Menikmati Kesejukan Tempat Wisata Di Bandung Selatan

Menikmati Kesejukan Tempat Wisata di Bandung Selatan

0 Shares

Siapa yang tidak kenal dengan Bandung, yang memiliki beragam destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh para pejalan atau traveller guna menghilangkan penat seminggu bekerja, selain tempatnya tidak terlalu jauh untuk dikunjungi , destinasi yang dapat dinikmati sangat beragam bukan hanya spot The Great Asia Africa saja yang instagramable. Kali ini aku mau mengajak sahabat untuk menikmati kesejukan tempat wisata di Bandung selatan, ada yang sudah pernah ke sana belum ?

Untuk berkunjung ke Bandung Selatan jika menggunakan kendaraan sendiri dari Jakarta rutenya menuju tol Cipularang. lalu ke pintu tol Kopo menuju Soreang , Ciwidey dan Kawah putih. Jika menggunakan kereta api setelah sampai sahabat dapat menyewa kendaraan bermotor dapat dilakukan  dengan jarak selama kurang lebih 2 jam dari stasiun Bandung. Berikut ini tempat wisata di Bandung Selatan yang dapat sahabat nikmati.

Kawah putih

ini adalah salah satu tempat wisata di Jawa barat yang terletak di desa alam Endah Kecamatan Rancabali kabupaten Bandung, tepatnya di jalan Soreang ciwidey sekitar 50 km selatan kota bandung , yang terletak di kaki gunung Patuha. Kawah putih merupakan sebuah  danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha.

Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Danau kawah putih sendiri berada pada ketinggian 2.194 m tapi luas total danau kawah putih 25 ha yang dipakai wisata 5 ha dan lokasi kawah sendiri 3 ha. Meski keberadaannya sudah diketahui sangat lama , masyarakat Indonesia baru menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata pada tahun 1987. Saat itu pemerintah orde baru melalui PT Perhutani (persero) Unit III Jawa Barat dan Banten menjadikan kawah putih sebagai lokasi wisata menurut wikipedia.

Tempat wisata yang pernah menjadi background salah satu scene di film Heart . Kawah putih Bandung merupakan sebuah landscape alam berupa danau dengan bau belerang yang sangat kuat, karena mempunyai ketinggian 2.194 m sehingga tak heran jika suhu di kawasan ini sangat dingin, berkisar antara 8-22 derajat celcius . Tapi tetap seru kok untuk menikmati kawah putih . Untuk memasuki daerah kawah putih harus menggunakan mobil dengan harga sebesar Rp. 45.000,- perorang ( HTM dan angkot mobil ).

Walaupun harus memakai penutup jika masuk ke area kawah putih , memang wajib pakai masker untuk memasuki kawah putih sebelum ada wabah covid-19,memang wajib memakai masker agar bau belerang yang menyengat tidak terhirup. Walaupun demikian tetap saja membuat para pengunjung ingin berlama-lama duduk menikmati pemandangan yang disajikan, tapi jangan terlalu lama juga ya sahabat karena bau belerang yang bisa terhirup tak baik untuk tubuhmu.

Menikmati kesejukan Kebuh teh Rancabali

Setelah menikmati kawah putih,  aku teringat teman blogger Balikpapan  Kak Aisyah yang sedang  menikmati kebun teh, akhirnya aku melanjutkan untuk mengelilingi dan menikmati kebun teh Rancabali, dengan naik sedikit ke daerah kebun teh yang terhampar hijau di sisi jalan yang telah dipangkas apik sehingga memanjakan mata, sepintas kebun teh ini menyerupai karpet hijau raksasa.

Kebun teh Rancabali merupakan kebun teh yang berada diatas ketinggian 1.628 mdpl. Dengan udara yang sangat sejuk dan masih sangat asri, pemandangan alam yang terlihat sangat mempesona.  Jalan menuju kebun teh Rancabali memang cukup berkelok-kelok, apalagi naik motor hawa sejuk dan dingin akan menyusup ke dalam tubuh walaupun sudah menggunakan jaket, namun justru itulah yang membuat kawasan wisata ini semakin unik, sahabat dapat mendokumentasikan dengan berfoto atau video.

Pinisi Resto & Glamping lakeside

Di sini sahabat bisa menikmati udara yang sejuk, pemandangan yang asri, menggunakan perahu dari Situ Patenggang  dengan membayar sebesar Rp. 50.000,- sudah diantar pulang pergi.  Wisata ini memiliki konsep yang unik dan menarik dengan icon kapal terdampar. Sahabat dapat menikmati makanan enak dan mengasyikkan diatas kapal dengan ditemani pemandangan kebun teh yang asri  serta Situ Patenggang yang eksotis,  melakukan swafoto di jembatan yang ada di bawah dan jembatan menuju perahu Pinisi Resto.

Jika sahabat ingin lebih lama menikmati kesejukan di Pinisi resto & glamping lakeside tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat menginapnya juga Tent Resort , tempat camping yang menghadap tepat ke danau Situ Patenggang yang sangat indah menjadikan suasana yang tenang dan romantis.

Selain itu banyak juga wahana bermain yang tidak kalah mengasyikan, diantaranya teras bintang yang dapat digunakan untuk berburu sunset, taman angsa.

Jadi gimana sahabat? sudah ada rencana untuk mengeksplore Bandung Selatan? menikmati kesejukan tempat wisata di Bandung selatan merupakan sensasi tersendiri, ditambah dengan menggunakan motor, cocok untu menghilangkan penat dari berbagai aktivitas kerja, merefresh diri, atau hanya sekedar mencari spot terbaik untuk update sosial media, lumayan kan !! tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan ya, jangan sampai lengah.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu  biar bisa mengekspore wisata yang ada di Indonesia .

 

Marlinajourney

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

9 thoughts on “Menikmati Kesejukan Tempat Wisata di Bandung Selatan

  1. Beluuummm…aku belum sampai ke sini mbakk…Wajib aku coba nih… Keren banget lokasinya. Apalagi ada kapal terdampar gitu.. Huhuhu… Jadi mupengkan 🧐

  2. udah lama pengen banget camping di glamping campside. Salah satu sahabat pernah beberapa kali camping disini, mana kesananya dia naik sepeda pula bareng teman temannya.

    Lihat suasana dan pengalamannya itu yang bikin mupeng. Cuman setiap kali mudik ke Bandung, selalu malas macet yang dijadikan alasan untuk pergi ke daerah itu.

  3. Kak Inna Aku belum tahu wisata Bandung nih pengen someday kesana. Trims rekomendasi wisatanya ya 😍😍

  4. Aku belum sempat ke perkebunan teh karena musim hujan kala itu, jadinya ya hanya sampai kawah putih aja… Padahal seru ya ke perkebunan teh, adem dan menyenangkan

  5. Mau banget ke Bandung Selatan Mbak… Tempatnya sejuk juga ya kayanya. Pastinya menemukan banyak keunikan di sana. Ah, jadi makin mupeng ke Bandung.

    1. Bandung Selatan memang sejuk dan pemandangan hijau terbentang luas di sana, ayo Kak ke Bandung

  6. Kakka bawa aku ke sana. Jadi pengen liburan ke bandung aku tu. Banyak objek wisata yg bisa dieksplor ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap