Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Produktif Di tengah Pandemi

0 Shares

Semenjak adanya pandemi covid-19, banyak hal yang harus diadaptasi unuk menyesuaikan diri dengan situasi, tentu menjadi tantangan baru bagi setiap orang. Pandemi ini telah mempengaruhi aktivitas banyak orang, ada yang mendapatkan pengaruh posisif maupun sebaliknya. Tak dapat dipungkiri, salah satu rintangan yang seringkali dihadapi adalah mencari cara menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif di tengah pandemi. Ada beberapa cara untuk menyiasati persoalan tersebut, berikut yang bisa sahabat lakukan agar tetap produktif di tengah pandemi.

Untuk selalu memproteksi diri sangat berbeda-beda karena imunitas tubuh setiap orang tidak sama, siapa sangka banyak sekali kawan yang terlihat sehat, malah terkena covid19, ada yang di bawa ke RS, wisma atlet ataupun di rumah. Sehingga aku berfikir untuk melakukan kegiatan bekerja melalui rumah, dikarenakan di rumah ada orang tua untuk lebih memproteksi diri untuk tidak keluar rumah, tetapi tidak semua orang bisa mempergunakan dan melakukan WFH, ada yang memang harus berada di kantor, how lucky me ? thanks God.

Pernah suatu ketika aku merasakan tubuhku tidak enak, batuk, merasa kedinginan, mual, masuk angin, sampai takut tetapi terkena covid19 alhamdulillah sehat, dokterpun menyarankan untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami, seperti meminum rebusan jahe. Sejak saat itu saat itu aku mulai membuat dan mengolah sendiri jahe untuk dikonsumsi untuk menghangatkan tubuhku, ditambah cuaca saat ini sering hujan, gampang sekali terkena flu, pilek dan meriang.

Sahabatku memberikan rekomendasi untuk selalu minum jamu, supaya gak gampang sakit, karena sahabatku ini memang kebal banget terhadap penyakit, karena selalu mengkonsumsi jamu, walaupun sahabatku setiap hari selalu naik kereta ke kantor tetapi kondisinya selalu fit, bagaimana caranya aku bisa doyan minum jamu walaupun memang itu dari bahan alami.

Cara menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif di tengah pandemi

Dengan keadaan yang seperti ini tentunya membuat aku mesti mensiasati bagaimana cara menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif di tengah pandemi sehingga tidak menimbulkan stress yang dapat berujung sakit fisik, maka ada beberapa yang kulakukan seperti:

  1. Rutin Olahraga
    Rutin olahraga minimal 30 menit per hari, sahabat bisa melakukan olahraga di taman atau di depan rumah sambil menikmati matahari pagi agar tetap bugar di tengah pandemi, membatasi aktivitas di luar rumah tentu menjadi hal yang membosankan hal ini dapat menjadi pemicu stress untuk mencegahnya diperlukan beberapa aktifitas fisik salah satunya dengan olahraga , juga bisa membantu sahabat meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh sahabat, tidak perlu melakukan olahraga berat dengan durasi yang lama hal yan terpenting adalah konsisten dalam melakukannya.
  2. Berjemur, di bawah matahari pagi selama 5-15 menit 2-3 kali seminggu
  3. Makan secara teratur
    konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, biasanya aku termasuk yang sering melalaikan waktu makan apalagi saat kerjaan banyak tetapi kali ini harus makan teratur dengan makanan sehat dan gizi seimbang
  4. Memilih makanan yang sehat seperti banyak konsumi sayuran dan buah-buahan. Godaan banget kalau melihat promo-promo di online food yang suka jajan, iya aku harus mebiasakan untuk setiap pagi masak makanan yang menurut aku sehat dan bergizi untuk dikonsumsi , namun kadang aku sendiri agak bosan dengan masakan sendiri, karena masih sering makan gorengan dan minum minuman yang sedang kekinian, sehingga aku sering didatangi sakit radang tenggorokan, flu dan pilek.
  5. Minum Vitamin
  6. Minum air putih kurang lebih sebanyak 2 liter perhari , resep ini sederhana setiap teori selalu menyebutkan ayo konsumsi air putih untuk kesehatan tubuh saya setuju banget dengan hal ini, apalagi saat pandemi seperti saat ini mulut tidak boleh kering.
  7. Jauhkan Stress, membatasi aktivitas di luar rumah tentu menjadi hal yang membosankan, hal ini dapat menjadi pemicu stress. Untuk mencegahnya diperlukan beberapa aktifitas fisik salah satunya dengan olahraga. Olahraga juga bisa membantu sahabat meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh kamu tidak perlu melakukan olahraga berat dengan durasi yang lama hal yan terpenting adalah konsisten dalam melakukannya.
  8. Tidur cukup 7 sampai 8 jam per hari, menurut teori yang pernah aku baca tidur yang cukup itu membuat tubuh menjadi segar karena tidur membantu memperbaiki se-sel yang ada di tubuh sehingga diyakini kalau tidur dapat menjaga keseimbangan mental dan utamanya emosi . Oleh karena itu aku usahakan untuk tidak pernah begadang, karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh semakin sering begadang, semaikn banyak pula penyakit yang mengintai, naudzubillah, yuk penuhi tubuh sehat dengan istirahat yang cukup.
  9. Mengolah makanan sendiri
  10. Komitmen minum minuman sehat, salah satu cara lain untuk menjaga imunitas tubuh yang aku lakukan adalah minuman sehat versi aku, ramuan minuman yang terbuat dari jahe. Dengan manfaat yang banyak ini aku coba terapkan untuk rutin dikonsumsi minuman sehat ini, alhamdulillah ada perubahan yang berarti tenggorokan tidak sering batuk ,badan gak cepet meriang, atau terkena flu dan pilek.

Hal yang dilakukan agar produktif selama masa pandemi

Dikarenakan adanya pandemi maka rutinitasku menjadi tambah, yang biasanya aku hanya memikirkan pekerjaan di kantor, dimana pagi hari aku sudah berangkat, sejak pandemi dan new normal masih diberlakukan WFH.

Namun kegiatan rutinitasku menjadi bertambah seperti pagi hari bangun pagi, lalu melakukan olahraga ringan seperti yoga, membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman dan memasak lalu baru mengerjakan pekerjaan kantor yang dilakukan melalui rumah, belum lagi jika ada meeting zoom, ikut webinar untuk menambah wawasan atau untuk upgrade ilmu, belum lagi melakukan blogging, youtube, membuat videography, sepertinya waktu 24 jam tidak cukup untukku.

Menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif
Menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif

Menemukan minuman sehat herbadrink jahe

Dikarenakan aku suka lupa minum ataupun makan saat sedang melakukan berbagai macam pekerjaan, apalagi yang mendekati deadline. Suatu ketika aku sakit, dro tubuhku, akupun disarankan untuk minum jamu, tapi apa daya dengan diriku yang tidak menyukai aroma jamu-jamuan.

Dalam keadaan sakit itu aku diberikan Ibuku minuman jahe, dimana caranya harus bakar jahenya agar gampang copot kulit luar yang ada pada jahe, lalu dibersihkan, dipotong-potong dan direbus yang memerlukan waktu lama, karena air rebusan jahe ini sangat cocok untuk tubuhku agar tidak drop seperti waktu itu, akhirnya akupun ingin mulai mencari minuman jahe yang terpercaya, lalu berselancarlah aku di dunia maya untuk menemukan minuman yang praktis tanpa ribet tetapi memiliki kandungan resep tradisional serta tidak menggunakan bahan pengawet.

Setelah berselancar akhirnya aku menemukan minuman sari jahe keluaran konimex, terus terang aku baru pertama kali mendengar minuman sari jahe herbadrink ini, karena keluaran konimex yang membuat aku percaya bahwa ini benar-benar terpercaya.

Akupun bergegas mencari ke minimarket dekat rumah namun sayangnya tidak ada, sampai akhirnya aku menemukannya minuman sari jahe Herbadrink di apotik, untuk mencobanya aku ingin membeli 1 sachet dulu ternyata tidak bisa, harus membeli 1 dus yang terdiri dari 5 sachet dibandrol dengan harga Rp. 13.000,-, sempat kaget dan bertanya 2 kali kepada pelayan apotik, ternyata benar harganya murah meriah untuk dapatkan khasiat yang oke.

Minuman sari jahe Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Jahe alami memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, selain menghangatkan serta membuat tubuh nyaman, memberikan efek relaksasi. Rasa hangat dari jahe pun bermanfaat untuk meredakan masuk angin, kembung serta mengurangi rasa mual.

Cara penyajian minuman sari jahe Herbadrink

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Jahe Herbadrink rasanya enak dan segar, tepat untuk menjadi minuman herba-break sahabat setiap hari.

Untuk cara penyajiannya sangat mudah loh, aku tinggal sediakan air dingin / panas kemudian melarutkan sebungkus sari jahe herbadrink ke dalam air yang sudah aku siapkan, sekali kucek dengan sendok dan siap untuk diminum. Kalau aku sih lebih suka diminum dengan air hangat, rasanya ke dalam tenggorokan tuh enak banget, seger dan rasanya tidak seperti jamu.

Cara menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif
Cara Penyajian Minuman Rasa Jahe Herbadrink (Dok.Pri)

Minuman serbuk tradisional Indonesia yang di ramu khusus menggunakan jahe dan bahan-bahan pilihan berkualitas, herbadrink sari jahe dapat dinikmati dalam keadaan hangat sehingga memberikan kehangatan dalam tubuh atau dinikmati dingin yang membuat menyegarkan.

Untuk komposisi dalam minuman herbadrink rasa jahe ini yaitu gula, maltodekstrin, gula jawa, ekstrak jahe 7,06%, serbuk ekstrak jahe terenkapsulasi 0,42% ,garam, penstabil nabati gom akasia perisa sintetik etil maltol.

Khasiat Jahe

Jahe (Zingiber officinale) bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan obat tradisional,atau dibuat minuman. Rimpang jahe digunakan sebagai ramuan obat luar (boreh) untuk mengobati penyakit rematik (tuju). Secara umum, jahe memiliki kandungan zat gizi dan senyawa kimia aktif yang berfungsi preventif dan kuratif.

Dari segi nutrisi, jahe mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, sodium, besi, potasium, magnesium, fosfor, zeng, folat, vitamin C, vitamin B6, vitamin A, riboflavin dan niacin.

Beberapa senyawa kimia aktif dalam rimpang jahe yang berefek farmakologis terhadap kesehatan, antara lain: minyak atsiri dengan kandungan zat aktif zingiberin, kamfena, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron.

Sebagai bahan obat tradisional, jahe memiliki beberapa macam khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, seperti:

  • Batuk,
  • Pegal-pegal,
  • Kepala pusing,
  • Rematik,
  • Sakit pinggang,
  • Masuk angin,
  • Bronchitis,
  • Nyeri lambung,
  • Nyeri otot,
  • Vertigo,
  • Mual saat hamil,
  • Osteoarthritis,
  • Gangguan sistem pencernaan,
  • Rasa sakit saat menstruasi,
  • Kadar kolesterol jahat dan
  • Trigliserida darah tinggi,
  • Kanker,
  • Sakit jantung,
  • Fungsi otak terganggu,
  • Alzheimer,
  • Penyakit infeksi,
  • Asma,
  • Produksi air susu ibu terganggu, dan
  • Stamina tubuh rendah.

Jahe mengandung Gingerol, Zingerone, Flavonoid, Aseton, Metanol dan minyak Atsiri yang mempunyai manfaat untuk melindung lambung dan sebagai anti ulserogenik.

Cara menjaga imunitas tubuh
Manfaat Jahe

Sahabat sudah coba belum? aku rekomendasikan minuman sari jahe ini karena aku sudah coba dan rasakan khasiatnya membantu banget buat aku untuk menjaga imunitas tubuh dan tetap produktif di tengah pandemi, jadi suka minum sari jahe Herbadrink

Demikian cara aku menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif di tengah pandemi. Gimana sahabat setuju kan dengan cara yang aku ulas di atas?

Demi menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif di tengah pandemi dan yang tak kalah penting juga menurut aku, tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M ( Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga Jarak ) dimasa pandemi yang belum usai.

Oke sahabat cukup sekian cara yang bisa aku bagi, yuk biasakan menjaga imunitas tubuh agar tetap produktif, agar corona menjauh dari sekitar hidup kita.

Semoga bermanfaat ya, salam sehat dan bahagia selalu.

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

4 thoughts on “Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Produktif Di tengah Pandemi

  1. Minum Jahe bikin badan seger ya, kak. Aku juga rutin minum jahe, dulu sering beli deket rumah quran. Jahe yang dipake vrian jahe merah rasanya pedes banget gitu. Tapi sekarang udah ga pernah ikut kajian, jadi belinya yang jahe instan aja. 😀

    1. Iya, apalagi aku sebenernya gak terlalu suka rempah2 seperti jamu gitu, ya jahe aja yang
      bisa masuk ke tenggorokan , apalagi zaman pandemi gini

  2. Memang pandemi ini menuntut kita untuk lebih sehat lagi ya mvak. Salah satu ikhtiarnya minum jahe, nah herbadrink ini bisa dikonsumsi kapan dan dimana saja. Praktis bgt

  3. Kondisi kayak gini emang kudu rajin minum yang herbal ya Kak, biar imunitas tubuh tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap