Self Love Cara Bersyukur Kepada Sang Pencipta

Self Love Cara Bersyukur Kepada Sang Pencipta

0 Shares

 

Self love cara  bersyukur kepada sang pencipta, terdengar seperti mementingkan diri sendiri sekali, tidak dong.  Dengan cara ini justru menjadi lebih baik agar sehat dan bahagia. Pernah aku diposisi saat semua temanku sudah mendapatkan pekerjaan, sampai dengan saat semua temanku sudah menikah akupun belum. Pernah sampai menggerutu kepada Allah,  kenapa sih kok hidup aku tidak seperti si A yang kariernya mapan,  mempunyai keluarga dengan pasangan penyayang dan bahagia,  ada apa denganku? apa yang salah denganku ? Allah tidak sayang dengan aku?  itulah yang ada dalam perasaanku.

Apa itu Self Love

Mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan , self love mengharuskan sahabat untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Self love merupakan aspek penting dari kesehatan mental saat self love diterapkan sahabat akan merasa lebih mudah untuk berfikir positif termasuk saat marah, kecewa, atau sedih karena hal tersebut adalah bentuk dari penerimaan diri.

Jika sahabat tidak mencintai diri sendiri maka otomatis juga tidak mencintai Allah SWT yang menciptakan, dalam sebuah hadist qudshi yang cukup populer di kalangan ulama sufi disebutkan”barang siapa mengenal dirinya maka dia akan mengenal Tuhannya, mencintai diri sendiri beda dengan mengagumi diri sendiri atau dalam Islam disebut sebagai Ujub.

Mencintai diri sendiri berasal dari lubuk hati , dari jiwa yang paling dalam dengan tulus tanpa pamrih sedangkan mengagumi diri sendiri itu atau ujub itu dapat diartikan dengan sifat yang membanggakan diri sendiri secara berlebihan atau yang biasa dikenal dengan narsis.

Sifat ini termasuk sifat tercela dan merupakan penyakit hati yang harus dihindari oleh umat Islam sebab ujub dapat memunculkan sifat riya dan sombong, ada beberapa yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT namun pada kenyataannnya masih banyak yang belum memahami konsep mencintai diri sendiri.

Self love cara bersyukur kepada sang pencipta yang aku lakukan 

Sebagai manusia aku juga harus mampu mengenal dan mencintai diri sendiri, sebagaimana Allah SWT mencintai makhluknya, untuk dapat semakin mengenal dan mencintai sang pencipta . Imam Ghazali mengatakan bahwa menyayangi diri sendiri itu sama dengan menyelamatkan dirinya dari azab Allah, selama menjauhi dosa serta melakukan tobat,amal shaleh dengan ikhlas sebelum menyelamatkan orang lain  yang tertuang dalam kitab Mukasyafatul qulub.

Sesungguhnya mencintai diri sendiri merupakan bagian amanah dari Allah swt mencintai diri dengan cara menerima segala kekurangan yang ada pada diri dan mensyukuri kelebihan yang diberikan sang pencipta. Jika diciptakan dari Allah yang maha mencintai, tidak ada alasan untuk  tidak mencintai diri sendiri bukan. Dengan adanya konsep mencintai diri sendiri , sahabat tidak akan mengambil keputusan yang akan merusak apa yang telah Allah berikan. Hal ini dapat terjadi karena sahabat akan menghargai dan menjaga apapun yang Allah amanahkan seperti tubuh, hati dan pikiran . Self love merupakan bentuk cinta kepada Allah SWT.

Saat aku melihat orang lain dalam hal ini temanku, aku mulai berfikir bahwa ada yang salah dalam diriku , tidak menerima diriku apa adanya, selalu saja melihat temanku yang sudah lebih dahulu kariernya naik, mempunyai pasangan dan bahagia.  Untuk menepis hal itu, aku mulai mencoba membenahi diri untuk self love cara bersyukur kepada sang pencipta dengan :

  1. Berfikiran positif untuk diri sendiri sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, atau biasa disebut afirmasi diri
  2. Tidak memberikan label negative kepada diri sendiri , jangan biarkan nilai atau persepsi negative menguasai kehidupan, seperti rasa insecure atau rendah diri, terlebih jangan sampai merusakkan diri  dengan perbuatan kita sendiri
  3. Memberikan waktu untuk diri sendiri atau disebut me time dengan melakukan hal positif yang disukai dan membuat bahagia seperti travelling, melihat keindahan alam, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan diri sendiri dan menciptakan perasaan yang lebih baik terhadap kehidupan.
  4. Menjalani gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta halal, istirahat yang cukup , tidak mengkonsumsi minuman keras, narkoba, dan hal lainnya yang dilarang Allah SWT, rajin berolahraga agar selalu terjaga kesehatan dan kebahagiaan diri sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri
  5. Untuk menjaga kecantikan bathiniah sebagai bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri , maka harus menjauhkan diri dari perasaan fikiran dan perasaan negative seperti sombong, bangga diri, iri dan dengki, buruk sangka, marah,  suka pamer dan berbagai pikiran dan perasaan negative lainnya. Menjaga diri dari seluruh hal negative yang akan merusak diri  baik lahir maupun bathin itulah bentuk rasa cinta  kepada diri sendiri
  6. Saat merasa putus asa jangan menunggu untuk mendapatkan kesempatan, cari solusinya atau lakukan hal lain yang akan membuat jadi produktif dan maju.
  7. Mencari lingkungan yang positif karena  dengan lingkungan yang positif dan baik akan sangat membantu
  8. Hati-hati dengan ucapan, sesuai pepatah yang mengatakan ucapan adalah doa, kalau negative lama-lama akan percaya. Aku sesuai prasangka hambaku, maka ucapkan sesuatu yang baik.

Itulah beberapa self love cara bersyukur kepada sang pencipta yang aku lakukan, terimalah diri apa adanya kemudian cari tahu apa yang sahabat benci, sukai, cintai dan hargai agar bisa menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri .

Semoga sahabat mendapatkan keindahan dan ketenangan dalam menjalankan peran sebagai seorang muslim untuk self love , karena identitas diri tidak ditentukan oleh orang lain melainkan diri sendiri oleh karena itu harus bangga dan yakin dengan diri sendiri agar bisa menghiraukan kritik subjektif orang lain.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia selalu.

Marlinajourney.com

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap