RS Premier Bintaro Memberikan Penanganan Scoliosis Terbaik

0 Shares

Yeayyy… akhirnya aku berkumpul lagi nih dengan kawan – kawan yang sudah 2 tahun ini hanya bertegur sapa lewat media sosial. Oh iya saat mendengar kata RS apa sih yang terbesit dalam benak sahabat semua? serem , baunya nggak enak karena baunya hanya obat-obatan, ya iyalah namanya juga rumah sakit euyy, eitss nanti dulu yang ini RSnya seperti masuk ke Mall loh, yang ruangan lobbynya aja ada sturbuck, ruang tunggunya juga terasa cozy banget, yang membuat betah dan nyaman. Nah, pada hari tepatnya tanggal 9 Juni 2022 aku menghadiri acara health talk mengenai mitos, fakta dan penanganan idiopatik skoliosis bersama blogger and vlogger gathering dimana RS Premier Bintaro memberikan penanganan Scoliosis terbaik loh. Penasaran dong dengan scoliosis .

Rumah Sakit Premier Bintaro

Salah satu pelopor rumah sakit swasta terbesar di wilayah Tangerang Selatan, Jl. MH Thamrin No. 1, Sektor 7 Bintaro Jaya, Kota Tangerang Selatan, mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998 dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, dan pada tanggal  12 Agustus 2010, Rumah Sakit Internasional Bintaro mengganti nama menjadi Rumah Sakit PREMIER BINTARO. Perubahan nama rumah sakit dilakukan untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku tentang Rumah Sakit Indonesia Kelas Dunia, dengan konsep desain RS yang unik, cozy dan nyaman untuk pasien maupun yang menunggu pasien.

Rumah Sakit Premier Bintaro adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang terakreditasi menggunakan standar Joint Commission International ( JCI ) edisi ke empat. JCI adalah organisasi akreditasi internasional, bagian dari Akreditasi Komisi Gabungan Organisasi Perawatan Kesehatan (JCAHO-USA).

Filosofi, “People Caring for People”, mencerminkan komitmen terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan – tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar internasional, juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten. “People Caring for People” – komitmen yang membuat layanan berbeda dari RS yang lain.

RS Premier Bintaro adalah bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia

Melakukan hospital tour RS Premier Bintaro

Beruntung sekali  sebelum acara health talk dimulai aku dan kawan-kawan blogger,  vlogger  melakukan hospital tour terlebih dahulu, baru tahu kan namanya hospital tour wkwkw, iya acaranya dimulai dengan berkeliling ruangan fasilitas yang terdapat di RS premier Bintaro,  dimana dari 50 orang peserta dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang dengan berbeda lokasi kelilingnya, penasaran dong kemana aja aku di RS premier Bintaro. ehh pertama masuk aku sudah disambut oleh robot namanya DARBY , yang bisa menunjukkan ruangan yang akan dituju.

1. Skin & laser clinic

Fasilitas pertama yang aku kunjungi adalah ruangan skin & laser clinic, ini merupakan layanan terbaru  di RS Premier Bintaro yang memiliki laser terbaik di Eropa namanya FOTONA laser, dimana laser ini dapat digunakan untuk :

  • Mengurangi kerutan halus dan pigmentasi
  • Mengurangi bekas jerawat (scar)
  • Menghilangkan tatto
  • Snoring atau mengorok
  • vagina tightening

rs-premier-bintaro-memberikan-penanganan scoliosis-terbaik

2. Ruang konsultasi

Jika sahabat sudah mengetahui apa yang dikeluhkan dan dirasakan maka sahabat harus ke ruang konsultasi terlebih dahulu setelah itu ada rujukan bahwa apa yang sahabat derita dan hal apa yang selanjutnya dilakukan, maka sahabat harus ke ruang konsultasi

3. Ruang terapi spine annex

Ruangan terapi ini adalah tempat dimana dilakukannya terapi atas pasien scoliosis dengan perlengkapan dan dibawah pengawasan dokter yang ahli dalam melakukan terapi ini, dengan ruang dan fasilitas yang lengkap di RS premier Bintaro ini.

4. Ruang Stroke center

Tempat dimana untuk menangani pasien yang mengalami stroke , dimana terdapat team untuk penyakit stroke sehingga harus berkoordinasi dengan dokter saraf

5. Ruang radiologi

Memiliki beberapa modelitas seperti citiscan, rontgen, USG, mamograpi dan mempunyai teknologi yang terbaru namanya MRI 3 tesla  yang sumbernya magnet, dapat menampilkan organ tubuh terkecil  serta koil huis dimana benda ini dapat menangkap radio frekwensi yang satu-satunya di Indonesia adanya hanya di RS Premier BIntaro  serta  air koil yang memiliki chanell tinggi ,  berbentuk selimut yang mempunyai berbagai ukuran Small, Medium, Large,  jika mempunyai kesulitan untuk pemeriksaan secara tiduran, maka dengan menggunakan air koil   bisa memeriksa tulang belakang pasien dan  pembuluh darah tanpa menggunakan zat kontras. ruang radiologi ini menampilkan ruangan yang sedemikian rupa agar pasien  nyaman, rilex dan tidak takut.

Ini merupakan layanan unggulan yang dimilikiRS Premier Bintaro adalah Vascular Center, yang dapat mengatasi problem pembuluh darah secara terpadu dan  komprehensif. Kehadiran layanan yang luar biasa ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh layanan lengkap dan terpadu dalam satu atap, dari penyaringan, terapi obat, terapi bedah dan non-bedah hingga kebutuhan pasien. Didukung oleh ahli bedah vaskular terbaik dan infrastruktur yang memadai, menjadikan Vascular Centre Premier Bintaro Hospital sebagai pilihan pertama dan rujukan nasional untuk orang yang membutuhkan.

rs-premier-bintaro-memberikan-penanganan-scoliosis-terbaik
metode MRI 3 tesla , koil huis dan air koil  doc.pribadi

Sejak 1998, RS Premier Bintaro telah diakui keahliannya di bidang layanan ortopedi. Perawatan ortopedi ditangani secara menyeluruh dengan dukungan spesialis ortopedi dari berbagai subspesialisasi mulai dari Bedah Tulang Belakang, Bedah Pinggul & Lutut, Bedah Tangan hingga Bedah Ortopedi terkait Olahraga.Salah satu layanan terbaik adalah Ramsay Spine Center, yang merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua masalah tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Dengan tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialis (spesialis bedah tulang belakang, spesialis neurologi & sub-neuro-fisiologi, spesialis kedokteran fisik & rehabilitasi, dan spesialis radiologi).

Setelah melakukan hospital tour lalu dilakukan dengan healthy talk mengenai Scoliosis oleh Dr Asrafi Rizki Gatam SpOT ( K Spine )

Apa itu Scoliosis

kelainan tulang belakang dengan keadaan miringnya tulang belakang ke arah samping dan disertai dengan adanya rotasi pada tulang belakang

Penyebab Scoliosis

Ada beberapa penyebab scoliosis seperti :

  • Idiopatik,  tidak diketahui penyebabnya , paling sering ditemukan umumnya pada perempuan usia remaja
  • Neuromuscular,  gangguan fungsi saraf dan kelainan otot
  • Congenital , kelainan bawaan , ada bagian tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna

Tanda dan gejala scoliosis

Pada umumnya tidak ada gejala. biasanya Scoliosis tidak sengaja terlihat seperti bahu yang tidak simetris , terdapat punuk di punggung, payudara terlihat besar sebelah, sering terasa pegal pada punggung atau pinggang

Diagnosis dini

Pasien harus melakukan pemeriksaan rutin,  jika perempuan usia 10 tahun dan 12 tahun sedangkan laki2 usia 12 atau 13 tahun dengan cara melakukan :

  • Pemeriksaan tapis
  1. pemeriksaan fisik
  2. scoliometer
  3. moire topography
  4. humpometer
  5. plumb line test

Akurasi pemeriksaan tapis mencapai 93,8% (sensitivitas) dan 99,2% (spesifisitas)

  • Pemeriksaan saat berdiri tegak:

     Memiliki bahu kanan dan kiri sama tinggi, tonjolan scapula kanan dan kiri sama tinggi, lipat pinggang kanan dan kiri sama tinggi, panggul kanan dan kiri sama tinggi, jarak siku kanan dan kiri ke batang tubuh harus sama, Pemeriksaan saat membungkuk (adam forward bending test), tonjolan punggung atas kanan  dan kiri sama tinggi

Kapan perlu ke dokter

Saat bahu tidak sama tinggi, tonjolan scapula tidak sama tinggi, lipat pinggang tidak sama tinggi, panggul tidak sama tinggi, jarak siku ke batang tubuh tidak sama, tonjolan punggung atas/bawah kanan dan kiri tidak sama tinggi, solusinya ke RS Premier Bintaro memberikan penanganan Scoliosis terbaik

Tujuan pengobatan scoliosis

menghentikan pertambahan kurva scoliosis, menjaga keseimbangan tulang belakang,mengurangi nyeri,melakukan koreksi scoliosis, dengan pengobatan scoliosis maka akan menghambat perburukan kelengkungan, memperbaiki scoliosis. Adapun hal yang pertama kali harus dilakukan dalam melakukan pengobatan scoliocis adalah:

  • observasi,  sudut < 30 derajat dan latihan fisik
  • orthosis (brace),  sudut 30-40 derajat  memiliki kurva antara 20-40 deajat pada masa pertumbuhan dengan penggunaan brace selama 23 jam dalam 1 hari
  • Operasi,  hal ini dapat dilakukan jika sudut > 40 derajat yaitu kurva diatas 45 derajat , merasakan nyeri yang hebat serta adanya ketidakseimbangan tulang belakang walaupun dibantu dengan menggunakan brace kurva tetap bertambah.

Dengan dilakukannya operasi maka semakin cepat semakin baik karena operasi relatif aman, daapat meminimalkan risiko kelumpuhan dan fungsi saraf di monitor ketat oleh dokter spesialis saraf selama operasi, serta meminimalkan risiko kematian karena telah dikontrol pendarahan dan fungsi jantung paru oleh dokter anestesi

Scoliosis idiopatik merupakan keadaan yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya , maka sahabat perlu melakukan deteksi dini untuk mencegah pertambahan kurva menjadi besar. segera ke dokter bila ditemukan tanda scoliosis, tetap  lakukan olahraga walaupun tidak dapat mencegah pertambahan sudut dan mengurangi sudut scoliosis.

Peran olahraga pada scoliosis

tidak ada pembatasan olahraga, karena dengan melakukan olahraga maka dapat mengurangi rasa pegal pada punggung , selalu latih core muscle meliputi berenang, yoga, pilates, kick boxing.

Kesimpulan 

Scoliosis ini merupakan penyakit kelainan tulang yang belum diketahui apa penyebabnya, namun harus segera diatasi apabila sudah merasakan perbedaan pada kurva tubuh, melakukan olahraga secara rutin latih selalu core muscle bagian perut dan tubuh bagian belakang, dan langsung segera lakukan operasi jika memang harus dilakukan operasi untuk mieminimalkan risiko kematian dan risiko kelumpuhan. Jika hal ini terjadi maka RS Premier Bintaro memberikan penanganan scoliosis terbaik.

Terima kasih sudah mau mampir , semoga bermanfaat salam sehat dan bahagia selalu

Marlinajourney.com

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap