SDM unggul merupakan Asset

0 Shares

SDM unggul merupakan Asset, bukanlah human resources tetapi human capital bukan sekedar aset utama tetapi aset yang bernilai, dapat dilipatgandakan dan dikembangkan. Perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai Sumber Daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau asset bagi institusi atau organisasi.

SDM merupakan individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi baik instritusi maupun perusahaaan dan berfungsi sebagai asset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannnya

Sejauh ini mindset tentang SDM selalu tertuju dalam hal kebutuhan industri pekerjaaan dan bawahan apakah sesempit itu ? Di era industrialisasi sudahkah siap SDM Indonesia menghadapinya?

Dalam pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 RI, presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia tidak gentar menghadapi persaingan global. Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul memiliki kreatifitas, inovasi dan kecepatan untuk bersaing secara global sehingga mampu melompati bangsa-bangsa lain di dunia.

Ketrampilan SDM Indonesia menempati peringkat ke 4 diantara sejumlah negara di Asia Tenggara, peringkat ini direlease oleh world economic forum pada tahun 2018 Singapura, malaysia, berunai darussalam, secara global Indonesia terpaut jauh dengan negeri jiran.

Memasuki Era Globalisasi pendidikan di Indonesia tidak berubah secara signifikan, pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia belum berhasil.

Selain fisik tubuh yang sehat dan kuat, kualitas pendidikan Indonesia harus responsive terhadap berbagai perubahan agar SDM Indonesia, memiliki daya saing, proses belajar mengajar harus menggunakan alat teknologi digital dan menerapkan metode student centre, dimana bukan lagi guru sebagai pusat pembelajaran.

Di pemerintahan jokowi mendatang berbagai program seperti pelatihan dan sekolah vokasi akan digiatkan, presiden ingin membangun manusia Indonesia yang berkelas di tingkat peeguruan tinggi, agar SDM Indonesia siap berkompetisi di regional maupun global.Untuk meningkatkan daya saing Indonesia ke depan pak presiden akan focus kepada investasi pembangunan SDM secara besar-besaran.

SDM unggul merupakan Asset. Untuk itu kualitas sistem pendidikan dan pelatihan harus benar-benar dirancang dengan cara yang baru. Pembangunan SDM yang unggul menjadi motor penggerak kemajuan bangsa lewat pendidikan yang berkualitas bangsa Indonesia diharap bisa bebas dari kemiskinan dan pengangguran.

SDM yang unggul harus memiliki karakter :

  1. Daya saing
  2. Cinta negeri
  3. Berbudi Pekerti
  4. Beretika
  5. Disiplin
  6. Bertanggung jawab
  7. Memiliki Skill masa kini dan masa depan

Langkah pemerintah Indonesia untuk menghasilkan SDM yang unggul dengan memberikan antara lain :

  1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah
  2. Kartu Pra Kerja
  3. Kartu Sembako

Sumber Daya Manusia dimulai sejak dalam kandungan, sekolah dasar belajar pembangunan karakter,nilai-nilai budi pekerti,etika membangun kerjasama/teamwork, poitive thinking, optimis, berdaya juang, kerja keras.

pendidikan menengah dengan daya kritis argumentasi, kemampuan inovasi jangan dihalangi, mempunyai Emerging skill job ketrampilan yang dibutuhkan sekarang

Paradigma pendidikan sistem zonasi sangat diperlukan sehingga bisa memeratakan kualitas SDM tidak hanya di kota besar bahkan di daerah bahkan diwilayah terdepan, terluar, tertinggal.

Perkembangan SDM yang unggul diperlukan agar masyarakat dapat menerima perkembangan teknologi tanpa mengabaikan kearifan budaya nasional sehingga Indonesia makin kuat dan berdaulat.

SDM Unggul merupakan Asset
Sumber foto :pixebay

Perkembangan Ekonomi Digital 4.0

Memasuki era digital , sekarang dituntut SDM untuk dapat menyesuaikan kemampuannya dengan kebutuhan industri 4.0. Dimana segala sesuatu serba teknologi di segala bidang yang tidak dapat dihindari dan dibendung .

Maka pemerintah dan dunia usaha harus menyiapkan diri salah satunya dengan melakukan upaya percepatan baik dalam insfrastruktur, regulasi , insentif bagi perusahaan digital yang melaksanakan pendidikan dan pelatihan, perusahaan tradisional harus berproses ke digital, seperti yang dilakukan oleh kamar dagang industri pada rapimnas 2019 di Bali.

Pemerintah juga harus melihat efek dari yang serba digital ini justru akan berpengaruh kepada banyaknya jumlah pengangguran walaupun SDM nya telah unggul tetap harus dibuatkan wadah yang bisa menuangkan produktifitas dan kreatifitas.

Perkembangan Ketrampilan tenaga kerja

Sumber Daya Manusia didominasi oleh usia produktif dan usia tidak produktif. Keduanya tetap harus dikelola secara baik, untuk menjadi SDM yang profesional produktif ,terampil dengan cara terus menambah ilmu dengan melalui seminar dan sertifikasi, pelatihan guna meningkatkan kemampuan mengikuti era digital. Lebih produktif dalam menghasilkan profit industri yang menaunginya dan mempunyai daya saing. Perusahaan tidak boleh pelit dalam mengeluarkan biaya untuk Sumber Daya Manusia karena hasil yang diterima akan berdampak kepada industri itu juga.

Lapangan Kerja

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2019 sebesar 5,01% dari tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia. Untuk menurunkan tingkat penggangguran di Indonesia pemerintah menerbitkan UU cipta lapangan kerja dan mengamandemen UU ketenagakakerjaan agar lebih menguntungkan pekerja dan pemberi kerja. Kartu Pra kerja dengan anggaran 10,3 trilyun. Sumber Daya Manusia tetap dilakukan pelatihan baik untuk yang sudah bekerja, baru lulus sekolah hingga korban PHK bisa mendapatkan pelatihan. Pemberi pelatihan atau tenaga pengajarnya harus mempunyai kemampuan yang berkualitas karena ini tidak kalah pentingnya untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul. Secara berkesinambungan SDM yang berkualitas akan meningkatkan indeks pembangunan manusia serta mengurangi pengangguran, kemiskinan dan yang paling penting mengurangi kesenjangan.

Penutup

Semoga Sumber Daya Manusia yang diunggulkan benar-benar dapat membawa perubahan dan perbaikan untuk menyongsong Indonesia yang cinta negeri dan berideologi Pancasila.

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

49 thoughts on “SDM unggul merupakan Asset

  1. Sdm yang unggul harus memiliki..daya saing, cinta negeri, berbudi pekerti, beretika, berdisiplin, bertanggungn jawab dan ditutup dengan memiliki skil masa kini dan masa depan … mari kita menjadi pribadi2 unggul

    1. Yes bener banget kak, semoga menjadi SDM yang unggul dan beretika serta berideologi pancasila kak.

  2. menurut saya, masyarakat juga harus terlibat dalam mencetak SDM unggul. karena pemerintah banyak keterbatasan. Misal, melalui program indonesia mengajar dan sejenisnya, sudah marak dilakukan. Intinya lakukan sekecil apapun yg kita bisa

  3. Sdm unggul dan berkualitas di mulai dari pendidikan keluarga. Dengan pemberian stimulasi, gizi dan pendidikan.
    Mempunyai sdm unggul daya saing tenaga kerja di mata internasional berkualitas tidak hanya jadi pekerja kasar

    1. Bener kak, kita sebagai SDM harus mampu bersaing secara regional dan global dimulai dari asupan gizi yang bener dan pendidikan yang sesuai.

  4. satu keharusan ya kak SDM unggul saat ini harus dimiliki perusahaan…apalagi memasuki 4.0 jadi makin banyak saja pesaing di dunia kerja..

    1. Harus dong, SDM yang dapat bersaing secara regional dan global dengan berideologi pancasila.

  5. Kartu Indonesia Pintar udah terbukti telah membantu masyarakat kurang mampu mewujudkan mimpinya untuk kuliah tanpa biaya, ini bisa jadi cara mencetak generasi unggul

    1. Bener kak, kartu Indonesia pintarnya sampai jenjang kuliah, semoga dapat terwujud untuk menciptakan SDM yang unggul.

  6. Setuju banget dengan pendapat mbak, Menciptakan SDM unggul sangat penting apalagi untuk berkompetisi dalam dunia global

  7. SDM yang benar benar memiliki skill yang ahli dibidangnya memang sangat dibutuhkan terutama di suatu perusahaan.
    Karena dapat mengembangkan usaha dan memajukan perusahaan dengan ide atau gagasan yang dibuat.
    Selain mengurangi pengangguran, siapa tau 5 tahun kedepan bisa membuka lapangan pekerjaan juga dengan pengalaman yang didapat di perusahaan atau usaha yang lama.

  8. Setuju mba penting banget loh untuk menciptakan sdm unggul, seperti programnya pak Jokowi yang fokus membangun sdm Indonesia biar siap menghadapi persaingan global. Semoga kelak generasi penerus kita jadi SDM unggul yang berakhlak dan cinta NKRI ya.

  9. Mempunyai SDM yang siap terjun didunia kerja tentu memiliki nilai plus , apalagi bidang yang ia kuasai sesuai dengan penenpatan kerjanya.
    Karena di era sekarang kebanyakan tidak sesuai dengan ilmu yang dikuasai.
    Hal ini lah terkadang menjadi kendala

    1. Bener banget kak, makanya selain di ruang belajar atau pendidikan, ada juga pembelajaran di luar pendidikan kak.

  10. SDM unggul itu wajib banget untuk Indonesia maju. Dan itu harus mulai dibentuk dari pendidikan dasar, semua lini semua level harus berkontribusi positif untuk mewujudkan ini

    Semoga semangat Indonesia maju benar-benar terwujud ya

  11. SDM itu gak hanya aset penting, tapi juga kunci perkembangan suatu negara. Soalnya, walaupun SDA unggul tapi gak didukung SDM unggul, siapa yg mau ngelola SDA-nya, kan? Semoga SDM unggul bener2 membawa perubahan yg lebih baik.

    1. benar sekali kak, semoga Indonesia mampu menciptakan SDM Unggul yang dapat membawa
      perubahan baik secara regional maupun global.

  12. Sebagai emak beranak tiga, untuk menghasilkan SDM unggul itu juga perlu emak yg unggul. Hehehe. Jadinya emaknya juga tidak boleh malas mengupgrade diri. Bukan cuma pinter dandan doang, tapi lebih kepada pintar otaknya, stabil EQ-nya, dll. Pemberian gizi dan nutrisi cukup untuk anak-anak Indonesia sejak dari dalam kandungan menurut saya juga patut menjadi perhatian. Kita melihat sampai saat ini masih banyak ditemukan kasus gizi buruk dan stunting bukan? Terima kasih ulasannya Mba Inna.

    1. Benar sekali kak, SDM Unggul itu bermula dari Orangtua yang Unggul, khususnya
      para Ibu yang melahirkan dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang baik.

  13. Yups bener banget Mbak Inna.. dengan SDM unggul insyaallah saat bonus demografi, Indonesia tinggal panen kemajuan dan keunggulan aja di tengah2 percaturan negara2 di dunia

  14. Betul, paradigma pendidikan mesti mengikuti perkembangan zaman. Saat ini era teknologi 4.0 dimana apa yang dipelajari lewat kurikulum persekolahan cukup tertinggal kalau peserta didik tidak di-upgrade dari pengetahuan luar sekolah.

    1. Pendidikan bukan hanya dari guru di sekolah, tapi bisa didapat dari luar sekolah
      dengan mengikuti kursus atau ilmu lain di luar sekolah, sehingga mampu bersaing di
      era teknoligi 4.0

  15. Beberapa program pemerintah mengatasi pengangguran harus diawasi dan dikawal agar tepat sasaran dan terjadi pengurangan pengangguran yang signifikan. ini wajib.
    Perkara SDM Unggul ini merupakan PR bersama, tak hanya pemerintah dan kadin tapi juga kita semua

    1. Untuk mencapai SDm Unggul mencakup berbagai pihak termasuk orang tua darti asupan gizi,
      pendidikan dan kesehatannya.

  16. Bener banget, kalo SDM nya udah bagus pasti bisa bersaing negara lain. Apalagi indonesia bakal memasuki era bonus demografis.

  17. Mencetak SDM unggul tidak hanya berhenti di sektor formal. Pengayaan softskill sangat penting untuk meningkatkan daya saing SDM.

    1. Bener sekali kak, selain sektor formal harus pengayaan softskil, agar dapt bersaing secara global dan regional ya.

  18. Untuk menciptakan SDM unggul bukan hanya tugas pemerintah, tapi rakyat juga harus paham akan pentingnya SDM unggul untuk negara. Jadi paling tidak kita sebagai rakyat harus berusaha agar menjadi SDM yang unggul.

  19. SDM Unggul untuk Indonesia maju. Eh btw yang kartu Indonesia pintar kuliah itu kuliah gratis kah? Pernah denger dulu kalau di Indonesia bakal ada kuliah gratis

    1. Iya kak untuk kuliah gratis, apabila ada anak yang kurang mampu,tapi berprestasi bisa melalui kartu Indonesia pintar.

  20. Untung kita punya bonus demografi yaa, semoga bisa makin maju SDM Indonesia dengan ini

  21. Sebuah bangsa tidak akan maju kalau SDM nya tidak unggul. Benar banget Mbak, SDM itu memang aset yang sangat penting

  22. Jika saja tujuan SDM unggul ini terealisasi, insya Allaj Indonesia bakal maju ya, karena dipegang oleh manusia manusia cerdas di seluruh negeri. Aamiin.

    1. Insya Allah Indonesia maju kak, dan saling bersinergi ya kak SDM dengan para pendidik atau guru
      dimana mereka diberikan ilmu pertama kali.

  23. SDM unggul ada pada pemuda. Pemuda yg hebat akan menjadikan negara hebat. Pemuda hebat lahir dari ibu2 yg hebat.

  24. SDM unggul ini merupakan aset bangsa yang sangat penting ya kak apalagi di masa sekarang ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap