaran offline dan online , biar bakat keponakan kak desi terarah.

  4. dina widya

    Bener banget ini.
    pendidikan non formal perlu dirasakan anak untuk membantu bersosialisasi dan mengembangkan minat dan bakat anak. Karena terkadang minat dan bakat anak berlainan dengan pendidikan formal.
    semoga kelak kalau saya diberi rejeki anak, bisa memberikan yang terbaik untuk anak termasuk pendidikan non formal nya.
    nice article dear writer 🙂

    1. Aamiin semoga segera diberikan amanah anak ya kak Dina, memang dengan melihat
      perkembangan anak serta bakatnya, orang tua dapat memfasilitasinya dengan pendidikan
      non formal seperti kursus yang ada di Kbl.co.id sesuai bakat yang ada pada anak.

  5. Artikelnya bagus mba lina. nyatanya memang pendidikan non formal diperlukan untuk anak mengenal lebih banyak hal diluar sana. karena sejatinya anak akan menemukan banyak hal menarik yang ada disekitarnya .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap