Apa Benar MLM Jual Produk Gaib ?

0 Shares

Saat mendengar kata MLM ( Multi Level Marketing) pasti sudah banyak orang yang mengerti , tapi kalau ada yang bilang bahwa MLM jual produk gaib, aku sendiri masih bingung nih. Alhamdulillah pada saat hari ini Selasa, 26 Juli 2022, aku menghadiri event talkshow yang diadakan oleh APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dalam rangka memperingati hari ulang tahun APLI yang ke 38, kali ini event exhibition diadakan di Pasaraya Blok M dengan tema mengenai MLM jual produk gaib. cocok banget dengan ketidaktahuanku tentang produk gaib itu seperti apa ya. Talkshow hari ke 3 ini  diberikan oleh 3 nara sumber yaitu dari Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM Bpk Dendy Apriandi, ST , Kepala Biro Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Bpk Aldison, SH, Kepala Subdirektorat Distribusi Langsung & Waralaba Bpk. Ronny Salomo Maresa, serta moderator seorang paraktisi hukum Bpk. Dr. U Mulyoharja, SH.,SE.,MH.,MKn.,CLA . 

mlm-jual-produk-gaib
Para nara sumber hari ke 3 MLM Jual Produk Gaib ,APLI Exhibition I Doc.pribadi

Apa itu produk Gaib ?

Produk gaib itu bisa merupakan barang tidak berwujud, dimana produk ini dapat diperdagangkan di industri penjualan langsung tetapi memiliki resiko tinggi menurut regulasi di Indonesia.

Barang-barang yang tak berwujud adalah softwear dimana merupakan kumpulan algoritma, softwear jika dijual di Glodok memiliki resiko rendah karena izinnya sebagai pengecer, tapi jika sudah masuk MLM (Multi Level Marketing) maka resikonya berubah menjadi tinggi, dikarenakan sistemnya yang dapat menyebabkan skema piramida.

Karena softwear yang sudah masuk MLM  ini memiliki keuntungan bukan dari hasil penjualan barang tapi memanfaatkan perekrutan, itu sebabnya jangan jadikan MLM sebagai engine of recruting tapi jadikan engine of selling, boleh merekrut untuk membangun jaringan bukan untuk memanfaatkan keikutsertaan itu bedanya MLM yang benar dan MLM yang main-main.

Karena terdapat beberapa perusahaan yang memiliki izin softwear kasir tetapi yang dijual adalah softwear robot trading, memang ini merupakan koreksi besar untuk Pemerintah sisi pengawasan, tapi sekarang Pemerintah sudah lebih fokus dalam pengawasan karena banyaknya izin terbit dalam satu hari ada ribuan.

“Jadilah bangsa yang dewasa dengan budaya malu untuk melanggar aturan, bukan bangga melanggar aturan ” ungkap Kepala Subdirektorat Distribusi Langsung & Waralaba Bpk. Ronny Salomo Maresa

APLI merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Berdirinya Asosiasi di Indonesia ini dicetuskan pertama kali oleh Bapak Eddy Budhiman dengan nama IDSA (Indonesian Direct Selling Association), dan disyahkan pendiriannya di kantor Notaris pada tanggal 24 Juli 1984, APLI sendiri kepanjangan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia.

APLI telah menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA), dengan nomor anggota 20203.18688-6/04-09-1995 dan diakui oleh Pemerintah/Departemen Perdagangan. APLI, dan satu-satunya yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA). Di setiap Negara WFDSA hanya menerima satu asosiasi DS/MLM sebagai anggota yaitu Asosiasi yang mendaftar pertama dan anggota-anggotanya memenuhi persyaratan kode etik yang ditentukan, merupakan organisasi independent, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, selain kegiatan professional dalam bidang mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan system berjenjang (MLM) yang murni dan benar.

Tahun 1992  anggota APLI  terdiri dari 12 perusahaan, saat ini APLI mengupayakan perkembangan usaha anggotanya untuk mempersiapkan menghadapi persaingan yang ketat dengan akan banyaknya perusahaan baru bermunculan, dan diringi upaya APLI terus mengangkat citra dan nama baik industri DS/MLM yang benar dimana sekarang ini Ketua umum APLI adalah Bpk. Kany V Soemantoro dengan Sekjen APLI adalah Ibu Ina Rachman 

Perizinan berbasis resiko untuk seluruh bidang usaha

Saat ini sebagai implementasi Peraturan Pemerintah No. 5  tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berbasis resiko seluruh bidang usaha yang ada yang saat ini diatur oleh peraturan BPS  2020 itu sebanyak  1790 KBLI,  termasuk KBLI APLI  47999. Pada PP No.5 ini bidang usaha yang sudah dikelompokkan berdasarkan resiko baru 1349 KBLI dari 18 KR 16 sektor antara lain adalah sektor perdagangan. Dari 1349 tersebut sudah dikelompokkan berdasarkan resiko yaitu :

1. Resiko tinggi

Usaha dengan resiko tinggi  harus memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha ), sertifikat dan proses verifikasi atas usaha yang dilakukan sebagai pemenuhan persyaratan standart  sebagai bentuk momentaturnya. sebelumnya harus dipenuhi persyaratan dasar perizinan berusaha setelah perizinan berusaha untuk menunjang perizinan berusaha,dan perizinan untuk menunjang kegiatan berusaha.

2. Resiko menengah tinggi

Usaha dengan resiko menengah tinggi  harus memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha ), sertifikat dan proses verifikasi atas usaha yang dilakukan sebagai pemenuhan persyaratan standart 

3. Resiko menengah rendah 

Usaha dengan resiko menengah rendah harus memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha ) dan sertifikat standar

4. Resiko rendah 

Usaha dengan resiko rendah cukup dengan memiliki NIB ( Nomor Induk Berusaha )

Dahulu namanya izin operasional komersial, tapi untuk pemenuhan izin tersebut dapat dilakukan melalui sistem Online Single Submission ( OSS ) , untuk memberikan kemudahan-kemudahan di depan,  di cek pada saat implementasinya.

Ketentuan umum penjualan langsung  

Pada prinsipya yang namanya penjualan langsung menurut UU PP No. 29 menyebutkanhubungan antara perusahaan penjual langsung dengan penjual langsung terikat dengan perjanjian atau kontrak dengan merk dagang atau perjanjian merk dagang, jika terjadi penyimpangan maka berikan surat teguran oleh dewan pembina usaha lalu tembuskan ke Subdirektorat Distribusi Langsung & Waralaba

Saat ini, banyak sekali melihat tentang penawaran investasi yang menawarkan return atau pengembalian serta bunga yang tinggi. Siapa sih yang tidak ingin assetnya bekerja dengan hasil yang tinggi , sahabat hanya tinggal simpan uang dan biarkan uang itu bekerja, tinggal menunggu hasilnya, tetapi tahukah sahabat investasi seperti itu memiliki risiko yang sangat tinggi, memang sih awal pendapatan yang diterima dari investasi tersebut benar, tetapi ternyata hal itu dilakukan dengan cara skema ponzi. Agar sahabat tidak tertipu dan lebih berhati-hati dalam investasi.

Untuk produk gaib berupa softwear itu biasa disebut dengan robot trading, terdapat 2    kegiatan pendistribusian barangnya baik langsung maupun tidak langsung. Verifikasi yang dilakukan adalah bagaimana pemanfaatan barang tersebut dalam sistem komoditi berjangka dan kewenangan direktorat bina usaha, pengaturan barangnya,  cara pendistribusian barangnya semua itu dilakukan verifikasi. 

Tetapi saat ini yang menjadi masalah adalah rata-rata berkedok investasi/trading  di bidang perdagangan berjangka, maksud berkedok misalnya masyarakat  melakukan install suatu aplikasi dari perusahaan MLM ( Multi Level Marketing), dan sebagai konsumen hanya dapat melihat aplikasi yang hanya bisa read only, dimana kelihatan  seolah-olah grafik naik atau turun, apakah grafik itu mencerminkan kebenarannya bisa saja malah dibuat-buat. 

Pihak pengawasan koreksi besar dalam pengawasan membangun jaringan Memang banyak sekali penawaran investasi sekarang ini, dengan berbagai macam iming-iming mendapatkan hasil pendapatan bunga besar. Nah, sebelum sahabat ingin melakukan investasi wajib mengetahui ciri dan penyebab investasi ilegal. 

Ciri investasi ilegal

  1. Menjanjikan keuntungan yang tidak wajar dalam waktu cepat
  2. Menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru “member get member
  3. Memanfaatkan tokoh masyarakat/tokoh agama/public figure untuk menarik minat berinvestasi
  4. Klaim tanpa risiko ( free risk)
  5. Legalitas tidak jelas dimana tidak memiliki izin usaha
  6. Melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin usahanya

Penyebab utama investasi ilegal 

  1. Pelaku, banyaknya penawaran melalui media sosial dan membuat aplikasi melalui web serta banyaknya server di luar negeri
  2. Masyarakat, belum paham investasi dan mudah tergiur imbal hasil tinggi

Cara kerja investasi ilegal  yang perlu diwaspadai

Untuk mengumpulkan orang untuk melakukan investasi,maka banyak cara dilakukan oleh oknum atau pihak tertentu seperti :

  1. Memberikan bonus secara berjenjang
  2. Sistem penjualan langsung dengan memberikan kode Referral dan paket member
  3. Kegiatan periklanan (ads) dengan sistem jaringan
  4. Skema piramida dengan cara penjualan ebook
  5. Trading online dengan berbasis robot trading

Kenali Investasi yang benar dan legal (resmi)

  1. Memberikan imbal hasil yang wajar
  2. Memiliki izin usaha yang baik dengan tata kelola kegiatan usaha yang benar dan sesuai
  3. JIka melakukan investasi melalui web, maka developer menyediakan manual book atau layanan support
  4. Pengguna dapat melakukan instalasi , setup, backtesting serta running robot trading secara mandiri.

Itulah yang dinamakan produk gaib,  sehingga sebelum melakukan investasi sahabat harus melakukan cek dan ricek dahulu, jangan terbujuk dengan imbal hasil yang tinggi. Di sini sahabat harus 2L yaitu Legal dan logis. Bagaimana sahabat ? mudah-mudahan talkshow yang diberikan oleh APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dapat membuka wawasan pikiran sahabat, zaman yang serba canggih ini memang harus waspada, tidak ada jalan instan dan cepat kecuali Indomie hahaha.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu,

Marlinajourney.com

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap