konvermex obat cacing yang tepat untuk melindungi nutrisi dalam tubuh

Konvermex Obat Cacing Yang Tepat Untuk Melindungi Nutrisi Dalam Tubuh.

0 Shares

Assalamualaikum sahabat, gimana kabarnya hari ini di masa New Normal? masih di rumah saja dan tetap melakukan apa yang disosialisasikan, mengenai protokol kesehatan tetap patuh dong ya sahabat.

Oh iya pernah tidak sahabat beli makanan atau camilan di jalan? kemarin aku dan keponakanku sempat kelaparan di jalan, karena sudah tidak ada camilan, akhirnya aku beli makanan di jalan, apalagi menggunakan kendaraan umum untuk berkeliling Jakarta, ditambah lagi aku lagi senangnya bercocok tanam di rumah.

Entah kenapa? setelah beli makanan di jalan itu, malam harinya perut aku sakit, padahal aku tuh tidak makan yang aneh-aneh, ternyata terjadi juga sama keponakanku. Setelah ditelusuri ternyata penyebabnya karena aku beli makanan di jalan itu, dan ternyata ada makanan yang kubeli kurang matang cara mengolahnya dan kurang bersih. Akhirnya aku diberi saran untuk minum konvermex obat cacing yang tepat untuk melindungi nutrisi dalam tubuh. Lah kok bisa begitu sih, untuk lebih jelasnya yuk disimak ulasanku.

Ternyata sakit perut itu dapat disebabkan karena cacing, mendengar kata cacingan sepertinya itu dapat terjadi saat aku masih anak-anak tidak juga, karena cacingan juga dapat terjadi oleh orang dewasa, karena disebabkan makanan yang tidak bersih dalam cara pengolahannya, kendaraan umum yang digunakan ataupun hal lainnya yang tidak bersih.

Apa itu Cacingan

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau infestasi cacing yang bersifat parasitik.cacingan dapat terjadi pada manusia dan hewan karena mereka berperan sebagai inang bagi cacing parasit.

Pada saat pandemi kemarin aku melakukan WFH dan banyak melakukan hal-hal yang tidak biasa aku lakukan salah satunya adalah menanam, dan saat liburan ada keponakan yang berusia 5 tahun ikut-ikutan bertanam, karena saking asyiknya menanam ada kemungkinan tangan keponakanku kurang bersih,atau karena seringnya menggunakan kendaraam umum.

Dan juga dalam membersihkan diri termasuk kukunya yang belum digunting, sehingga dia yang biasa ceria, tertawa, bawaannya mengantuk terus, akhirnya sama ayahnya dibawa ke dokter, untuk konsultasi kenapa anak ini tidak ceria, ternyata dia terkena cacingan.

Dianjurkan untuk meminum obat cacing dan direferensikan untuk membeli konvermex obat cacing anak yang berbentuk sirup dengan rasa jeruk karena anak tidak akan mengetahui kalau itu adalah obat cacing.

Akhirnya kamipun waspada untuk selalu membersihkan tempat tidurnya, dan mencuci sprei dan pakaian dengan menggunakan air panas agar terhindar dari telur-telur cacing yang kemungkinan telah dibawa oleh keponakanku untuk mencegah seluruh keluarga tertular, sebab telur cacing merupakan parasit yang bisa berkembang biak.

Apabila di tempat umum atau kendaraan umum selalu menggunakan tisu untuk memegang pegangan pintu atau pegangan yang ada di bus.

Memang cacingan identik dengan image anak-anak, sehingga orang dewasa suka lalai dalam hal ini, sebab cacingan juga dapat tertular dari anak yang memang sedang sakit cacingan atau karena sering makan lalapan yang nikmat dengan sambel, padahal beli sembarangan, sahabat tidak mengetahui apakah sudah dicuci bersih atau belum.

Disamping itu ternyata mengkonsumsi makanan, minuman dan sayuran yang belum matang itu akan lebih banyak risiko terkena cacingan. Untuk itu kamipun sekeluarga menyediakan konvermex obat cacing dewasa, sekalian sebagai konvermex obat cacing keluarga.

Penyebab Cacingan

  1. Makanan yang terkontaminasi, tidak bersih dalam pengolahan dan pencuciannya.
  2. Proses masak yang kurang baik, misalnya apabila memasak kurang matang atau setengah matang, makan lalapan atau sayuran yang tidak bersih, tidak dicuci dahulu.
  3. Kurang menjaga kebersihan dari daerah anusnya
  4. Kurang memperhatikan kebersihan, apabila menggunakan fasilitas umum.
  5. Tidak mencuci tangan sebelum makan, seperti kejadian aku dan keponakanku kemarin yang makan tetapi lupa mencuci tangan terlebih dahulu.

Gejala Orang Cacingan

Telur cacing masuk ke saluran pencernaan, kemudian di saluran pencernaan dia akan tumbuh kembang, dan akan menetas di saluran pencernaan, cacing itu perlu makan di dalam tubuh karena sifatnya parasite maka cacing akan menempel di usus, akan menghisap makanan yang ada dalam tubuh sehingga gejalanya:

  • Anak akan cepat mengantuk
  • Akan kelihatan letih, lesu, lemah
  • Cepat capek
  • Gangguan konsentrasi
  • Kecerdasannya menjadi menurun
  • Kalau belajar jadi lemot
  • Karena ada gejala anemi kurang darah dalam tubuh
  • Pertumbuhan kurang dengan berat badan yang tidak naik-naik
  • Perutnya lebih buncit, bukan karena lemak tetapi karena cacingnya sudah berkembang biak dalam tubuh gejalanya tidak langsung saat itu juga tetapi berjalan dengan waktu .

Oh iya dengan adanya telur cacing dan banyaknya nutrisi yang diambil dalam tubuh anak, dapat membuat anak mempunyai masalah stunting, yaitu masalah gizi kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak seusianya dan lebih rentan terhadap penyakit.

Jenis cacing

Ada 4 jenis cacing yang paling sering ditemukan seperti :

  1. Cacing kremi ( enterobius vermicularis ) masuknya melalui makanan yang tidak bersih, terkontaminasi, hidupnya di saluran pencernaan usus.
  2. Cacing gelang ( ascariasis lumbricoides), cacing gelang ini dapat bertumbuh sampai 50 cm di dalam usus, dengan jumlah yang banyak dapat menyumbat usus, sampai ususnya tidak bisa bergerak lagi (sehingga dapat menyebabkan penyumbatan  pada usus).
  3. Cacing tambang ( necator americanus dan acylostoma duodenale), yang ditakutkan adalah cacing itu akan melekat di dinding usus,kemudian akan bertambah panjang, dan menyerap sel darah merah jadi darahnya dimakan.
  4. Cacing pita (taenia sp) hidupnya di daerah usus besar, bisa ke usus besar dan halus dan bisa menginfeksi kesemuanya, tetapi ada yang khas, cacing ini bisa masuk pada makanan dan kulit kaki manusia yang tidak pakai sandal.

Cara Mencegah dan Mengobatinya

Indonesia sebagai negara tropis memang memiliki angka penyakit cacingan yang cukup tinggi, untuk melindungi anak-anak Indonesia dari penyakit cacingan dan aku bebas dari cacing. Maka pencegahan dan pengobatan yang tepat terhadap penyakit cacingan adalah :

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktifitas.
  • Harus rajin gunting kuku seminggu sekali.
  • Membersihkan kamar mandi
  • Memperbanyak konsumsi serat
  • Masak makanan serta minuman dalam keadaan matang
  • Mencuci makanan, daging, buah dan sayuran dengan bersih
  • Menggunakan alas kaki ( sepatu/sandal ) saat keluar rumah
  • Konsumsi rutin minum konvermex secara teratur setiap 6 bulan sekali.

Konvermex obat cacing yang tepat

Konvermex obat cacing yang tepat untuk melindungi nutrisi dalam tubuh, dapat dikonsumsi sebagai obat cacing anak dan obat cacing orang dewasa bahkan obat cacing keluarga, merupakan obat yang di produksi oleh Konimex dan mengandung pirantel pamoat.

Pirantel pamoat digunakan untuk membasmi penyakit cacing dan menghancurkan cacing secara menyeluruh yang berada didalam tubuh, sehingga konvermex menghancurkan cacing di tubuh.

Jenis Konvermex Obat Cacing Yang Tepat

  1. Konvermex Tablet
    • Golongan : Obat bebas terbatas
    • Kelas terapi: Anthemitik
    • Kandungan: Pirantel Pamoat 250 mg; Pirantel Pamoat 125 mg
    • Bentuk: Kaplet
    • Satuan penjualan: Strip
    • Kemasan: Strip @ 2 Kaplet
    • Farmasi: Konimex
  2. Konvermex Sirup
    • Golongan: Obat bebas terbatas
    • Harga : Rp. 17.250,-
    • Kelas terapi: Anthemitik
    • Kandungan: Pirantel Pamoat 125 mg / 5 mL; Pirantel Pamoat 250 mg / 10 mL
    • Bentuk: Sirup
    • Rasa : Jeruk (anak) dan Vanilla Latte (Dewasa)
    • Satuan penjualan: Botol
    • Kemasan: Botol @ 10 mL
    • Farmasi: Konimex

Aturan Pakai  dan Takaran Dosis Konvermex obat cacing yang tepat

Konvermex 125- suspensi

Umur Jumlah tablet sekali minum
2 – 6 tahun ½ – 1 takaran (5 – 10 ml)
6 – 12 tahun 1 – 1½ takaran (10 – 15 ml)
Lebih dari 12 tahun 1½ – 2 takaran (15 – 20 ml)

Konvermex 250 – suspensi

Umur Jumlah tablet sekali minum
2 – 6 tahun ¼ – ½ takaran (2.5 – 5 ml)
6 – 12 tahun ½ – ¾ takaran (5 – 7.5 ml)
Lebih dari 12 tahun ¾ – 1 takaran (7.5 – 10 ml)
1 takaran = 10 ml
Konvermex Obat Cacing Yang Tepat Untuk Melindungi Nutrisi Dalam Tubuh.
Konvermex Sirup ( Doc. Pribadi )

Efek Samping

Anoreksia (nafsu makan hilang), mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, rasa mengantuk, rash.

Kegunaan Konvermex Obat cacing yang tepat

Konvermex digunakan untuk membasmi penyakit cacing yang berada di dalam tubuh baik anak-anak maupun orang dewasa, infeksi cacing tentu saja bisa dialami oleh semua orang, bukan hanya anak tak terkecuali orang dewasa.

Oleh karena itu para orang tua harus mengetahui jenis obat cacing baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Infeksi cacing atau penyakit cacingan ini sendiri dianggap sebagai faktor yang terkait dengan gizi buruk, gangguan pertumbuhan dan kemampuan kognitif anak-anak. Konvermex dengan kekuatan zat aktif pyrantel pamoate mampu menghancurkan beberapa jenis cacing sekaligus.

Ayo saling jaga untuk mencegah penularan infeksi di dalam keluarga, dengan melihat kebersihan fasilitas umum yang akan sahabat dan keluarga  gunakan baik itu pegangan pintu, pegangan kursi dll, apabila memang harus menggunakan fasilitas umum.

Untuk itu sebaiknya seluruh keluarga rutin minum konvermex setiap 6 bulan sekali. Pyrantel tidak diajurkan untuk ibu hamil dan menyusui serta anak dibawah usia 2  tahun karena keamanan penggunaannya belum banyak diketahui.

Konvermex membasmi cacing yang mencuri nutrisi, konvermex obat cacing yang tepat untuk melindungi nutrisi dalam tubuh. Sudahkah sahabat memeriksa secara rutin dan memastikan si kecil dan seluruh keluarga sahabat bebas cacingan? Jika belum, mulailah dari sekarang jangan biarkan cacing masuk ke dalam tubuh dan mencuri nutrisi dari makanan yang sahabat makan

Marilah lindungi nutrisi dalam tubuh seluruh keluarga dengan konvermex,  “Konvermex,  obat cacing keluarga”

0 Shares

6 komentar untuk “Konvermex Obat Cacing Yang Tepat Untuk Melindungi Nutrisi Dalam Tubuh.”

  1. Kunci supaya terhindar dari cacingan tuh jaga kebersihan ya Mbak. Tapi dibantu juga sih pakai Konvermex, karena kita engga tahu juga lingkungan yang memang engga bersih.

  2. Cacing di dalam tubuh kita banyak sekali…dan memang ada yg sifatnya parasit dan merugikan.

    Dan anak2 memang kalo makan sering sembarangan gak cuci tangan. Jadi mengingatkan anak2 untuk makan secara layak dan cuci tangan sangat penting agar makanan yg masuk ke tubuh juga higienis. Thanks mbak infonya.

    Thanks ya mbak marlina sudah memperkenalkan dengan konvermex untuk anak2..

  3. Anak-anak cukup rentan dengan risiko terkena cacingan. Anak saya termasuk, nih, karena selalu ke kebun.
    Melihat BB-nya tidak naik, saya beri obat cacing juga, akhirnya. Ikhtiar dulu.

  4. Dari dulu, cacingan atau nggak, anakku rutin kuberi obat cacing 6 bulan sekali
    Buat pecegahan sekaligus pengobatan kalau memang ada cacingnya
    Selain itu ya menjaga kebersihan dalam pola hidup sehari-hari

  5. Aku agak serem nih bahas cacing. Dulu masi kecil aku pernah cacingan. Seremmmm.
    Harusnya tiap 6 bulan minum obat cacing ya. Tp sering lupa karena ga merasa cacingan 😀
    Tq remindernya hehe

  6. Ini obat cacing yang sudah legenda mbak. Waktu anak-anakku masih kecil sering banget memberi mereka konvermex untuk menghindari cacingan. Kalau sekarang sih, masing-masing saja minumnya, soalnya sudah besar-besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap