Investasi Deposito Yang Harus Diketahui

0 Shares

Pandemi masih belum usai, sehingga membuat sulit perekonomian, gimana mau investasi malah sekarang sering mendengar banyaknya kaum awam yang investasi deposito abal-abal,entah  terbujuk oleh marketing atau orang yang menawarkan, memang ingin uangnya disimpan aman dalam sebuah lembaga keuangan,  tapi sering kali merasa kenal atau memang banyak uang sehingga mempercayakan uangnya kepada pihak marketing tanpa cek keberadaan benar atau tidak diinvestasikan, setelah uangnya diberikan. Memang investasi deposito merupakan salah satu investasi yang mempunyai risiko rendah, sayangkan udah berhemat  bukan investasi  menguntungkan yang  didapat, tapi malah dibawa pergi sama pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, disini aku ingin memberikan penjelasan mengenai dana investasi deposito yang harus diketahui. Coba disimak ya !

Pengertian Investasi Deposito

Pengertian Investasi deposito merupakan simpanan yang penarikannnya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara sahabat dengan lembaga keuangan dengan syarat-syarat tertentu, Investasi deposito salah satu cara yang dapat sahabat lakukan untuk mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan keuangan sahabat.

Menurut jangka waktu

Untuk investasi deposito dapat dilakukan dengan jangka waktu yang telah ditetapkan yaitu 1,3,6,12 sampai dengan 24 bulan, sesuai dengan kebutuhan keuangan sahabat.

Jenis investasi deposito

Untuk jenis  investasi deposito sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Deposito berjangka, merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu, mempunyai jangka waktu mulai dari 1 ,3,6,12 sampai dengan 24 bulan, diterbitkan dengan mencantumkan nama pemilik investasi deposito, bisa perorangan ataupun perusahaan/lembaga, diberikan keuntungan berupa bunga atau imbal hasil yang pembayarannya dilakukan setiap bulan atau sesuai jatuh tempo, pembayaran bunga dilakukan secara tunai maupun non tunai, dikenakan pajak bunga deposito sebesar 20% dari bungan yang diterima , pajak dikenakan apabila simpanan lebih besar dari 7.500.000,- jika investasi deposito diambil sebelum jangka waktu, umumnya akan dikenakan denda.
  2. Deposito on call, merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu dan dalam jangka pendek, mempunyai jangka waktu mulai dari 1-14 hari, diterbitkan dengan mencantumkan nama pemilik investasi deposito, bisa perorangan ataupun lembaga, biasanya investasi deposito on call ini besar nominalnya dimulai dari 500.000.000 ,- tergantung kebijakan lembaga tempat investasinya.
  3. Sertifikat deposito, merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu, mempunyai jangka waktu mulai dari 1,3,6,12 sampa dengan 24 bulan, diterbitkan tidak dengan mencantumkan nama pemilik investasi deposito sehingga disebut dengan atas unjuk karena investasi dalam bentuk sertifikat deposito ini dapat diperjualbelikan kepada pihak lain, untuk pembayaran bunga dilakukan di awal biasa disebut dibayar dimuka.

Cara perhitungan bunga deposito

Untuk perhitungan bunga deposito sendiri itu menggunakan metode sebagai berikut : investasi deposito berjangka dan deposito on call menggunakan metode simple interest dengan rumus nominal dikalikan dengan suku bunga dikalikan lagi dengan hari dalam 1 bulan lalu dibagi 365, sedangkan untuk investasi dengan jenis sertifikat deposito menggunakan metode true discount dengan rumus nominal dikalikan 365 dibagi debgan suku bunga dikalikan hari dalam 1 bulan lalu ditambah 365

Investasi deposito yang harus diketahui

Walaupun investasi deposito merupakan salah satu investaasi yang mempunyai risiko yang rendah, tidak seperti dengan investasi pada saham, alangkah baiknya jika sahabat mempercayakan investasi deposito di lembaga keuangan maka pastikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Datang langsung ke lembaga keuangannya, lalu tunggu sampai sahabat diberikan surat berharga sebagao tanda bahwa sahabat sudah menyimpan instasi deposito di lembaga keuangan tersebut.
  2. Lalu lihat nama, nominal, jangka waktu , suku bunga sehingga jika ada kekeliruan dapat diperbaiki di hari yang sama
  3. Tanyakan kepada lembaga keuangan tentang keikutpesertaan lembaga keuangan simpanan, sehingga aman menempatkan dana di lembaga tersebut.
  4. Jika sahabat tidak dapat datang langsung ke lembaga keuangan dan mempercayakan kepada orang lain maka lakukan hal yang sama seperti diatas lihat nama, nominal, jangka waktu dan suku bunganya, sehingga tidak timbul  kekeliruan yang berakhir susah, jika investasi deposito tersebut ingin sahabat cairkan dan perlu konfirmasi ke lembaga keuangan tersebut untuk mengecek kebenaran uang sahabat benar diinvestasikan.
  5. Untuk nominal investasi deposito di bawah 7.500.000 tidak dikenakan pajak , dengan catatan sahabat tidak mempunyai saldo tabungan tidak melebihi 7.500.000 karena perhitungan pajaknya dilihat dari 1 CIF

Cara mencairkan investasi deposito

Jika sahabat ingin mencairkan investasi deposito maka ada hal-hal yang harus dilakukan seperti :

Sahabat datang ke lembaga keuangan tempat sahabat membuat investasi deposito dengan membawa surat berharga asli, dimana pada awal investasi diberikan oleh lembaga keuangan, lalu tanda tangani surat berharga tersebut diatas materai, beri intruksi akan dicairkan kemana investasi deposito tersebut apakah tunai atau non tunai (dipindahkan ke rekening lain seperti tabungan dsb)

Siapa bilang di masa pandemi ini tidak dapat melakukan investasi deposito, seperti yang teman blogger Kak Renov bilang ada kok tipsnya,  asal ada niat dan kemauan pasti semuanya ada jalan.  Oh iya, tetap saja harus waspada ya terhadap orang lain yang menawarkan investasi, untuk berjaga agar tidak dikelabui, mau investasi deposito malah hilang uang yang sudah dikumpulkan, oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Percaya boleh, waspada jalan juga dong.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu

Marlinajourney

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

12 thoughts on “Investasi Deposito Yang Harus Diketahui

  1. Belum pernah buka deposito tapi ini modelnya hampir mirip dengan tabungan berjangka tapi ada keuntungan gitu ya kak? Kalau biasanya kaya tabungan berjangka kan nominalnya tetap. Ini berarti bisa berkembang gitu kah kak?

    1. iya seperti tabungan kak, hanya tidak dapat diambil sewaktu-waktu , kalau tabungan kapan aja bisa diambil
      iya bisa berkembang dengan perolehan bunga yang di dapat setiap bulan kak, risikonya rendah.

  2. Berinvestasi memang bagus untuk kita, tapi memang hrs berhati2 ya mbak. Karena emang banyak banget skrg investasi bodong.

    1. Berinvestasi memang harus hati-hati sekali kak, walaupun udah tahu nih orang yang menawarkan bekerja di lembaga keuangan tersebut, punya nama
      tapi lebih baik kita sebagai nasabah langsung ke lembaga keuangannya, jika memang gak bisa datang langsung paling gak ngecek aja, kan itu investasi
      kita.

  3. Saya biasanya mengambil deposito berjangka yang pencairannya langsung otomatis masuk ke dalam rekening. Di salah satu bank swasta malahan saya bisa melakukan deposito berjangka lewat internet banking. Sayang sekali, loginnya lagi lagi terblokir sehingga saya tidak bisa melakukan aktivitas perbankan dan harus ke bank dulu untuk serangkaian proses pembukaan blokir.

  4. Deposito sekarang bunganya menyedihkan ya kak heuheu pengen nangis liatnya tapi gmn lagi situasi lagi sulit gini timbang nyimpen dibawah bantal yawdah lah anggap nitip ke bank hihihi

  5. Sekarang kalau mau investasi kudu dipikirkan matang2 ya kak. Tapi memang sepertinya harus dipaksakan nih utk investasi kalau engga maka uang hasil jerih payah akan lenyap tak berbentuk

  6. jujur aku belum pernah nabung deposito dan selalu penasaran sih mengenai tabungan deposito seperti ini tabungan dengan jangka waktu tertentu dan membaca artikel ini aku jadi lebih paham mengenai deposito kayaknya bakalan mencoba deh menabung menggunakan cara deposito

  7. Aku lebih suka tabungan berjangka. Beneran nabung nyicil perbulannya. Andai punya duit buat do depositokan, mau juga pastinya. Yang pasti nabungnya ke bank dengan memahami dulu depositonya yang bagaimana.

  8. Kl mau investasi deposito mesti hati2 banget pastinya ya mbak, harus tau dulu seluk beluknya dan juga harus tahu pasti dimana mendaftar

  9. Selain investasi abal-abal yang marak sekarang kak.. banyak juga permainan atau money game yang bikin orang gelap mata di saat pandemi ini.
    Kalo saya lebih milih datang ke bank yang sudah terpercaya dibanding menyetujui investasi online yang gak terdaftar OJK.

  10. Kak Inna deposito ini jadi solusi kita yang pengen invest tapi takut resiko ya, paling Aman memang ya, cocok banget buat pemula cem kita-kita ya kak, trims infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap