Marlinajourney.com Terlahir Karena Ingin Jalan-Jalan Gratis

Marlinajourney.com Terlahir Karena Ingin Jalan-Jalan Gratis

0 Shares

Assalamualaikum sahabat, gimana kabarnya semoga selalu sehat dan bahagia ya. Aku mau cerita nih bolehkan? cerita curhat pasti ya hahaha, gak dong  kali ini aku mau cerita kenapa aku menekuni dunia blog. Sebelumnya tidak pernah terbersit sedikitpun untuk menjadi seorang penulis di blog , tetapi setelah melihat dan banyak cerita yang aku dapatkan dari banyak sahabat yang sejak dahulu telah berkecimpung di dunia blog, ada rasa ingin menorehkan cerita atas perjalananku travellingku dan setelah berfikir panjang akhirnya marlinajourney.com terlahir karena ingin jalan-jalan gratis, seperti banyak sahabat yang pernah mendapatkannya dan aku ingin hal tersebut terjadi kepadaku, pasti aku sangat senang .

Marlinajourney.com Ingin jalan-jalan gratis 

Berawal dari pemikiran sederhana saja, pernah suatu ketika aku mengikuti acara jalan-jalan yang diadakan salah satu komunitas media yang senang dengan jalan-jalan. Di acara tersebut ada beberapa sahabat yang menuliskan acara jalan-jalan tersebut dan menang, waktu itu aku mah cuek , maklum belum pernah nulis dan masih belum ada niat juga nulis walaupun di acara tersebut, sebagai peserta diharuskan untuk membuat akun agar dapat menuliskan cerita dari jalan-jalan tersebut. Jika sering mengirimkan tulisan maka akan ada point dan setiap setahun sekali ada program traveller of the year.

Karena aku sering sekali berinteraksi kepada 2 orang yang lebih lama di dunia blog, satu orang berasal dari Tegal dan satu lagi dari Bogor , walau gak pernah bertemu tapi mereka baik sekali  sampai suatu ketika bertanya mengenai perjalanan travelling , dan yang mengejutkan mereka bercerita bahwa berkat blog dapat jalan-jalan gratis, aku hampir tidak percaya. Akhirnya aku lihat sendiri ada beberapa sahabat yang dapat melakukan jalan-jalan gratis baik di Dalam Negeri maupun Luar Negeri berkat menulis, tambah kepo dong aku, dan tambah iri juga ingin seperti mereka.

Bayangkan saja sampai ke Maldives, Korea, Labuan Bajo itu bisa didapatkan dengan rajin mengirim tulisan dan hadiahnya jalan-jalan gratis hanya bawa diri , semuanya ditanggung mulai dari akomodasi, penginapan, makan itu ditanggung loh. Ada juga sahabat yang sering menuliskan perjalanan travelling, ada yang fans yang fanatik dengan tulisannya memberikan biaya kepada penulis tersebut untuk berkunjung ke Luar Negeri. Enak kan,  ya enak banget kali.

Marlinajourney.com berasal dari nama pribadi

Sempat mengikuti suatu seminar yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas dengan nara sumber yang sudah memiliki ratusan member, jika ingin terlihat profesional pada sebuah media sosial, akan lebih baik jika semua menggunakan nama pribadi,  jangan menggunakan nama palsu.

Akhirnya akupun mengambil nama akhirku untuk dipakai sebagai nama domain Marlinajourney.com, siapa tau bisa terkenal seperti  film yang berjudul  Marlina si pembunuh dalam empat babak hahaha. Oh iya tetapi bukan karena film itu ya jadi nama domainku marlinajourney, ini memang benar-benar nama belakang aku yang asli.

Dapat voucher gratis untuk membeli  domain TLD

Awalnya aku maju mundur seperti undur-undur untuk membeli Top Level Domain (TLD), karena ku fikir  masih bisa melakukan nulis di blog gratisan dan mengikuti lomba blogpun dapat dilakukan dengan blog gratisan. Sampai suatu ketika saat ada ulang tahun salah satu komunitas blogger, aku hadir  di sana diberikan pengetahuan mengenai blog, ada juga beberapa hadiah yang diberikan salah satunya voucher untuk domain dan hosting, akhirnya hari terakhir menjelang expire masa berlaku voucher tersebut, dengan mantap kugunakan voucher tersebut daripada hangus dan mubazir lebih baik ambil kesempatan mumpung  dapat voucher gratis.

Isi blog Marlinajourney.com

Karena baru berusia 1,5 tahun blog Marlinajourney.com diisi dengan berbagai macam cerita travelling dan lifestyle. karena ingin sekali berbagi pengalaman, serta memperkenalkan pariwisata di Indonesia. Di blog marlinajourney.com diisi juga  tentang kesehatan, finance ,  semua ada di dalam isi blogku, kalau para mastah memberi julukan blog gado-gado.

Marlinajourney.com ingin menjadi profesional blog

Kalau aku ditanya kembali, menyesal gak terjun ke dunia blog,  gak tuh. Ada rasa penasaran dan keingintahuan yang banyak dalam diri yang ingin kupelajari, salah satunya ingin dapat menyampaikan tulisan melalui storytelling dengan baik. Nah, beruntungnya lagi semalam merupakan materi ke 2 yang diberikan oleh Kelas Growth Blogger dengan menghadirkan nara sumber yang sudah tidak diragukan lagi dan sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis, yaitu kak Bambang Irwanto  penulis cerita anak yang ceritanya sudah ada sejak dahulu seperti di majalah Hai, Gadis, Anita dan Majalah BOBO dengan dongeng SOJA.

Dijelaskan bahwa storytelling pada penulisan artikel mempunyai beberapa teknik  yang diterapkan seperti :

  1. Gunakan gaya bercerita, yaitu menuangkan cerita dalam tulisan dengan cara membayangkan seolah-olah sedang bercerita langsung dengan seorang atau beberapa orang di hadapan kita.
  2. Gunakan POV1 ( Point Of View) , saat bercerita menggunakan aku atau saya ini merupakan sudut cerita orang pertama tunggal
  3. Gunakan Intonasi Kata dan Kalimat, sehingga orang ikut merasakan apa yang sahabat rasakan.
  4. Masukan Jargon-jargon yang menarik, menggunakan ini untuk menambah rasa dalam tulisan.
  5. Show dont’t tell , 

Alasan mendasar aku masih tetap  di dunia blog

Walau masih terbilang bau kencur di dunia blog, 1,5 tahun menulis melalui blog itu dapat memberikan banyak peluang rezeki seperti :

  1. Terus mengupgrade diri untuk terus menerus belajar, itulah jika ngeblog, biar bisa update dengan hal-hal terbaru dan terkini untuk bisa membuat blog kita menarik, kita akan dituntut untuk terus belajar. Jangan salah, belajar ini bukan model duduk di kelas trus nyatetin kok, baca berita di internet dan mencari kebenaran berita itu juga salah satu proses belajar. Atau bagaimana kita ambil pelajaran dari baca postingan orang untuk bisa di apply ke blog sahabat, itu juga belajar.
  2. Menambah jumlah teman, bermula dari bergabung dengan group blogwalking dan komen-komenan dengan teman blog, sudah pasti akan nambah sahabat. Pertemanan melalui blog gak terbatas lokasi geografis. Kita bisa loh ngobrol seru meskipun baru pertama kalinya ketemu muka dengan orang dari belahan dunia lain hanya karena sudah saling ketemu di blog. Belum lagi kalo ikutan komunitas blog, yang bisa nambahin jaringan pertemanan . Pintu rezeki kan datengnya dari teman-teman blogger juga ya
  3. Mengikuti kompetisi blog, dengan mengikuti berbagai lomba dapat mengasah skill, dan keberanian diri untuk bersaing dengan seluruh blogger yang ada di Indonesia. Kalau rezeki menang bukan main senangnya.
  4. Mendapatkan tawaran untuk menulis, banyak sekali sahabat yang mendapatkan tawaran menulis, sehingga rezekipun mengalir tanpa batas.
  5. Sebagai Asset Digital, untuk menghadapi hari tua, tidak selamanya aku bekerja, untuk itu blog marlinajourney.com sebagai salah satu asset yang harus aku pelihara dengan baik dan profesional.

Itulah kenapa aku terjun ke dunia blog dengan nama marlinajourney,com, semoga apa yang aku inginkan diijabah oleh Allah SWT yaitu marlinajourney.com ingin jalan-jalan gratis. Gimana dengan sahabat semua apakah sudah memiliki blog atau sudah lama di dunia blog? Yuks,  komen nama blog sahabat siapa tahu bisa saling berkunjung kan dapat menambah view juga, wkwkwk.

 

Wassalamualaikum

 

 

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

2 thoughts on “Marlinajourney.com Terlahir Karena Ingin Jalan-Jalan Gratis

  1. Wahh..aku juga mau nih jalan-jalan gratis barter sama tulisan hehe..Sukses selalu ya mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap