Kuliner Betawi Yang Lebaran Yang Tak Populer Bersama Aksara Pangan

Kuliner Betawi Yang Lebaran Yang Tak Populer Bersama Aksara Pangan

0 Shares

Terasa seperti orang asing mendengar penjelasan dari Praktisi kuliner wanita Betawi, aku yang berasal dari Betawi tidak mengetahui , malah baru mendengar kuliner tersebut. Kuliner Betawi yang lebaran yang tak populer bersama Aksara Pangan. Jadi tahu makanan lebaran dari Betawi karena mengikuti webinar yang diadakan secara virtual melalui zoom bersama nara sumber praktisi kuliner dewan pakar persatuan wanita Betawi Ibu Cucu Sulaicha dan Ibu Maharani serta Budayawan Betawi Lembaga kebudayaan Betawi Bpk Yahya Andi Saputra, yang diadakan oleh Aksara Pangan bersama Universitas Gajah Mada Fakultas Teknologi Pertanian dan Lembaga Kebudayaan Betawi  pada tanggal 28 April 2021 seri gastronomi Indonesia  dengan tema Kelir Betawi yang lebaran yang tak populer.

Acara yang dipandu oleh Pepy Nasution sebagai tuan rumah aksara pangan, begitu seru dan menambah wawasan kuliner Betawi , aku yang tadinya hanya tau makanan khas Betawi itu dodol dan geplak serta uli, tapi ini ada ciri khas lain dari kuliner Betawi untuk menyambut hari kemenangan lebaran, tenyata semur daging dan sayur godog itu dari Betawi. Memang semua orang akan memasak sayur godog dan semur daging tetapi berbeda dengan daerah lain. Walaupun sayur godog itu bentuknya sama dengan sayur yang biasa dijual tukang ketupat sayur yang biasa ada di jalan-jalan, tetapi rasanya sungguhlah berbeda,

Untuk lebih mengetahui tentang makanan yang disuguhkan orang Betawi, Bpk Yahya Andi Saputra menjelaskan bahwa terdapat tradisi Betawi pinggir, tengah dan pesisir. Makanan yang disuuguhkan jika terdapat hari spesial seperti undangan, walimah,aqiqah, sunat, lahiran, bangun rumah, pulang mukim dan kematian.

Pada masyarakat Betawi terdapat tradisi andilan dimana tradisi patungan membeli kerbau untuk dimasak saat menjelang Lebaran, ini merupakan bukti bahwa terdapat semangat gotong royong . Satu kerbau patungan bisa sampai 20 orang dan hasilnya dibagi rata. Sistem pembayaran dilakukan dengan cara mencicil sesuai dengan kemampuan masing-masing sesuai aturan yang terlibat dalam tradisi andilan. Tidak semua ikut tradisi andilan seperti Betawi tengah nggak pernah ikutan tradisi andilan.  Biasanya daging kerbau dapat diolah menjadi Dendeng yang dipadukan dengan sayur asem disajikan saat Lebaran, ujar Bpk. Yahya

Berikutnya, nara sumber kedua dari Ibu Maharani yang menjabarkan kuliner berbuka puasa yaitu stup tape Betawi,  dimana asal dan arti kata stup (setup). Stoof(belanda) stew ( inggris) memasak dengan menggunakan cairandimana  bahan-bahannya adalah tape,kelapa santan,daun pandan,daun jeruk, kayu manis, jahe, cengkeh, gula pasir, garam.

Selain itu ada juga bubur jali Betawi, dimana arti dari jali,hanjeli,enjelai/jelai dengan nama latin Coix lacryma-jobi sejenis tumbuhan biji-bijian tropika dari suku padi-padian (cereal) tanaman asli asia tenggara yang kemudian menyebar dan dikembangkan di daratan cina utara dan india . Ada 2 varietas yang ditanam orang :

  1. lacryma-jobi memiliki cangkang ( pseudokarpium) keras berwarna putih , bentuk oval dan dipakai sebagai manik-manik.
  2. ma-yuen dimakan orang dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan tiongkok campuran teh di Korea, bahan makanan keras di Cina Korea India Timur Laut dan negara Asia Tenggara lainnya

Untuk pengolahan bubur jali ini dimasak seperti memasak bubur kacang hijau , selain itu Ibu Maharani juga menyebutkan kuliner yang tak populer yaitu bubur ASE ( ASinan SEmur ) yang menggunakan kuah semur dan asinan. Sungguh penjelasan ini membuat aku penasaran untuk segera mencicipi rasa dari kuliner Betawi yang lebaran yang tak populer ini.

Kuliner Betawi Yang Lebaran Yang Tak Populer Bersama Aksara Pangan

Selanjutnya nara sumber yang terakhir yaitu Ibu Cucu Sulaicha menjelaskan tentang kuliner Betawi yang lebaran baik Idul Fitri maupun Idul Adha selalu tersedia yaitu sayur sambel godog. Perbedaan sayur ketupat dengan sayur godog,  dimana ciri khasnya adalah ketupat,kacang panjang, pete, daging tetelan,ebi,terasi,irisan tempe, pepaya peret. Untuk menu pendamping wajib dari sayur godog adalah : semur betawi. ayam goreng sambal goreng ati kentang dan bubuk kelapa gonseng (pakai udang kering).

Ada juga namanya sayur besan yang berkembang di pinggiran Jakarta  dengan bahan : terubuk/tebu telur/bunga tebu (saccharum edule hasskarl) , jagung muda, soun/bihun jagung, labu siam, wortel, kembang kol, kentang, kelapa santan,  daun salam, pepaya peret, dan daun bawang dan bumbunya yaitu bawang merah dan putih, tomat , cabai merah . serai , terasi , ebi, jahe, lengkuas, gula aren, dan garam disajikan dengan : ikan mujaer goreng, sambal lalap, terubuk telur, sambal goreng udang, telur dadar gulung / oseng daun pepaya campur ikan teri.

Itulah kuliner Betawi yang lebaran yang tak populer bersama Aksara Pangan, yang membuat penasaran dan ingin segera mencicipinya terutama bubur ASE , aku beneran penasaran. Gimana sahabat penasaran juga kan? atau sudah pernah mencobanya.

Semoga bermanfaat , salam sehat dan bahagia selalu

Marlinajourney.com

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap