Sadar akan kebersihan KBA Rawajati menjadi Kampung Percontohan

0 Shares

Sadar akan kebersihan KBA Rawajati menjadi Kampung Percontohan merupakan tempat menabung sampah sebagai Bank Sampah. Pagi hari ini, saya dan para blogger berkumpul di gedung Zest Astra Sudirman Jakarta, tepatnya Sabtu (7/12/19) pukul 08.00, untuk menuju kawasan selatan Jakarta daerah KBA Rawajati.

Saya dan teman-teman blogger berkesempatan melihat langsung daerah ini, disambut dengan tabuhan rebana, tarian anak PAUD dan sambutan kata dari Bpk. Kus selaku pak lurah. Terletak tepatnya Jl. Komplek Zeni AD RT. 005 RW. 03 kelurahan Rawajati kec. Pancoran terdapat satu perkampungan yang ditetapkan Kampung Berseri Astra Rawajati dan kampung percontohan.

Ternyata Daerah Rawajati sejak dahulu memang telah dirintis oleh Alm. Bpk.Sam (lurah), merupakan orang pertama yang peduli lingkungan, lalu digantikan dengan Bpk. Anis (lurah) dengan ketua PKK ibu Niniek yang mendapatkan Kalpataru sebagai penggiat lingkungan. Saat ini Bpk Kus (lurah) sedangkan posisi ibu Niniek sebagai ketua PKK sudah habis masa jabatannya. Akhirnya ditunjuklah Ibu Sylvia Ermita untuk menjadi ketua PKK Rawajati, ini merupakan kali ketiga beliau menjabat ketua PKK Rawajati ujar Ibu Sylvia.

Ibu Sylvia Ermita (47 tahun) wanita yang murah senyum dan ramah ini merupakan lulusan D3 ABA, pernah bekerja di salah satu perusahaan kontraktor ini bercerita , bahwa beliau dan para pengurus tiada henti memberikan sosialisasi kepada warga agar mempunyai kepedulian dan kesadaran terhadap persoalan sampah, melalui program Bank Sampah di kampung Rawajati.

Ketua PKK Kebersihan KBA Rawajati Kampung Percontohan
Bersama Ibu Sylvia Ermita,
ketua PKK KBA Rawajati

Pengolahan sampah KBA Rawajati

Dahulu paradigma yang disebut sampah pasti dikumpulkan, diangkut dibuang, jadilah menumpuk di tempat pembuangan sampah, tetapi dengan adanya sadar kebersihan KBA Rawajati menjadi kampung percontohan. Sampah diolah dengan 3 R Reduce, Rause, Recyle, lalu Residu baru diangkut , diolah yang dapat dijadikan sebagai pemanfaatan Gas Methan dan sanitary/landfill teknologi tinggi. Sosialisasi dilakukan dari RT, RW, arisan dilakukan secara face to face (tatap muka langsung), agar menjadi nasabah Bank Sampah Rawajati. Diadakan pelatihan,pembinaan sebagai bentuk dukungan kepada warga Rawajati sehingga banyak sekali prestasi yang didapat ujar ibu Sylvia Ermita.

Dalam bank sampah mempunyai mekanisme dari penimbangan, penyetoran, pencatatan, yang bisa dibeli didaur ulang. Warga harus menabung dan uangnya tidak boleh langsung diambil tunai. Pengurus KBA tetap menerima sampah walaupun hanya aqua gelas 2 buah, guna memberikan pelajaran agar warga ikut berpartisipasi, walau hanya 0,1 kg sampah untuk ditabung, tidak masalah yang penting mereka mau datang menabung di bank sampah, tidak menabung juga tidak apa.

Biasanya warga menanyakan yang dapat dijual apa, lalu diberikan slip setoran, punya sampah daun dapat disetorkan ke Bank Sampah, tetapi harus dipilah dahulu dari rantingnya, sehingga tidak merepotkan karena diterima hanya daun saja. Untuk menyemangati warga diberikan reward bulanan, KBA rawajati memberikan setiap puasa dapat sembako dari astra Rp. 50.000,-

Sampah anorganik seperti kardus, botol plastic, gelas plastic dijual ke pengepul besar. Bungkus kopi diubah menjadi anyaman tikar nan cantik, detergen dikreasikan menjadi tas, dompet, koran diubah menjadi vas bunga atau kotak tisu . Produk kerajinan tangan nan cantik ini siap untuk dipasarkan atau dipamerkan dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah atau Astra.

KBA Rawajati Kampung percontohan
Aneka kreasi Produk KBA Rawajati

Prestasi KBA Rawajati

🏆KBA Rawajati Tahun 2004

Rawajati dinobatkan menjadi kampung agrowisata DKI Jakarta untuk percontohan, disebabkan mempunyai taman di tengah kampung, sebelah PAUD. Pohon langka menjadi maskot yaitu pohon jati, sehingga diberi nama Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati. Taman ini merupakan tanah kosong, daripada menjadi tempat pembuangan sampah lebih baik dijadikan taman.

Dengan mempunyai taman dimulailah pengolahan sampah organik, dinas pertanian membantu dengan adanya green house. Diatasnya adalah Penampungan Air Hujan yang diberikan oleh Astra. Dinas lingkungan hidup membantu dalam hal pembinaan. Karena semangat warga, pengurus untuk terus maju dan menghijaukan kampung. CSR Astra serta suku dinas menawarkan untuk menjadi pembina, melihat semangat warga dan pengurus tanpa kenal lelah, dengan jiwa sosial mempunyai misi agar KBA Rawajati tetap hijau sampai kapanpun tidak akan punah.

PAUD dan Ruang hijau KBA Rawajati
PAUD dan Ruang Hijau KBA Rawajati

🏆 KBA Rawajati Tahun 2007

KBA Rawajati mulai memilah sampah anorganik (sampah yang bisa didaur ulang khususnya sampah Rumah Tangga) . Sampah organik dapat diurai yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.

pengelolaan kompos KBA Rawajati
kampung percontohan
Daun sampah organik diolah menjadi kompos
KBA Rawajati

🏆KBA Rawajati Tahun 2013

Daerah Rawajati dicanangkan sebagai kampung percontohan Bank Sampah oleh Dinas lingkungan hidup. Sampah yang masuk ke KBA Rawajati harus sudah dipilah tetapi masih belum 100% warga melaksanakan pemilahan, baru sekitar 26-30% yang melakukannya, Alhamdulillah setiap minggu ada nasabah baru bukan hanya dari kalangan Rawajati tetapi dari Condet,Kalibata city, YAI, UHAMKA.

Sadar kebersihan pemilahan sampah kBA rawajati
Pemilahan sampah KBA Rawajati

🏆KBA Rawajati Tahun 2017

Penerima Proklim kampung iklim Nasional dari Ibu menteri juara 1 seIndonesia binaan Astra. Proklim merupakan penampungan air hujan apabila hujan turun tidak dibiarkan tergenang tetapi ditampung oleh PAH, biasa digunakan untuk menyiram pohon atau tanaman. Diberikan bintang 4 sebagai KBA kampung percontohan, yang akan membina sekitar 10 KBA seluruh DKI Jakarta.

KBA Rawajati Peran Astra

PT Astra sangat membantu sekali di bidang lingkungan diberikan PAH penampungan air hujan, mesin pembuatan kompos yang berkualitas, memberikan pelatihan bagaimana membuat kerajinan tangan dari bahan baku sampah. Dinas  lingkungan hidup memberikan mesin pencacah daun-daun. Pengolahan sampah Rawajati berkontribusi terhadap pengurangan volume sampah Residu sampah 75 kg hanya 0,001% dari total produksi sampah DKI Jakarta setiap harinya.

Gedung PAUD tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk belajar bagi usia dini, tetapi gedung yang didirikan PT Astra melalui program KBA ini menjadi laboratorium sosial. Setiap hari ada saja tamu berkunjung ke KBA rawajati sejak diresmikan sebagai kampung percontohan dari total 81 KBA di Indonesia. Kunjungan baik dari daerah  Jakarta sendiri maupun daerah lain seperti Sulawesi Berau, Negara Jepang untuk melakukan studi banding, Ukraina.

Peran swasta tak bisa dilupakan, KBA merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan astra , diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan, mengintegrasikan 4 pilar program kesehatan, pendididikan, lingkungan, kewirausahaan.

Kendala Bank Sampah terdapat di operasional, kalau bank sampah penyakitnya setelah launching pasti mati suri, KBA Rawajati tidak . Pengurus berharap bagaimana Bank Sampah KBA Rawajati tetap berjalan. Dari dinas lingkungan hidup diberikan tenaga pemilah, sehingga KBA Rawajati tidak memberikan gaji lagi.

Harapan KBA Rawajati

Semangat sadar kebersihan KBA Rawajati menjadi kampung percontohan dalam mengelola sampah patut diapresiasi, langkah tersebut lebih bermanfaat bagi lingkungan, jika kemudian timbul kesadaran dan kepedulian dari setiap individu atau kelompok untuk mengelola sampah sejak dari sumbernya yaitu sampah Rumah Tangga. Semoga semangat KBA Rawajati sebagai kampung percontohan tidak pernah padam dan punah.

Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi mewujudkan wilayah yang bersih, sehat cerdas, produktif, dapat meningkatkan kualitas hidup. Nah mulai saat ini harus dapat memilah sampah sendiri yang ada di rumah ya nanti bisa dikirim ke KBA Rawajati. KBA Rajawati memberikan penjemputan atau transportasi atas pengambilan sampah.

Residu yang dibuang ke tempat sampah artinya pengurangan (Reduce) pemanfaatan kembali (reuse) dan daur ulang sampah (recycle) melalui bank sampah  KBA Rawajati , turut membantu pemerintah dalam upaya mengurangi sampah , yang dimulai dari sampah rumah tangga (sumbernya), upaya tersebut tertuang dalam UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah.

Pengelolaan sampah yang kurang baik, membentuk lingkungan kurang menyenangkan masyarakat, dampak negative terhadap pariwisata, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, mudah terjadi banjir. Dengan bersih maka hidup kita menjadi indah bukan? Mulailah kurangi sampah ya sahabat.

Semoga bemanfaat.

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

34 thoughts on “Sadar akan kebersihan KBA Rawajati menjadi Kampung Percontohan

  1. Kampung ini bisa jadi contoh kampung lain di jakarta, kalau kita bersama dan kreasi bersama sama maka kampung jadi lebih bersih, sehat dan mendapatkan aspresiasi dari astra, KBA

  2. Jadi penasaran untuk bisa datang langsung kesana. Kayanya seru ya kalau ajak keluarga. Smg kampung lain bisa mencontoh kebersihan kampung ini

  3. Masyaa Allah, jadi pengen main ke kampung disana mbak. Adem banget nih pastinya. Kampung2 lain mesti mencontoh nih

  4. keren nih asli keren.

    di tempat ku juga ada kegiatan seperti ini mengolah sampah, namanya KUBE (Kelompok Usaha Bersama). dan sayangnya kegiatannya tidak berjalan.

    usia kube hanya berlangsung 2 tahun, dan produk yang dihasilkan baru sebatas pupuk kompos.

    ingin rasanya mengajak rekan rekan di kube ku berkunjung ke KBA Rawajati untuk melakukan studi banding, sekaligus belajar memanajemennya.

    1. Memang kak sebenarnya kalau mau terus berjalan harus ada sifat sabar dalam melakukan
      sosialisasi serta pelatihan dan pembinaan kak.

  5. Di lingkungan tempat tinggal saya juga sudah memberdayakan bank sampah sejak 2017 kak, Alhamdulillah warga lebih sadar akan kebersihan juga lingkungan jadi lebih hijau

  6. Harus jadi contoh banyak orang, ini, agar semangat menjadi pahlawan lingkungan. Banyak desa sekarang yang mencanangkan sebagai desa agrowisata, namun masih setengah ilmu. Makanya harus ke sini untuk menimba ilmu dan pengalaman. SYukur alhamdulillah jika dipilih juga oleh Astra, ya.

    1. iya memang patut dicontoh oleh yang lain, terutama pengurus KBA Rawajati
      yang tidak ada hentinya melakukan sosialisasi.

  7. Semoga semangat ini tertular ke daerah lainnya… tadi juga sempat nonton di tv … rupanya sudah beberapa daerah melakukan hal ini..sehingga polemik sampah tertangani

    1. Bisa teratasi sedikit kak, selalu semangat,sabar dan ikhlas untuk terjun mengelola sampah seluruh warga sehingga menjadi hal yang baik

  8. Patut dicontoh banget nih, smoga daerah saya juga bisa mengikuti kesuksesan KBA Rawajati. Jadinya saya buang sampah lebih tenang.

    1. Aamiin kak,ayo kak buat penggiat lingkungan terjun bersama warga dan pengurus dari RT,RW turut serta.

  9. Pasti tempatnya asri banget ya kak. Pingin bikin ginian di rumah kebetulan ada tanah kosong dikit tapi aku geli sama ulet huhu

  10. Sampah itu sebenarnya bisa diolah dengan baik dan benar, tidak semuanya merugikan. Buktinya KBA Rawajati yang bisa jadi inspirasi untuk wilayah yang lain.

  11. Semoga makin banyak Kampung lain yang mengikuti jejaknya ya, nggak cuma di Jakarta, tapi juga di luar Jakarta.
    Semoga makin banyak juga perusahaan yang mau peduli, mengikuti langkah ASTRA ini untuk melakukan pembinaan di berbagai daerah

    1. iya kak semoga ditiru di seluruh wilayah Indonesia dan juga menjadi inspirasi oleh
      perusahaan lain untuk melakukan langkah seperti Astra.

  12. Salut nih buat Astra, semoga menginspirasi perusahaan-perusahaan yang lian untuk berbuat serupa di kampung dan desa yang lain, sehingga sampah-sampah terkelola dengan baik.

  13. Di daerah lain ada juga ya KBA? Soalnya pernah baca artikel blogger yang membahas KBA tapi lupa di mana. Semangat mengolah sampahnya bias juga kayaknya ya diikuti di kampung kota atau setingkat kelurahan di kota.

    1. Semangatnya harus didukung oleh semua warga dan pengurusnya kak, sehingga kesadaran membuang sampah sesuai tempatnya jadi berkesinambungan.

  14. Saya senang sekali Jakarta bisa punya kampung agrowisata yang berseri seperti ini. Secara ibu kota negara kita ini udah full jadi pusat bisnis perkantoran. Semoga semakin banyak kampung-kampung percontohan yang bukan cuma jadi percontohan karena disokong pendanaan dari CSR perusahaan, namun tentunya bisa mandiri dalam jangka panjang.

  15. Semoga semua kampung di Indonesia dapat menjadi kampung percontohan seperti KBA Rawajati..karena masalah utama di sebagian besar wilayah Indonesia ya persampahan ini
    Sepertinya gerakan 3 R memang harus menjadi gerakan nasional.

    1. Iya bener banget banget kak dengan melakukan 3R, kita juga mampu menambah nilai ekonomis yang berdaya guna dari sampah yang di daur ulang.

  16. Sangat menginspirasi, harusnya emang semua kampung bisa kaya gini, mengolah sampah dengan baik agar lingkungan tetap asri dan sehat.

  17. Banyak sekali prestasi KBA Rawajati ini ya. Semoga kampung keren seperti ini bisa ada di wilayah Indonesia lainnya. Biar masyarakat mulai melek dengan lingkungan

    1. berkat kesabaran dan kesungguhan pengurus terus mensosialisasikan sehingga
      prestasi yang didapat juga banyak kak, semoga bisa ditiru oleh kampung
      di wilayah Indonesia lainnya ya kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap