SehatQ Memberikan Keamanan Transaksi Produk Dan Layanan Kesehatan

0 Shares

Dampak dari adanya pandemi yang terjadi, secara sosial masyarakatpun mulai beradaptasi dengan protokol tetap pemerintah seperti 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak atau menjauhi kerumunan. Sekarang ini banyak terjadi perubahan pelayanan yang dilakukan melalui digital secara online, sehingga sahabat tidak perlu datang untuk antri dan dengan mudah melakukan segala kegiatan tanpa ke luar rumah. Perubahan tersebut juga berdampak pada layanan kesehatan. Bila biasanya masyarakat melakukan kunjungan langsung, kini demi menghindari keramaian akhirnya dokter onlinepun menjadi solusi. Aplikasi dokter online ini sendiri sudah ada beberapa saat sebelum pandemi terjadi, tapi menjadi makin relevan untuk saat ini. Kalau sebelumnya bisa dianggap sebagai sebuah tahapan sebelum berkonsultasi tatap muka dengan dokter, maka di masa pandemi, layanan dokter online dalam bentuk aplikasi kesehatan bisa sekaligus dilakukan untuk konsultasi online. Salah satu adalah sehatq memberikan keamanan transaksi produk dan layanan kesehatan.

Apa itu Sehatq 

Sehatq merupakan aplikasi penyedia kesehatan digital yang berdiri pada november 2018 di sehatq sahabat dapat mengakses berbagai layanan kesehatan. Untuk keamanan sahabat tidak perlu khawatir karena sehatq  telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan. Sertifikasi ini merupakan tanda bahwa sehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Selain itu sehatq menyediakan layanan kesehatan yang menyajikan beragam informasi seputar tentang kesehatan.

Sehatq hadir untuk membantu mengelola kesehatan sahabat dan keluarga. Perjalanan kesehatan itu dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Pelayanan yang diberikan oleh Sehatq

1. Konsultasi dokter secara online 

Sebagai teknologi digital untuk kesehatan dan praktik dokter penggunaan ini untuk memenuhi kebutuhan kesehatan secara rutin dan inovatif , melalui chat dokter,  booking dokter dan layanan kesehatan,maka untuk menjaga dan melindungi data, perlu adanya keamanan data dengan cara memverifikasi identitas menjadi standar dalam memastikan individu yang tepat mendapat layanan dan perawatan yang akurat berdasar data medis yang kerahasiaannya dan keamanannya terjamin.

2. Pembelian obat dan vitamin

Penebusan atau pembelian obatpun sudah bisa dilakukan cukup dari rumah. Sebagian besar kegiatan ini berjalan dengan asumsi bahwa semua yang terlibat kegiatan online ini memang benar-benar pasien, dokter, dan rumah sakit yang berkepentingan. Dengan menggunakan pelayanan apotek online, pemeriksaan lab, perawatan di rumah, pembuatan janji bertemu, hingga pemesanan ambulans online.

Keamanan Transaksi Produk Dan Layanan Kesehatan

Informasi yang diberikan mengenai kesehatan, institusi pendidikan kesehatan dan medis, serta para praktisi kesehatan. Di fasilitas kesehatan, diterapkan dalam dan sistem resep elektronik dan rekam medis. Lebih jauh lagi soal rekam medis yang wajib secara hukum dilindungi kerahasiaannya, tentulah pertanyaan soal perlindungan keamanan data menjadi penting. Berikut yang harus diterapkan seperti :

1. Pembatasan akses data

Untuk menerapkan perlindungan data dan keamanan data pribadi, maka Institusi kesehatan harus menerapkan standar keamanan dengan meniadakan akses tidak sah, institusi kesehatan harus memastikan pihak-pihak yang mengakses adalah sah melalui validasi oleh otoritas sertifikasi terpercaya atau trusted certificate authority seperti VIDA. Akurasi verifikasi identitas juga perlu ditingkatkan dengan menerapkan verifikasi biometrik seperti proses otorisasi, untuk klaim asuransi hingga permintaan resep, bisa ditingkatkan keamanannya dengan menerapkan penandatanganan digital dalam tahapan otorisasinya.
Memastikan kerahasiaan data, pembatasan akses sesuai peranan dalam organisasi, pencatatan akses (logging) untuk memenuhi prinsip non-repudiasi (tanpa perselisihan karena keabsahan data bisa dijamin), serta autentikasi demi privasi pengguna.

Seiring kemajuan teknologi dalam genggaman tangan. Di masa sekarang, proses autentikasi dan verifikasi identitas sudah bisa dilakukan melalui verifikasi biometrik hanya melalui ponsel, sehingga verifikasi konsumen kesehatan atau pasien bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Konsep pembatasan akses juga bisa diterapkan di lingkup fisik sebuah institusi kesehatan. Menggunakan teknologi yang dipakai layanan manajemen pengunjung dan kontrol akses, rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya bisa memisahkan area publik dengan area yang perlu pembatasan akses agar tidak sembarang orang bisa masuk.

Pergerakan pengunjung dan pekerja di fasilitas bisa dipantau dan dicatat melalui sistem check-in dan check-out di pintu-pintu tertentu. sehingga kapasitas orang di sebuah fasilitas bisa selalu dipantau, pelacakan pengunjung bisa diterapkan, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

2. Mempunyai Sertifikasi yang dapat memberikan keamanan 

Sertifikasi ini merupakan regulasi untuk penjualan obat secara online yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sampai dengan 15 Desember 2021 terdapat lima penyelenggara PSEF yang telah mendapatkan sertifikasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, termasuk SehatQ. SehatQ berhasil mendapatkan sertifikasi tanda daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan.  PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara PSEF ini, antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan pemerintah, dan izin dari Kementerian Kesehatan.

1. Mengetahui keadaan pasien

Saat teknologi canggih mempermudah dunia kesehatan, muncul juga tantangan seputar perlindungan data medis. Data medis salah satunya adalah rekam medis yang bersifat rahasia dan dilindungi undang-undang di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Digitalisasi data rumah sakit dan institusi pelayanan kesehatan lainnya membuat data-data kesehatan yang dulunya disimpan di map-map di lemari besi, kini menjadi data digital yang disimpan di server yang tak harus berlokasi di fasilitas kesehatan terkait.

Rekam medis adalah dokumen yang merinci sejarah seorang pasien, temuan-temuan klinis, hasil tes dan diagnosis dokter, perawatan sebelum maupun sesudah operasi, kemajuan pasien dan pengobatan yang diberikan. Catatan ini sangat membantu dokter dalam menentukan tindakan yang tepat. Bentuk lain data kesehatan adalah informasi terkait asuransi hingga kredensial dokter.

Rumah sakit kini memasang sistem yang memungkinkan dokter melihat dan memutakhirkan rekam medis pasien melalui komputer di ruang praktik. Karena berupa data pribadi yang sensitif, isinya bisa disalahgunakan berbagai pihak. Itulah kenapa hukum mengatur rekam medis adalah rahasia. Meski dokumennya dimiliki dokter, dokter gigi, atau sarana pelayanan kesehatan, isi rekam medis adalah milik pasien.

2. Pencurian data kesehatan

Semakin canggih sistem, maka makin canggih juga pencurian , walaupun sudah dilakukan secara digital tidak akan mungkin dicuri, ternyata pencuri itu lebih pandai daripada orang pandai dan berilmu. Berikut bentuk pencurian data kesehatan seperti :

  1. Pencurian data administratif untuk pemalsuan identitas dokter
  2. Peretasan info login perusahaan asuransi untuk fraud klaim asuransi
  3. Penggunaan informasi kesehatan untuk pemerasan.
  4. Pemalsuan kartu asuransi, resep obat hingga label obat untuk keperluan penyelundupan obat-obatan melalui bandara

Hal ini membuktikan layanan SehatQ lebih tepercaya dan kami berharap menjadi pilihan utama masyarakat dalam menggunakan layanan telefarmasi,” kata Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya.

Hadirnya PSEF ini diharapkan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kefarmasian yang bermutu melalui pemanfaatan teknologi, khususnya di masa pandemi di mana masyarakat membutuhkan akses yang lebih mudah terhadap obat-obat yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kemudahan masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan menjadi perhatian utama Kementerian Kesehatan. Begitu juga akses ketersediaan obat di apotek, terutama di masa pandemi Covid-19.

“Layanan telefarmasi memberi kebebasan pasien untuk memilih klinik yang akan memberikan layanan kefarmasian di berbagai daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Andrew menambahkan, dengan sertifikasi ini SehatQ akan terus meningkatkan pelayanan telefarmasi. Dengan begitu, SehatQ bisa melayani kebutuhan masyarakat luas untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara online dengan maksimal.

“Tanggung jawab SehatQ akan semakin besar dengan sertifikasi PSEF ini. Kami terus berkomitmen untuk menyediakan layanan online kefarmasian yang berkualitas dan terpercaya, sehingga membantu pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan layanan telefarmasi tanpa ragu,” ungkapnya.

Sehatq dapat diakses melalui www.sehatq.com atau dengan mengunduh aplikasi melalui google playstore dan appstore. Gunakan SehatQ untuk membantu sahabat pada setiap tahap pelayanan kesehatan, dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan individu.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu 

Marlinajourney.com
0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap