Lagu-Anak-Indonesia-Balita

Lagu Anak Indonesia Balita Hoala Koala Yang Dapat Didengarkan

0 Shares

Inget tidak sahabat , waktu kecil sering kali didengarkan musik dan lagu atau dinyanyikan  oleh orang tua sahabat terutama Ibu. Ternyata musik dan lagu itu dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara anak dan orang tua loh. Kedekatan hubungan tercipta ketika anak dan orang tua tengah menikmati musik bersama melalui media musik dan lagu, dapat terbangun pola komunikasi yang sehat antara anak dan orang tua karena dari lirik lagu, anak bisa belajar dalam masa tumbuh kembangnya. Bila dalam liriknya terselip pesan yang baik, lagu tersebut bisa menjadi lebih dari sekadar hiburan. Sayangnya sedikit sekali lagu anak Indonesia balita Hoala & Koala yang dapat didengarkan.  Peranan lagu anak penting untuk anak-anak tidak menjadi dewasa sebelum waktunya, akan menjadi baik apabila mereka mendengarkan lagu yang sesuai dengan usianya.

Ada banyak macam lagu anak-anak yang biasa dinyanyikan. Mulai dari lagu anak tempo dulu hingga lagu yang kekinian. Beberapa lagu daerah juga ada yang termasuk ke dalam lagu untuk anak. Biasanya, lagu yang bernada ceria dan lucu dipilih oleh anak untuk dinyanyikan. Nah, untungnya sekarang sudah ada Hoala &  Koala yang dapat anak-anak dan orang tua nyanyikan bersama. 

Hoala & Koala itu apa sih ?

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, karakter musikal yang divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

Banyak musisi Internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Lagu-Anak-Indonesia-Balita-Hoala-Koala-Yang-Dapat-Didengarkan

Karakter yang terdapat di musik Hoala & Koala 

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi.  Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala, karakter tersebut seperti :

Karakter Ayah

Memperankan sebagai Amar Awandi merupakan ayah dari Hoala yang sangat menyayanginya. Amar adalah seorang pengusaha dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital.

Karakter Ibu

Memperankan sebagai Nara Awandi merupakan Ibu dari Hoala yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Ibu selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam mendidik Hoala dengan banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

Karakter Anak

Memperankan sebagai Hoala Awandi  merupakan anak perempuan dari keluarga Awandi yang berusia 3 tahun. Hoala sangat gemar bernyanyi dan minum susu rasa cokelat dan stroberi. Meskipun masih kecil, Hoala tergolong anak yang sangat cerdas karena sudah mampu berbicara dengan lancar dan bernyanyi dengan merdu.

Karakter Sahabat Hoala

Memperankan sebagai sahabat dari Hoala yang bernama Koala,  merupakan hewan yang dapat berbicara dan berasal dari negeri Mykonos, dunia yang berada dalam buku cerita favorit Hoala. 

Karakter Peri baik hati 

Memperankan sebagai  seorang peri baik hati dengan panggilan Miss Jeruk, karena berbentuk jeruk yang berasal dari negeri di atas awan. Miss Jeruk selalu setia mendampingi Hoala dan mewujudkan banyak keinginan Hoala serta senantiasa mendidiknya untuk tumbuh menjadi anak yang baik, Miss Jeruk mewujudkan keinginan Hoala untuk memiliki teman baik di rumah di saat pandemi.

Karakter guru Taman Kanak-kanak (TK)

Memperankan sebagai Bu Aya, sosok yang bijaksana namun sering teledor, merupakan guru taman kanak-kanak yang mengajar Hoala dan teman-temannya. Di balik kekurangannya, Bu Aya merupakan sosok guru yang sangat sabar dan disayangi oleh murid-muridnya. 

Karakter Rubah pemalu

Memperankan sebagai  Rubin, merupakan seekor rubah pemalu yang lebih sering mengintip dari kejauhan dan berbicara tanpa menatap lawan bicaranya. Rubin pertama kali diperkenalkan dalam lagu “Rubah Ngintip”.

Karakter Ular Periang 

Memperankan sebagai Lincul,  merupakan seekor ular yang dibesarkan oleh keluarga kelinci. Karena selalu merasa berbeda dari kelinci, Lincul memutuskan untuk selalu memakai bando kelinci di kepalanya agar dapat berbaur dengan keluarga kelinci. Lincul merupakan seekor ular betina yang sangat periang.

Karakter pesulap burung hantu 

Memperankan sebagai Burhan, merupakan seekor burung hantu yang memiliki mata rabun di siang hari. Meskipun begitu, Burhan sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan sulap. Namun karena padangannya sering terganggu di siang hari, trik sulap dari Burhan sering mengalami kegagalan.

Karakter serigala yang sedih

Memperankan sebagai Serigili, merupakan seekor serigala jantan yang baik hati namun sering ditakuti oleh orang lain karena perawakannya yang menyeramkan. Serigili sering merasa sedih akan hal ini, oleh karenanya ia memutuskan untuk memakai bulu domba berwarna merah muda agar terlihat tidak menyeramkan.

Karakter macan pemalu

Memperankan sebagai Om Pong, merupakan seekor macan jantan yang sangat pemalu karena ia memiliki gigi yang berbeda dari macan pada umumnya. Karena tak memiliki taring, Om Pong tak pernah percaya diri dan selalu ditertawakan oleh kawanan macan. Hal inilah yang membuatnya menjadi macan yang pemalu.

Karakter Singa K-Pop

Memperankan sebagai Om Bre,  merupakan sosok singa jantan modern yang mewarnai rambutnya seperti layaknya orang Korea. Sebagai penggemar K-Pop, Om Bre sangat lihai dalam menari dan disenangi oleh orang lain karena sosoknya yang ramah dan mudah berteman.
Lagu-Anak-Indonesia-Balita-Hoala-Koala-Yang-Dapat-Didengarkan

Lagu anak kata Ibu Hoala Koala

Musik dan lagu yang terselip pesan dapat selalu diingat oleh anak, jika selalu dinyanyikan seperti lagu anak kata Ibu Hoala Koala. Dimana lagu ini seperti aku dan Ibuku, yang selalu memberitahu tapi aku selalu lupa untuk mengingatnya, ini jangan dicontoh ya sahabat karena ini akan membuat Ibu pusing  dengan kelakuanku, tetapi tetap sabar dengan selalu memberikan contoh dan sampai sekarang aku selalu ingat kata Ibu, dengan cara bernyanyi dapat menjadi salah satu cara untuk mengedukasi secara efektif dan menyenangkan, walaupun harus diulang-ulang.  Lirik lagu anak kata Ibu seperti ini :

Mengapa ini berantakan ?
Setelah main dibereskan
Inget apa yang Ibu ajarkan
Habis main dibereskan

Maaf Ibu, aku lupa
Ketika main, aku ingin gambar
Langsung kuambil krayonku, corat-coret
Asyik menggambar

Mengapa temboknya digambar ?
Tembok tidak untuk dicorat-coret
Inget apa yang Ibu ajarkan
Menggambar di kertas saja

Maaf Ibu, Aku lupa
Aku lapar, jadi tidak ingat
Langsung kuambil biskuitku
kriuk,kriuk makan biskuit

Mengapa biskuitnya tidak habis?
Kalau makan, jangan disisakan
Ingat apa yang Ibu ajarkan
Kalau makan, dihabiskan

Maaf Ibu, aku lupa
ketika makan, aku ingin main
Langsung kuambil mainanku
Obrak-abrik, main semuanya

Mengapa semuanya diulang?
Peraturan tidak dilanggar
Ingat apa yang Ibu ajarkan
Omongan Ibu, didengarkan

Maaf Ibu, aku janji
Omongan Ibu, kudengarkan
Sekarang aku, mau main lagi
Aku main dulu ya Ibu

Semoga dengan kehadiran Hoala & Koala dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak, memiliki keunikan dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Nah, saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes, jangan lupa untuk dilihat ya, karena banyak terselip pesan yang baik untuk anak-anak dan juga orang tua. 

Salam sehat dan bahagia selalu

Marlinajourney

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap