#iniuntukkita-investasi: partisipasi untuk pembangunan negeri

#IniUntukKita – Investasi : Partisipasi Untuk Pembangunan Negeri

0 Shares

Ingin rasanya aku menertawai diri sendiri, jika mendengar kata investasi. Lah kok bisa begitu sie ? aku tergiur dengan iming-iming hasil bunga yang besar, akhirnya tertipu dengan kedok investasi, nominal pokok yang diinvestasi akhirnya lenyap. Sejak saat itu belum berani berinvestasi kembali, dengan risiko besar , hanya investasi di produk tabungan, deposito dan terjangkau.

Ketika mendengar informasi mengenai pembangunan Indonesia yang mempunyai banyak hutang, sepertinya miris sekali ya, terpikir bagaimana caranya agar sebagai warga negara ikut berkontribusi agar negara tercinta ini tidak begitu banyak hutang, sayangkan bunga diberikan kepada yang pihak asing. Ternyata sahabat dapat ikut mendanai negara dengan investasi partisipasi pembangunan negeri di SBN ritel, kok bisa memang punya uang berapa banyak? Sok mau ikutan mendanai negeri.

Apa itu investasi SBN ritel

Nah sebelum sahabat bingung, udah tahu yang dinamakan Investasi merupakan penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan, dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari modal semula. Investasi untuk partisipasi pembangunan negeri dan ikut menjadi pahlawan finansial negara dapat dilakukan dengan membeli SBN. SBN adalah surat berharga negara yang diterbitkan pemerintah untuk membiayai anggaran negara dan bisa menjadi instrumen investasi bagi pemegangnya (investor) karena bisa memberikan imbal hasil atau keuntungan.

“Don’t put your egg in one basket because if the basket false and your all egg will be broken”

#iniuntukkita - investasi : partisipasi pembangunan negeri

Cara aman berinvestasi

Untuk sahabat yang ingin berinvestasi harus ada beberapa yang harus diperhatikan agar aman berinvestasi yaitu :

  1. Jangan tergiur dengan imbal hasil yang sangat tinggi (haruas dicek bener atau tidaknya). Kadang sahabat membandingkan antara hasil investasi yang satu dengan yang lainnya, Produk investasi harus dilihat juga risiko investasi yang menyertainya.
  2. Wajib mencari tahu perusahaan pengelola investasi atau yang menerbitkan investasi,sebab pengelola investasi pada umumnya akan mendapatkan lisensi dari OJK termasuk izinnya
  3. Pahami investasi yang sahabat beli dikeluarkan oleh siapa, dikelola oleh siapa dan bagaimana pertanggunjawabannya.

Keuntungan investasi SBN Ritel

Apabila sahabat melakukan investasi di SBN ritel dan ikut mendanai negeri ada beberapa keuntungan yang diperoleh yaitu :

Mendapatkan imbal hasil

Sahabat setiap bulan akan menerima imbal hasil dalam bentuk kupon, jika sahabat investasi sebesar Rp. 10 juta dengan imbal hasil sebesar 6,3% hasilnya Rp. 630.000 pertahun lalu sebulannya sahabat terima 52,500 sebelum dipotong pajak 15% bersihnya sahabat terima Rp. 44.625, lumayan banget kan, jika sahabat investasinya lebih tinggi maka imbal hasil yang didapat juga lebih tinggi

Aman dan minim risiko

Investasi di SBN ritel cukup aman karena nominal pokok dan imbal hasilnya dijamin oleh pemerintah Indonesia melalui kementrian keuangan, coba pikir apa negara akan hancur atau hilang tiba-tiba, tidak mungkin dong sehingga risikonya minim.

Minimal investasi di SBN ritel terjangkau

Sahabat pasti pernah mendengar bahwa kalau ingin berinvestasi tunggu uangnya banyak dulu, stop memikirkan hal seperti itu, nanti malah tidak melakukan investasi. Untuk investasi di SBN ritel terjangkau banget karena dapat dilakukan mulai dari nominal 1 juta sampai 3 Milyar (setiap kelipatan 1 juta)

Dapat diperdagangkan

Dalam hal investasi sahabat harus mengetahui bahwa investasi yang dimiliki itu dapat diperdagangkan atau hanya dimiliki hingga jatuh tempo. Untuk investasi di SBN ritel ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder ataupun investor domestik. Misalnya sahabat sedang butuh sekali uang maka sahabat dapat menjualnya di pasar sekunder dengan harga 102% maka sahabat akan menerima uang nominal awal Rp. 10 juta menjadi Rp. 10.200.000 ditambah imbal hasil sehingga sahabat memperoleh keuntungan penjualan sebesar Rp. 200.000 dan imbal hasilnya.gimana untung kan jadinya.

Investasi partisipasi untuk pembangunan negeri

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi dunia ketika tiba-tiba muncul wabah Covid-19, yang awalnya muncul secara lokal di Wuhan – China, lalu merebak dan memporak-porandakan sendi-sendi perekonomian dunia. Perkembangan krisis kesehatan berdampak pada ekonomi dunia, praktis membuat seluruh negara di dunia harus mundur dengan rencana-rencana strategis yang telah ditetapkan semula, kemudian digantikan kebijakan tanggap darurat dengan memobilisasi semua sumber daya untuk mengatasi wabah Covid-19. Tahun 2020 kemungkinan akan terjadi pelambatan, resesi, dan bahkan depresi ekonomi. Pembangunan di setiap negara dipastikan terganggu. Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2020 sudah menunjukkan kinerja menurun di 2,97 persen.

Investasi merupakan komponen penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara lebih berkesinambungan. Terciptanya iklim usaha yang kondusif sangat berpengaruh pada peningkatan investasi. Dengana adanya peningkatan investasi maka akan mendorong kegiatan di sektor-sektor lainnya, antara lain penciptaan lapangan kerja dan mendorong peningkatan ekspor.

Pemerintah Indonesia butuh mendanai APBN , yang akan digunakan untuk pembangunan negara Indonesia , nah saat ini sahabat punya kesempatan untuk dapat ikut serta mendanai APBN dengan cara membeli investasi di SBN ritel Jadi bayangkan sahabat ikut serta berkontribusi dalam membangun negara sendiri dan sahabat meminjamkan uang kepada pemerintah Indonesia,bayangkan sahabat menikmati hasil pembangunan negara tercinta Indonesia, sahabat dapat imbal hasil lagi , merupakan investasi yang sangat menarik dan bisa digunakan untuk investasi dalam perencanaan keuangan sahabat.

Investasi di SBN ritel itu tidak hanya untuk mendapatkan financing tetapi mengembangkan basis investor, dengan adanya basis investor yang besar terutama kaum millenial, bukan hanya membiasakan diri untuk investasi, bukan hanya investasi travelling saja tetapi harus membiasakan untuk investasi sejak muda dan merasakan nikmatnya dari investasi.

Harapannya apabila pendapatan sahabat semakin meningkat maka porsi untuk investasi semakin besar, dan negara makin mapan dan mandiri, kemandirian dalam pembiayaan APBN. Dengan sahabat melakukan investasi di SBN ritel, berarti sudah ikut serta dalam mendukung pemerintah .

Untuk membangun ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Indonesia dilakukan melalui :

  1. Sektor penerimaan perpajakan . Setelah amnesti pajak menunjukkan kesuksesannya, selanjutnya perlu dilengkapi dengan penerapan kebijakan yang terkait dengan penggunaan dana repatriasi serta pemanfaatan data deklarasi harta yang mengarah kepada pembangunan nasional. Terlebih kini pemerintah dipermudah oleh kesepakatan internasional berupa sistem keterbukaan dan pertukaran data perpajakan antarnegara melalui Automatic Exchange of Information (AEoI). Selain itu, pemerintah juga dituntut untuk terus konsisten dalam melakukan reformasi perpajakan secara komprehensif.
  2. Sektor belanja negara. Pengaruhutamaan belanja produktif harus konsisten diupayakan pemerintah tanpa terganggu unsur-unsur politis yang membelenggu anggaran negara secara tidak rasional. Di sisi lain, aspek ekonomi makro juga tak boleh dipandang sebelah mata.
  3. Sektor pembiayaan. Pengelolaan pembiayaan yang prudent ditunjukkan melalui inovasi pembiayaan yang paling optimal; benefit semaksimal mungkin dengan cost seminimal mungkin. Selanjutnya pemerintah juga harus terus meningkatkan inovasi dan perbaikan dalam melakukan pembiayaan melalui SBSN dalam aspek proses bisnisnya. Project Financing Sukuk sebagai salah satu strategi tersebut harus terus dikembangkan dan dimaksimalkan potensinya dengan tetap menjaga kesesuaian syariah. Rasio defisit APBN dan utang negara harus tetap dipertahankan dalam batas yang aman, serta potensi risiko dalam pengelolaan pembiayaan harus mampu dipertimbangkan dan diperhitungkan secara akurat demi terpenuhinya kebutuhan pembiayaan pembangunan nasional yang merata dan berkelanjutan. Pembiayaan kreatif atau ‘creative financing’ untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di tanah air. Salah satu yang biasa menjadi hambatan dalam pembangunan infrastruktur adalah pembiayaan. sumber pembiayaan pembangunan proyek-proyek infrastruktur dan transportasi yang inkonvensional. Satu dari opsinya adalah domestic capital market, terdiri dari dana yang ada di perbankan, industri asuransi, dana pensiun, pasar modal, dan di lembaga keuangan non-bank.

Cara investasi SBN ritel

Apabila sahabat ingin investasi untuk partisipasi pembangunan negeri dapat dilakukan dengan melakukan sebagai berikut :

  • Melakukan pembelian dengan penawaran selama periode biasanya 1 bulan,
  • Pemesanan dilakukan di mitra distribusi yang bekerjasama dengan kementrian keuangan, bisa dilihat di @djpprkemenkeu
  • Setelah pemesanan diverifikasi , akan mendapat kode pembayaran melalui email, sms.
  • Lalu kode ini digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank
  • Setelah melakukan penyetoran dana investasi , akan mendapatkan kode NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) ,
  • Lalu mendapatkan alokasi surat berharga pada tanggal penerbitan, dalam proses ini sahabat belum melakukan investasi karena masih dalam hal penawaran
  • Tanggal penerbitan (tanggal settelment), di sini sahabat baru mengetahuinya apakah nama sahabat terpilih sebagai investor.
  • Jika tidak terpilih dan tidak mendapatkan jatah maka dana sahabat akan dikembalikan dalam waktu 3 hari kerja.

Yuks sahabat ikut serta mendanai negara melalui investasi untuk partisipasi pembangunan Indonesia, dengan investasi di SBN ritel. Oh ya, karena sedang ada penawaran Sukuk Ritel (SR 0013), penawarannya masih berlangsung ( 28 Agustus – 23 September 2020 ), investasi itu tidak harus mahal ditambah buat pembangunan negeri, bangga dong sebagai warga negara yang baik.

Sumber referensi :

  • https://www.djppr.kemenkeu.go.id/ ,
  • Zapfinance
0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

19 thoughts on “#IniUntukKita – Investasi : Partisipasi Untuk Pembangunan Negeri

  1. Senangnya bisa ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia melalui investasi SBN Ritel ini. Saya mesti mempelajari nih secara masih awam dengan hal ini. Menarik sekali!

  2. Waktu itu sebenarnya sudah pengen beli SBN tapi uangnya belum ada untuk jumlah yang sudah ditentukan, akhirnya masih beralih berinvestasi ke RDPU hihi

  3. jadi,minimalnya 1 juta dan berlaku kelipatan, ya. kalau ada dana investasi memang baiknya ambil SBN Ritel ini. demi negara dan diri sendiri

  4. Hehehe. Dari pada Negara ngutang ke orang lain, mending ngutang ke kita via SBN Ritel ini Ya Kak. Walaupun sih pengennya negara gak punya hutang sama sekali. Hehe

    1. Iya dong kak, mending warganya yang kasih utang ke negara terus warganya dapat
      imbal hasil, bener kan ga ada yang rugi dong.

  5. wow, kita bisa jadi pahlawan bagi negera nih dengan menjadi pahlawan finansial dengan investasi di SBN ritel. tapi masih kurang paham sih mekanisme nya bagaimana. tapi sudah selayaknya di pelajari ya, karena ini kan milik pemerintah, jadi gak akan ada aksi tiputipu investasi bodong dan kabur

    1. mekanismenya aku sudah tulis di blog kak, daftar by online ke mitra distributor ,
      nanti setelah ada email dan kode, data yang dibutuhkan hanya KTP dan NPWP

  6. Wah, bisa jadi pilihan untuk menyumbangkan bagi negara nih. Dengan adanya jaminan dari negara, investasi ini lebih aman.

  7. Investasi model seperti ini selain menguntungkan, aman dan kita juga dapat berkontribusi ke dalam perekonomian negara.
    Saya jadi tertarik untuk datang ke Bank terdekat dan bertanya lebih jauh, mudah-mudahan setelah corona ini berakhir.

    1. Daftar by online juga bisa kak, tidak perlu datang ke Bank lagi corona gini.
      Aku tuliskan prosedurnya kok kak di blog.

  8. SBN ini kayaknya instrumen invetasi yg lagi “naik daun”, ya, dan gampang buat pemula yg baru terjun di dunia investasi. Bisa investasi sekaligus membangun negeri. Keren!

  9. Ini ntar bisa ditarik kapan aja ngga yaa hahaha. udah kayak nabung biasa aja yaa. maklum masih awam banget soal investasi2 gini. Makanya baca-baca kek gini seneng, nambahin ilmu

  10. Saya naksir sungguh pas cari informasi SBN Ritel ini. Sekarang lagi penawaran Sukuk kan ya? Tinggal cari Midis yang berkualitas, siap deh jadi warga negara yang baik ikut membangun Indonesia hehe

  11. Ini seperti tanam saham gitu ya kak?
    Pengen suatu saat punya dana untuk diinvestasikan. Yg secara tidak langsung dapat membantu orang lain.

  12. Aku pribadi br sekali denger SBN ini hehe. Jadi benar dijamin megara ya investasi di sana, gmn cara prosedur belinya mbak in?

    1. Sebenernya SBN itu sudah lama kak , obligasi negara gitu dulu buat perusahaan
      aja karena nominalnya besar mulai minimal milyaran, nah sekarang diperluas
      dengan adanya retail

  13. Ada banyak jenis investasi ya Mbak, tapi setiap jenisnya itu pasti punya karakteristik tersendiri, termasuk SBN Ritel ini, atau investasi klasik seperti emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap