Mau Menjadi Blogger Berkualitas dan Profesional? Bersama Hiip Academy aja

0 Shares

Assalamualaikum sahabat jalan, gimana kabarnya semoga selalu sehat dan bahagia ya. Oh ya, sahabat Mau Menjadi Blogger Berkualitas dan Profesional? di Hiip Academy sehingga dapat menghubungkan antara brand dan blogger lebih mudah. Sebagai seorang newbie dalam hal pembloggeran maka saya ingin sekali menambah ilmu bagaimana menjadi bogger yang berkualitas dan profesional , untuk itu saya mengikuti #hiipacademy  Academy 1  yang diselenggarakan Hiip Indonesia pada hari sabtu tanggal 10 Agustus 2019, dengan dua orang narasumber yang cukup hits yaitu kak @arievrahman dan kak @sittakirana , bertempat di Cohive 101 Mega Kuningan Lt. 2 Jakarta.

Nara Sumber yang pertama  adalah kak @arievrahman seorang travel blogger, yang sangat serius makanya nama blognya backpackstory.me dengan tag serious travel blogger, telah mengunjungi 41 negara dan 25 provinsi, dan setiap tahun selalu meraih penghargaan dari lomba blog. Mendengar cerita dari nara sumber  saya berpikir ini saya banget hahah tidak dehh masih jauh, jauuuuuh banget , wkwkwk.  saya tidak menulis (sedang mencoba menulis)  tapi suka travelling walau belum banyak yang dikunjungi .

Dari Kak Ariev saya dapat banyak banget ilmu dan pencerahan,  beliau memulai menulis travel blog karena kesukaanya dengan dunia perjalanan dan kecintaannya terhadap dunia tulis menulis, sambil meniatkan diri untuk berbagi  supaya dapat bermanfaat bagi masyarakat . Kalau saya senang perjalanan tapi belum pernah sekalipun menulis, ingin sekali menuliskan cerita perjalanan saya ke dalam bentuk tulisan. Menurut kak ariev rahman mulailah menulis karena kamu suka menulis, bukan karena ingin jalan-jalan gratis.

Niatkan tulisan kamu untuk berbagi, mengenai pengalaman jalan-jalan dan memberikan informasi kepada mereka yang membutuhkan, apabila ada penghasilan masuk berarti itu adalah bonus dari niat baik yang dijalankan.

Untuk lebih lanjutnya saya harus mengetahui  apa itu travel blog. Travel blog adalah sebuah blog perjalanan yang dituliskan berdasar pengalaman pribadi pemilik blog perjalanan . Ada personal  experience pemiliknya yang menjadi daya tarik tersendiri . Semua peristiwa di dunia unik, hanya terjadi satu kali, karena waktu tidak akan terulang kembali. Tinggal bagaimana mengemas peristiwa tersebut menjadi tulisan yang menarik. Banyak jalan-jalan dan banyak menulis. Mulailah dengan sesuatu yang disukai atau sesuatu yang tidak disukai . Find your momentum don’t ever lose your momentum or you will be lost forever.

 Ada 5 Mitos tentang Travel Blogger yaitu :

  1. Tidak perlu waktu lama untuk menjadi Travel Blogger , menurut nara sumber pertama ini bahwa beliau memulai travel blog pada tahun 2012 dan butuh 1-2 tahun untuk melakukan Branding.
  2. Pekerjaan travel blogger itu mudah dan menyenangkan, travel blogger kerjaannya berbagai macam ya traveller, writer, blogger, photographer,videographer ,researcher,planner ( dalam hati saya ribet sekali wkwkw )
  3. Bisa jalan-jalan Gratis , untuk mendapatkan ini ya pasti melakukan berbagai macam hal, dengan ikut lomba sehingga banyak tawaran untuk membuat suatu brand, kalau beruntung ada fans yang sangat fanatik dan suka dengan si travel blogger, dengan suka rela memberikan uang 17 juta untuk jalan-jalan ke Inggris karena bisa membuat moodnya meningkat ketika membaca blognya ( masih penasaran siapakah dia wkwk maaf ya kak),dan harus juga mengeluarkan uang sendiri  jadi jangan pelit juga untuk menjadi yang terbaik harus rela berkorban sedikit.
  4. Pasti uangnya banyak , belum tahu ya kalau untuk jalan-jalan itu bisa dilakukan dengan berbagai cara karena bagi travel blogger pengalaman adalah investasi yang paling berharga di dunia. Dengan tekad setiap bulan harus jalan-jalan walaupun harus rela dipotong gaji karena jatah cutinya telah habis  ( kalau ini sie saya mengalaminya cari tiket murah sampai antri lebih dari 4 jam juga saya lakukan wkwkw , tidak dikasih cuti tetap nekad tidak masuk kantor karena tiket udah di tangan wkwkwk jangan ditiru ya kalau yang ini)
  5. Semua orang pasti bisa menjadi travel blogger , ya mungkin bisa, mungkin tidak. Bisa asalkan memiliki 2 Kon ( hufss bukan pikiran yang negative loh wkwkwk)  Konten dan Konsisten.

KONTEN

Buat Konten yang menarik dan bermanfaat  tidak perlu bicara tentang uang terlebih dahulu, yang penting bagaimana cara membuat sebuah konten  menarik , yang akan membuat pembaca menyukai tulisanmu . baca ulang tulisanmu,posisikan dirimu sebagai pembaca lalu tanyalah dirimu “apakah saya menyukai tulisan semacam ini”. Karena dengan konten yang baik akan membuat pengunjung datang dan konsisten menyediakan konten yang baik akan membuat pengunjung datang kembali, Konten adalah raja.

Membuat konten pada travel blogger :

  1. perjalanan merupakan bahan baku utama dari konten sebuah travel blog, tetapi perjalanan disini bukan tentang destinasi melainkan tentang apa yang membuat perjalanan tersebut lebih berkesan dalam hidupmu.
  2. ingat apa yang ditemukan dari sebuah perjalanan yang menarik untuk ditulis
  3. foto akan membantu mengingat akan apa saja yang sudah dilakukan selama perjalanan
  4. tulis dari kisah perjalanan berdasarkan foto-foto lalu kembangkan tulisan tersebut menjadi kalimat lalu paragraf sehingga menjadi tulisan perjalanan. Semua butuh proses, and it worth the time

Dengan komitmen untuk menuliskan artikel berupa cerita perjalanan kita harus mempunyai karakteristik pada tulisan blog yang menjadi unique selling points blog.

3 rahasia dan aturan menulis  pada blog yaitu :

  1. Tulisan berjenis berbentuk naratif, bukan deskriftif
  2. Panjang tulisan lebih dari 1.000 kata, supaya pembaca dapat lebih terbawa ke dalam suasana cerita.
  3. Selipkan humor dan komedi khas yang sesuai dengan gayamu sendiri.

Karakteristik utama dalam blog sesuai dengan gaya penulis.  Kalau kamu tidak bisa jadi yang pertama maka jadilah yang terbaik kalau tidak bisa jadi yang terbaik maka jadilah yang tergila . Gila disini bukan berarti melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan yang diterima akal sehat, namun bisa diimplementasikan kepada frekuensi menulis, cara travelling yang unik ataupun gaya tulisanmu yang unique. 

KONSISTENSI

Konsistensi adalah kunci yang akan membawamu ke kesuksesan dengan melakukan latihan terus menerus untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Jangan ragu untuk memulai cari momentnya, jangan pernah berhenti setelah kamu menemukan moment itu. Kamu tidak perlu selalu menjadi yang terbaik tetapi kamu mempunyai pilihan untuk selalu memberikan yang terbaik. Konten yang menarik tidak akan ada artinya apabila tidak ada konsistensi yang tertanam didalam perilakumu. Konsistensi inilah yang menjadi kunci bagaimana seorang blogger dapat bertahan hidup di dunia digital. Konten yang baik akan membuat pembaca menyukai tulisanmu . Konsistensi yang  teguh akan membuat membuat pembaca kembali ke blog kamu, guna mencari konten yang membuatnya berseri-seri kembali ketika membacanya. Memang terdengar klise, namun kamu sebaiknya menulis untuk dirimu sendiri , sebelum memuaskan pembaca yang berjumlah berjuta-juta rakyat Indonesia. Bagaimana dapat memuaskan banyak orang kalau saya sendiri tidak berusaha memuaskan diri saya sendiri. 

Bersama Nara Sumber Kak @Arievrahman

Selanjutnya nara sumber kedua  Kak Sitta kirana seorang penulis,beliau memberi materi mengenai syarat mendasar suatu blog berkualitas, sesuai konten yang menarik dan bermanfaat.

Syarat mendasar agar menjadi blog berkualitas adalah :

  1. Identifikasi sasaran pembaca : mulai dari usia,jenis kelamin hingga kota tempat tinggal bisa dicek melalui GA (google Analytics) karena dengan GA terdapat data yang lengkap mengenai siapa pembaca blog kita
  2. Kategori (niche) blog jelas : konsisten dalam kategori yang telah dipilih jangan patah semangat karena harus melalui proses agar pembaca dapat menikmati tulisan kita.
  3. Konten menarik dan bermanfaat : Saat ini konten berkualitas cukup banyak selain itu blogger juga harus memperhatikan SEO agar artikel berada di halaman awal mesin pencari yang lebih besar sehinggak ketika ada pembacar yang mencari kata kunci tertentu ia akan membuka blog kita.
  4. Desain mobile responsive : Dapat diakses dengan perangkat apapun tampilannya tetap bagus, bentuknya bisa berbeda-beda tetapi tetap nyaman
  5. Tata letak nyaman dibaca Buat tampilan website yang nyaman,minim iklan dan distraksi seperti warna-warni yang terlalu bannyak, jangan sampai mengganggu konsentrasi pembaca.
  6. konten rajin diperbarui : Jangan didiamkan kontenmu paling tidak harus diperbaharui setiap bulan.
  7. sentuhan personal : Dengan banyak blog dan penulis, maka untuk itu berilah sentuhan personal melalui gaya bahasa yang unik dalam bercerita. sudut pandang yang berbeda atau ciri khas tertentu membuat pembaca akan ingat kepadamu.
jadi Blogger berkualitas dan profeional dengan Hiip
Bersama Nara Sumber Kak @SittaKirana

Walau sudah membuat konten yang menarik dan bermanfaat ,belum tentu langsung menjadi bagus saat itu juga, respon pembaca belum tentu  langsung suka akan tulisan kita, Tetapi bagaimanapun Kita harus tetap terus menerus latihan menulis di kategori yang telah diplih dari awal. Untuk mendapatkan traffic atau pengunjung tidak bisa dilakukan dengan sekejap mata . Mendapatkan traffic yang berkembang,  kita harus konsisten mengasah kemampuan menulis terutama menulis artikel blog. Dengan begitu maka keberhasilan akan menghampiri dengan adanya penawaran dari brand berupa sponsored post,banner ads,program afiliasi,jaringan iklan, menjual produk dan jasa, blog event dan lain-lain.

Kesimpulan dari hiip Academy 1  Hiip Indonesia,  untuk menjadi blogger berkualitas dan professional

Dari kedua materi yang disampaikan oleh kedua nara sumber, saya mendapatkan kesimpulan bahwa yang harus diperhatikan apabila ingin menjadi seorang blogger  berkualitas dan professional adalah memperhatikan konten dan konsisten.  

Terima kasih ke hiip Indonesia yang sudah menyelenggarakan  Academy 1 hiip Indonesia  ini, saya mendapat banyak pengetahuan dan bertemu dengan teman-teman baru yang sangat inspiratif, sehingga dapat ilmu bagaimana  membangun blog agar menjadi blogger yang berkualitas dan  professional dengan konten yang menarik dan konsisten. Dengan adanya hiip Indonesia ini menjadi wadah buat brand untuk mendapat influencer yang  tepat karena dengan adanya hiip Academy ini akan melahirkan influencer hebat sesuai yang dibutuhkan brand dari hiip Indonesia

Gimana kalian tertarik untuk menjadi blogger berkualitas dan profesional bergabunglah dengan hiip Indonesia, karena banyak keuntungan yang akan didapat

  •  

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

50 thoughts on “Mau Menjadi Blogger Berkualitas dan Profesional? Bersama Hiip Academy aja

  1. Aku ada kenalan seorang travel blogger yang sudah sampai Palestina travelingnya. Keren ya karena menulis bisa sampai luar negeri.

    1. Wahhh iya enak bener kak, aku waktu denger ceritanya kak ariev hebat banget dehh pengen kaya dia tapi ga mungkin wkwkwk

  2. Masukan yang bagus. Nanti saya akan coba di tulisan saya berikutnya mengenai travel. Berhubung akhir-akhir ini banyak jalannya, tapi artikel belum jadi karena terlalu banyak materinya.

    1. Sama aku juga belum nulis mengenai travelling kak padahal banyak banget tuh yang ingin kutulis. Semangat kak menulis travelling kutunggu ya tulisannya

  3. Kapan lagi ya ada Hiip Academy Indonesia kak? mau ikutan, maklum pemburu knowledge hehehe

    1. Kemarin sie baru 2 kali kak biasanya di IG hiip nya ada kok kemarin aja memang aku juga perlu nambah ilmu kaya beginian, aku sebenernya dapat gratia untuk ikutan hiip 2 nya menbahas yang kontennya tentang beauty sayangnya acara bentrok huhuhuhub sayang banget padahal

  4. Artikel yang ikut memotivasi. Soalnya saya mengaku sebagai blogger juga, tapi tipe mood-an. Ternyata untuk bisa dan profesional harus menekankan dua kon: Konten dan Konsisten. Ini PR banget buat saya untuk memperhatikan kedua hal tadi. Yah, semoga saja beneran bisa menjadi blogger yang mumpuni.

    1. Semangat terus jangan pernah lelah, insya allah akan mumpuni kok usaha ga pernah membohongi hasil ya ga sie kak.

  5. Travel blogger? Itu salah satu imajinasi saya dalam berprofesi.

    Menjadi travel blogger mengasyikan karena bisa mengeksplor indah dan uniknya banyak destinasi wisata. Tentu, setelah jalan-jalan bisa membuat tulisan perihal perjalanannya dengan sepenuh hati sehingga kuat di aura ceritanya.

    Tetapi karena saya udah jadi orang kantoran, maka hal tersebut hanya jadi angan semata. 😀 Itulah kenapa, saya 80% udah yakin pengen nulis tentang parenting dari sisi seorang Ayah saja lah. 🙂

    1. Wah siapa bilang seorang yang kerja kantoran ga bisa jad travel blogger kak,ternyata kak ariev rahman itu pekerja kantoran juga kak, dia tekadnya setiap libur harus travelling kak tapi jangan diluar dari jangkauan keuangan artinya budget hemat sesuai kantong, tapi karena kak ari memutuskan nulis parenting gpp dilanjutkan saja kak biar menginspirasi buat para ayah semangat kak.

  6. Wah dikasih 17 juta buat jalan-jalan gratis. Ya tentu mau banget dong ya. Dulu saya juga pernah jalan-jalan gratis dari blog. Seru banget pokoknya

    1. Iya bener banget enak kan dia ga tau orangnya terus karena dia suka baca blog kak ariev dan itu menimbulkan semangat secara tiba2 mau kasih uang untuk jalan2 keren kan. Tapi kaka udah keren juga pernah jalan2 gratis dari blog wkwkwk. Semangat kak biar bisa jalan2 gratis lagi dari blog keliling dunia malahan Aamiin

  7. Wah, seru banget ada sharing session sama travel blogger professional. Jadi tertarik pengen join Hiip ah, dimulai dengan install appsnya di handphone. Kebahagiaan hakiki sebagai blogger sebenarnya tuh kalo konten yang kita bagiin tuh bisa berfaedah buat pembaca blog kita

    1. Yup bener banget kak bermanfaat untuk orang lain ya kak, iya seru banget kak setiap sharing yang diberikan hiip berbeda2 kontennya kak kmrn yang kedua beauty ya seru kak dapat ilmu baru.

  8. Yang paling penting memang konsisten dalam menulis ya kak inna. Jadi pembaca terus update sama blog kita. Acara Hiip cuma di jakarta kak?
    Ihiks., aku kepengen juga kalo nanti diadakan di Medan karena aku juga udah gabung di hiip

    1. Wahh iya belum ada di luar kota ya,nanti coba saya kasih masukan dehh ke foundernya kak, harus terus konsisten pokoknya jangan lupakan 2K konten dan konsisten semangat kak icha

  9. Satu hal sih yang menjadi PR saya, menulis selera humor dalam postingannya belom berani, ujung-ujungnya jadi garing, wkwk

    1. Hahahha gpp coba aja sekali2 kak, kan ga tau juga garing apa ga yang penting kalau kita tulis trs kota senyum dan ketawa sendiri berarti berhasil kak humornya.

    1. Iya lah tali ga semuanya ada yang dibayarin fans, ada yang menang lomba, ada juga kok yang pakai uang sendiri cari2 tiket murah gitu kak terus prinsipnya setiao weekend harus jalan, ada libur dikit jalan demi konten dan konsistennya .

  10. Di mana-mana sarannya selalu KONSISTEN Hehehe. Semoga Mba Inna juga bisa jadi travel blogger yg sukses ya. Amin

    1. Aamiinn qobul qobul Ya Allah biar seperti kak ariev rahman ya wkwk makasih kak

  11. Wahh berkesempatan ikut Hiip Academy nya scr lgsg ya Mbak.. Keren pastinya yaa,, narsumnya orang² berpengalaman banget di bidang narablog yahh… Semangat Mbak

    1. Iya kak langsung sama nara sumbernya yang keren2 dan dapat menginspirasi makasih kak

  12. Sayang banget saya enggak bisa hadir di HIIP Academy, hicks. Padahal acaranya mantap banget ini, bikin nambah ilmu supaya enggak segitu-gitu aja ilmunya. Huhu

    1. Ya sayang banget ya kak ga ikutan , aku juga kemarin yang hiip ke dua ga bisa hadir nanti kalau ada lagi saya kasih kabar ya kak wajib nambah ilmu kak

  13. Asik asik.. jadi blogger emang harus bersedia meluangkan waktu untuk terus dan terus belajar. Sayang saya ketinggalan informasi ini huhuhu

    1. Bener,bener ayo ayo terus belajar kak nanti aku kabari kalau ada eventnya lagi ya kak

  14. Konten dan konsisten masuh merupakan hal yang harus diperjuangkan karena saya belum maksimal dalam bekerja, kerap disambi hal lain, terutama urus komunitas follow loop. Makanya salut pada yang mampu kelola dua hal itu soalnya saya keteteran banget.
    Baca kisah tracel blogger itu seru karena pengalamannya mengunjungi beragam tempat membuat saya seolah berada di sana. Saya sudah daftar jadi anggota HIIP tetapi belumk isi hal lainnya karena sedang tidak fokus. Jadinya belum lengjap isi bagian data. Kadang saya baca status dari IG HIIP jika numpang lewat di beranda, ada banyak ilmu bagus yang dibagikan.

    1. Oh gitu ya kak semangat terus ya kak

  15. Wah ada kak arif rahman. Selama ini aku salah ternyata, karena ga sampe 1000kata buat konten traveling. Suka malas nulis panjang-panjang.dapat ilmu baru dari artikel ini

    1. Maximal 500 kata ya kak,tapi Kalau nulis travelling kan mengalaminya langsung kak jadi apa yang terjadi pasti mengalir kak bisa lebih malah dari 1000 kata, semangat menulis panjang kak

  16. Wah… kalau memang mau serius dan hidup dari dunia perbloggeran banyak hal yang perlu dibenahi ya ka, mulai dari tulisan naratif, seo hingga minimal 1000 kata dan pastinya tidak akan dibangun mudah dalam semalam… butuh perjuangan khusus.

    1. Iya kak butuh perjuangan tapi kalau udah ikhtiar maksimal pasti ada hasil kak,semangat terus kak

  17. Setuju bangt sama pernyataannya kak ariv

    Mulailah menulis karena kamu suka menulis bukan karena pengen jalan2 gratis.

    Klo tujuan nulis udah bukan lagi krna suka nulis tuh bikin jadi lebih capek gtu rasanyaa

    1. Bener kak, dengan menulis kita tidak pernah tahu akan membawa kita kemana jadi terus menulis tanpa pamrih alias ikhlas dan jadi manfaat untuk orang lain yang baca kak

  18. Wah keren nih ulasannya..ternyata jadi blogger itu harus kontinyu ya selalu latihan menulis terus menerus ..dan yg terpenting harus bergabung dengan komunitas blogger nih supaya menyerap knowledge dunia tulis menulis yg selalu update

    1. Bener banget kak,sama selalu ikut lomba kak biar tambah semangat wkwk

  19. Aku juga pengen rasanya jadi fulltime blogger dan content writer, tapi masih kuliah jadi ngga bakal bisa. Jadi ngeblog ya buat sampingan aja, eh ternyata dari sampingan ini bisa dapat penghasilan yang lumayan buat biaya selama kuliah, hehehe.

    1. Selamat kak, aku malah baru terjun ke blog sebagai jejak digital dan menghasilkan juga walaupun belum semaksimal para blogger yang lama.

  20. dalam ngeblog masih terbatas dan terhambat dalam kosisten satu niche nya itu. masih banyak godaan ketika mendapatkan materi bagus untuk ditulis namun tidak satu niche dengan blog yang sedang kita kembangkan.

    1. Kadang memang suka gitu kak makanya aku lebih ke lifestyle blogger karena bisa masuk semua dan bermanfaat banyak lagi semangat terus kak untuk berbagi dengan tulisan

  21. Rika Widiastuti Altair berkata:

    Impianku banget buat jadi travel blogger. Terutama aku juga sering dapet inspirasi beberap travel blogger yang kerap kukepoin. Keren banget, bisa traveling sambil berbagi dengan orang banyak. Skr masih mengumpulkan moment traveling yg blm sempat ditulis. Doakan ya aku bisa sukses jd travel blogger juga.

    1. Tos kita kak aku juga sama momemt travellingnya banyak tapi belum ku tulis dan ku youtube in kak hahah semangat kak sama2 saling mendoakan ya kak

  22. Kebetulan banget nih. Passionnya udah jalan-jalan tapi konten kadang masih gado-gado hahaha. Makasih kak tips-tipsnya. Semoga bisa Istiqomah aku ini hihi.

    1. Sama aku juga masih gado-gado kak tapi aku niche lebih ke lifestyle aja kak jadi semua masuk hahaha padahal jalan2nya yang sering tulisan jalan2nya malah belum publish hahah

  23. kebanyakan yang saya baca, rata rata jika ingin jadi bloggre berkualitas yaitu harus mempunyai target sasaran serta niche yang konsisten, saya sudah melakukan hal itu, dengan membuat konten secara konsisten..

    1. Bagus dong kak semangat teeus ya kak, aku juga masih terus belajar untuk itu kak

  24. Bergizi banget ini acaranya ya
    Materinya luar biasa, padat dan penuh pembelajaran
    Menjadi travelblogger profesional tentunya memang butuh kerja keras dan usaha yang tak mudah. Konsistensi kuncinya
    Apa kabar aku yang nulis aja belum tentu seminggu sekali hiks

    1. Semangat kak kita tidak tahu akan dibawa kemana tulisan kita ini bermuara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap