Cara Mengolah Daun Bidara Untuk Lambung

0 Shares

Menjaga kondisi kesehatan sangatlah penting, dengan memiliki tubuh yang sehat dan prima, akan lebih mudah untuk melawan penyakit atau virus dari luar serta dapat menunjang aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Untuk itu, tentu perlu asupan makanan bergizi dan dan kaya nutrisi, apalagi sahabat memiliki riwayat penyakit lambung atau maag. Aku biasanya menggunakan daun bidara obat alami yang baik untuk mengobati penyakit pada pencernaan karena tidak akan memicu asam lambung naik. Daun bidara sendiri mempunyai manfaat yang sangat baik karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan serta mencegah terjadinya infeksi pada salurannya sehingga dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung. Untuk itu aku selalu meminum air rebusan daun bidara secara rutin. Mau tau cara mengolah daun bidara untuk lambung?

Apa itu daun bidara

Daun bidara atau Ziziphus mauritiana adalah sejenis pohon kecil yang selalu hijau,  dapat digunakan untuk membuat obat herbal, terlihat sederhana tetapi tanaman herbal ini mempunyai sejumlah manfaat dan khasiat kesehatan. Bentuk daun bidara meyirip dan punya tulang daun, mirip dengan daun jeruk nipis. Namun, ukurannya lebih kecil. “Tanaman yang dikenal sebagai Chinese apple atau Indian plum atau jujube merupakan tanaman asli Asia, Tanaman bidara berasal dari Provinsi Yunnan di China selatan sampai Afganistan, Malaysia, dan Queensland Australia.  Bidara dikenal pula dengan pelbagai nama daerah seperti Jawa adalah widara atau dipendekkan menjadi dara. Sementara di Madura disebut bukol, bekul di Bali. Kalau di NTT disebut sawu, rote, kom, dan kon. Untuk Makassar bidara dan kawasan Bima adalah rangga. Daun bidara bisa diolah menjadi teh, jamu, hingga pizza dan juga bala-bala.

 Cara mengolah daun bidara untuk lambung 

Untuk mengolah daun bidara untuk lambung sahabat dapat menyiapkan sebagai berikut :

Bahan – bahan :

  1. Siapkan 10 lembar daun bidara tua
  2. 600 ml air
  3. ½ buah jeruk nipis,
  4. gula batu atau gula pasir.

Lakukan langkah-langkah seperti :

  1. Cuci bersih daun bidara
  2. Masak air sampai mendidih, jika sudah mendidih kecilkan api.
  3. Masukkan daun bidara, masak dengan api kecil selama 20 menit.
  4. Peras jeruk nipis ,
  5. tambahkan gula sesuai selera,
  6. sajikan saat hangat atau dingin, sahabat dapat menyimpannya sebentar dalam kulkas jika ingin meminumnya dingin-dingin.

Jika air rebusan daun bidara dikonsumsi secara rutin,  dapat membuat kesehatan sistem pencernaan menjadi baik, dikarenakan daun bidara sifatnya yang mengikat lemak jahat dan mampu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan. Tetapi sekarang ini aku diberikan pilihan dan kemudahan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena adanya Nutriflakes Sereal Asam Lambung yang tidak terlalu membutuhkan waktu untuk membuatnya, tinggal  seduh saja sudah dapat langsung dikonsumsi.

cara-mengolah-daun-bidara-untuk-lambung

Apa itu Nutriflakes

Nutriflakes merupakan sereal yang terbuat dari 5 bahan alami yang diformulasikan mengatasi lambung seperti asam lambung naik, menyembuhkan GERD, menyembuhkan tukak lambung, radang usus halus, radang usus besar, hepatitis, wasir serta mengatasi lambung lainnya secara permanen.

Kandungan Nutriflakes

Kandungan yang terdapat dalam Nutriflakes terdiri dari bahan-bahan alami seperti :

1. Umbi garut 

Umbi garut memiliki kandungan sari pati garut bisa menetralkan kadar pH lambung. Selain itu, pati ini juga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung serta meringankan gejala nyeri, begah, dan kembung yang terjadi pada lambung.

2. Psyllium Husk

Psyllium merupakan nutrisi yang berperan sebagai laksatif untuk meredakan konstipasi atau nyeri pada lambung .  Serat ini dapat menyerap air dan menjaga kelembaban fesessehingga lebih mudah meredakan nyeri pada lambung yang menyiksa

3. Gula Aren

merupakan gula murni yang mengandung Riboflavin dan Thiamin yang membantu proses pembentukan antibodi, energi dan memperbaiki sel yang rusak, memperbaiki sistem pencernaan  serta menetralisir asam lambung, selain itu juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh

4. Daun kelor timor 

Kelor ( Moringa oleifera ) yang tumbuh di daratan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini diklaim memiliki kualitas terbaik nomor dua di dunia setelah Spanyol. Tanaman ini kaya akan kandungan tanin dan Flavonoid , yaitu anti oksidan nabati yang ampuh untuk menyembuhkan peradangan, iritasi, serta mengatasi masalah maag dan asam lambung.

5. Susu Etawa 

Susu kambing etawa dikatakan baik untuk penderita asam lambung karena mengandung kalsium , antioksidan, asam lemak baik, probiotik, zat antasida alami dan mineral alkaline, zat tersebut sudah terbukti dapat menurunkan limbah asam yang menumpuk di lambung dengan baik dan memelihara Kesehatan sistem pencernaan.  

 

Manfaat Nutriflakes

Nutriflakes ini memiliki manfaat untuk sahabat yang memiliki masalah pencernaan atau lambung seperti :

  1. Mengatasi asam lambung,
  2. mengatasi maag kronis,
  3. mengatasi gerd,
  4. memperkuat organ pencernaan,
  5. Untuk program diet,
  6. pengganti makanan penderita asam lambung / sereal asam lambung,
  7. Memenuhi kebutuhan serat harian.

Sahabat juga tak perlu takut utuk mengkonsumsinya karena Nutriflakes ini sudah memiliki izin BPOM

Untuk sahabat yang memiliki keluhan asam lambung , sekarang sudah ada cara termudah untuk mengatasinya dan tidak perlu repot untuk mengolah daun bidara untuk lambung, dimana sahabat  dapat membelinya secara online di Nutriflakes Shopee. Nutriflakes Shopee.

Semoga sahabat selalu sehat dan bahagia ya.

Marlinajourney

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

3 thoughts on “Cara Mengolah Daun Bidara Untuk Lambung

  1. yang punya permasalahan di lambung seperti maag atau gerd emang mesti hati-hati konsumsi makan dan mengatur pola tidur. belum pernah nih saya nyobain herbal daun bidara, suami saya selama ini pakai kunyit putih. saya tahunya daun bidara untuk kecantikan aja, hehehe.

  2. Aku sempat punya daun Bidara. Karena perkembangannya pesat, jadi gede kelihatannya gitu, emang nanamnya nggak di pot sih. Akhirnya dimatikan. Padahal emang sih banyak manfaatnya.

  3. Baru tau kalo daun Bidara bisa mengobati asam lambung. Setahu saya hanya dibuat mengusir jin dan buat campuran mandikan jenazah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *