IKMFKUKI Mengadakan PKMGEMAS Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMP SMA Pancar Bakti Bogor

0 Shares

Sebagai salah satu pelayanan kesehatan masyarakat IKMFKUKI (Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia) mengadakan PKMGEMAS penyuluhan kesehatan reproduksi remaja di SMP SMA  Pancar Bakti, Bogor tepatnya berlokasi di Cimandala gunung Pancar, karang tengah Bogor dengan dokter muda sebanyak 35 orang dan didampingi oleh 4 orang dokter senior. Acara yang diadakan pada hari jum’at tanggal 16 September 2022 mulai jam 7.30 – 15.30 WIB 

Alhamdulillah akhirnya setelah melakukan kegiatan secara online selama 2 tahun, sekarang mulai ada kegiatan yang diadakan secara online, dan ini dilakukan oleh Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (IKMFKUKI). Agar remaja sehat dan mencintai diri maka harus diberikan pembekalan ilmu mengenai kesehatan terutama reproduksi karena salah satu yang harus dijaga.

Acara tersebut diberikan penyuluhan kesehatan serta pengetahuan dasar kesehatan reproduksi pada remaja bagaimana fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Tidak hanya bebas dari penyakit tetapi sehat baik fisik , mental maupun sosial seperti bagaimana membersihkan organ intim laki-laki serta bagaimana wanita menghadapi mentruasi, apa yang menjadi mitos, biasanya ditemukan  dari mulai nggak boleh potong rambut, gunting kuku, makan makanan pedas,  minum es dan sebagainya 

Mengenal kesehatan reproduksi pada remaja

IKMFKUKI mengadakan PKMGEMAS Gerakan Remaja Sehat dengan tema cintai diri dengan mengenal kesehatan reproduksi. Dimana pada usia remaja adalah masa transisi yang ditandai dengan berbagai perubahan mulai dari emosi, psikis dan fisik dengan ciri khas yang unik. Bagi remaja penting untuk mengenal dan mendapatkan informasi yang tepat mengenai kesehatan reproduksi dengan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi. 

Sebagai salah satu bagian dari mata kuliah  ilmu kesehatan masyarakat yang wajib dijalankan oleh seluruh Co-ass. IKMFKUK mengadakan kegiatan ini secara kontinyu yaitu setiap 10 minggu sekali , dengan lokasi yang berbeda. Salah satu kerjasama pemerintah daerah untuk mendukung program yang sudah ada di daerah masing-masing. Kegiatan ini merupakan salah satu penilaian dari mata kuliah ilmu kesehatan , yang mana susunan kegiatan ini dimulai dari merencanakan , melaksanakan dan mengevaluasi 

Acara ini sangat fun karena diselingi dengan acara games dimana untuk penyuluhan kesehatan reproduksi ruang kelasnya dipisahkan antara pria dan wanita, moderator untuk pria sendiri adalah Lamria Agnes Meilani, S Ked sedangkan untuk wanita Valentine Kanetty , S Ked. Setelah permainan games workshop dilanjutkan kembali. 

Dalam workshop dijelaskan bahwa remaja harus mengenal kesehatan reproduksi dengan cara menjaga organ reproduksi seperti :

  1. Menggunakan handuk bersih, kering, lembut , tidak lembab dan bau
  2. Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat,
  3. Mengganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari, 
  4. Untuk Perempuan, sesudah buang air kecil membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidak masuk ke dalam organ reproduksi 
  5. Untuk laki-laki , dianjurkan untuk disunat atau dikhitan agar mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual serta menurunkan risiko kanker penis dan kanker rahim pada istrinya

Pada masa remaja merupakan masa pubertas dimana banyak perubahan fisik, emosi dan psikis yang membuat remaja lebih ekspresif dalam mengeksplorasi organ kelamin dan perilaku seksualnya. Agar pengetahuan dan persepsi remaja tidak salah salah tentang seksualitas maka  peran orang tua dan guru menjadi penting dalam mendampingi remaja dan menemukan informasi reproduksi yang tepat.

Mengenal mentruasi 

Tanda pubertas pada perempuan adalah mentruasi atau haid , dimana mentruasi merupakan peluruhan lapisan dalam dinding rahim (endometrium) yang banyak mengandung pembuluh darah yang terjadi setiap bulan berlangsing selama 5-7 hari . Hal yang biasa dialamai saat mentruasi berbeda-beda setiap perempuan, tetapi ada beberapa yang merasakan kram atau sakit , untuk mengurangi hal tersebut dapat dikompres istirahat yang cukup olahraga terutama jalan. 

Hal yang harus dilakukan para remaja agar cintai diri untuk menghindari permasalahan kesehatan reproduksi kemudian hari seperti:

  1. Hindari seks pra nikah 
  2. Hindari pernikahan dini

Setelah workshop selesai, agar mengetahui seberapa jauh SMP SMA Panca Bakti Bogor memahami apa yang telah dipaparkan oleh para moderator Co-ass maka dilakukan post test,  setelah itu acara ditutup dengan pembagian hadiah dan plakat serta menari dan juga pembagian sembako.

Semoga para Co-ass dan dokter senior dapat terus memberikan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya ke daerah yang benar-benar membutuhkan karena kurangnya  informasi yang didapatkan. Semangat para remaja sehat cintai dirimu untuk masa depanmu.

Salam sehat dan bahagia selalu

 

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *