27 April 2024

Menikmati Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Di Lumajang

0 Shares

Aku merupakan salah satu manusia yang sangat menikmati alam yang indah di Indonesia, walaupun mungkin  agak telat untuk travellingnya dibanding dengan anak zaman sekarang,  yang masih muda banget usianya udah bisa keliling Indonesia bahkan dunia, semoga kelak aku juga bisa, mimpi aja dulu ya sebelum mimpi itu berbayar, bener nggak sahabat? Keinginan melihat keindahan alam di Indonesia memang memerlukan pengorbanan yang sangat banyak baik dari segi materi, fisik dan waktu apalagi untuk menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu di Lumajang, yang baru aku realisasikan pada awal tahun 2022 sungguh sesuatu yang sangat menakjubkan. Maklum selama 2,5 tahun aku hanya menikmati Jakarta saja, kota kelahiranku tercinta wkwkw.

Air Terjun Tumpak Sewu

Akhirnya main juga ke air terjun yang hit’s ini , setelah menunggu selama 2,5 tahun karena pandemi yang hanya bisa diisi dengan staycation aja di Jakarta. Oh iya jika dilihat dari kata Tumpak Sewu yang mempunyai arti jatuh seribu, atau disebut juga Coban Sewu, memiliki berketinggian sekitar 120 meter. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki aliran air yang menyerupai tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.  

Lokasi Tumpak Sewu

Untuk menuju ke lokasi Tumpak Sewu, aku kebetulan ikut opentrip yang berangkatnya menggunakan mobil dari Jakarta menuju Lumajang, karena air terjun Tumpak Sewu letaknya di perbatasan Malang Lumajang, Jawa Timur , yang berada antara dua desa yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Aku sendiri menginap tidak jauh dari lokasi air terjun Tumpak Sewu berada, yaitu penginapan Yanto yang berada persis di depan gerbang pintu masuk menuju air terjun Tumpak Sewu sehingga untuk menuju ke lokasi air terjun Tumpak Sewu bisa jalan kaki ataupun menggunakan ojek yang tersedia. Lokasi air terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Agar lebih menikmati air terjun Tumpak Sewu, sahabat harus sampai ke bawah air terjun, jalannya lumayan untuk melihat air terjun Tumpak Sewu, sahabat harus jalan setapak tanah, lalu melewati jalan batu yang dikucuri air, itu sesuatu yang sangat berat  sehingga harus dapat dinikmati , karena sesampainya di bawah terdapat keindahan lainnya, yang sangat menakjubkan

panorama-air-terjun-tumpak-sewu
panorama-air-terjun-tumpak-sewu

Harga Tiket Masuk ke air terjun Tumpak Sewu 

Untuk HTM ke air terjun Tumpak Sewu sangatlah murah yaitu sebesar Rp. 10.000,- saja

Hal apa yang dapat dilakukan untuk menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu di Lumajang , sahabat akan melihat pintu masuk objek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Sahabatpun bisa langsung parkir di tempat wisata. Air Terjun Tumpak Sewu mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus.

Di Tumpak Sewu ada  beberapa spot destinasi wisata. dan jika diurut dari pintu masuk/loket maka urutan spot wisata air Terjun Tumpak sewu seperti berikut:

1. Menikmati panorama  air terjun Tumpak Sewu

Sahabat yang merasa sangat lelah dan mager untuk melihat secara dekat, air terjun Tumpak Sewu, jangan khawatir karena dari pintu gerbang utama dapat menggunakan ojek dengan harga  Rp.10.000,- sampai di panorama air terjun Tumpak Sewu , di sini sahabat dapat menikmati keindahannya dan melakukan swafoto ataupun video dengan asyik tanpa harus berlelah-lelah.

2. Melihat keindahan di bawah air terjun / bottom waterfall 

Jika sahabat penasaran untuk melihat lebih dekat lagi air terjun Tumpak Sewu, setelah sampai di panorama air terjun sahabat harus melakukan trekking ke bawah untuk melihat lebih dekat air terjun Tumpak Sewu, dan ini memerlukan kesiapan fisik,mental, dan nyali untuk sampai ke bawah air terjun karena membutuhkan waktu sekitar 1 jam  jika dilakukan secara santai

3. Tebing Nirwana

Sesampainya di bawah  air terjun, sahabat dapat menikmati tebing-tebing yang sangat indah, memang benar sesuatu itu harus diperjuangkan, seperti ke air terjun Tumpak Sewu ini, setelah melakukan Trekking sahabat dapat menikmati secara lebih dekat suasana air terjun , tetapi tetap ya perlu kehati-hatian jika ingin melakukan swafoto ataupun video.

4. Telaga Biru

Setelah puas bermain dan menikmati air terjun Tumpak Sewu, sahabat juga dapat menikmati dan bermain air seperti berenang dapat di Telaga biru yang berlokasi tidak jauh dari air terjun Tumpak Sewu

5. Goa Tetes

Sebenarnya sebelum air terjun Tumpak Sewu hits dan terkenal, goa tetes ini merupakan destinasi pertama yang sering para traveller datangi, tetapi untuk menikmati keindahannya harus melakukan trekking, karena hanya dapat dinikmati jika sudah sampai di bawah, tidak seperti air terjun  Tumpak Sewu yang dapat dinikmati melalui gerbang panorama saja.

Demikian pengalaman  menelusuri kendahan alam air terjun Tumpak Sewu di Lumajang, semoga sahabat  semangat dan sehat terus untuk mencapai beberapa hal  yang diinginkan terutama menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia tercinta ini, Aminn. Selanjutnya pergi ke destinasi mana lagi ya? Marlinajourney.com

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *