guru-inovatif

GuruInovatif.id Salah Satu Upaya Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru.

0 Shares

Guru memiliki segudang kewajiban, diantaranya merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal dalam melaksanakan tugas mulia sebagai pendidik (UU Guru dan Dosen (UUGD) Pasal 14 dan 20). Menjadi guru itu kelihatannya gampang, sepertinya hanya memberikan tugas, mengawasi, lalu selesai. Pada zaman digital seperti sekarang ini terdapat perbedaan pengajaran guru, dimana dahulu guru hanya mengajarkan kurikulum yang sudah tersedia, dengan melalui tatap muka, tetapi sudah beberapa bulan ini, sejak pandemi melanda di Indonesia semua kegiatan pengajaran dilakukan di rumah termasuk sekolah.

Sekolah dilakukan di rumah, dimana guru dan murid berada di lokasi terpisah melalui teknologi internet sehingga saling terhubung, otomatis guru harus mampu mempersiapkan untuk melakukan pengajaran dari rumah melalui Pengajaran Jarak Jauh (PJJ), pernah suatu ketika aku mendengar keluhan dari seorang anak yang melakukan pembelajaran dari rumah, gurunya hanya memberikan tugas saja dalam pengajaran online, sehingga membuat anak sekolah jenuh dengan metode pembelajaran seperti itu.

Proses penyampaian materi oleh guru kepada siswa dirasa kurang maksimal dengan cara membebani tugas, banyaknya jam kosong dll), dan juga masih ada guru-guru yang memanfaatkan waktu istirahat siswa/i bisa sore/malam dan hari libur) untuk mengadakan ulangan, tidak seperti saat melakukan offline.

PJJ (pembelajaran Jarak Jauh) : pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya, pembelajaran elektronik ( e-learning) atau pembelajaran daring(online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Aspek pengajaran yang perlu ditingkatkan pada PJJ

Ketersediaan fasilitas yang mendukung Pengajaran Jarak Jauh, durasi jam pelajaran, sistem mengajar oleh para guru, kesadaran dan semangat siswa untuk mengikuti PJJ, pengawasan keberlangsungan PJJ oleh guru atau orangtua.

Upaya meningkatkan kualitas guru

Guru adalah figur seorang pemimpin, arsitek yang dapat membentuk karakter dan watak peserta didik. Seorang guru mempunyai kekuasaan untuk membentuk dan membangun kepribadian seorang peserta didik untuk untuk menjadi orang yang berguna bagi agama , nusa dan bangsa , mempersiapkan manusia susila yang cakap dan dapat diharapkan dalam membangun dirinya serta negaranya.

Sebagai pendidik guru mempunyai peran lain yang harus dilaksanakan seperti orang tua bagi anak-anaknya.Guru harus pintar serta berkualitas,karena itu dalam rangka menjamin mutu pendidikan yang baik.Upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kualitas guru terdiri dari berbagai macam jenis seperti :

Upaya yang diprogramkan sekolah

sebagai program yang sengaja dilakukan oleh sekolah seperti IHT (In House Training).

Upaya yang hanya mengikuti pihak lain.

Dimaksudkan sebagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak lain seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), dan Studi lanjut tetapi perlu juga mengadakan training, bagaimana murid memberikan penjelasan dengan pemikirannya tidak digiring dengan guru, sehingga disini perlu adanya training coaching .

Mengapa harus di Guruinovatif.id

Salah satu upaya meningkatkan mutu kualitas pengajaran guru adalah dengan mencari tempat belajar guru. Salah satunya di guruinovatif.id merupakan platform online learning bersertifikat untuk guru di seluruh Indonesia, agar dapat melatih kemampuan guru dalam mengajar dan membangun ketrampilan guru dengan beberapa fitur mulai dari kursus online webinar, sertifikasi guru dan berbagai program online lainnya, dalam bentuk inovasi digital di bidang training guru.

Sebagai upaya untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia, mengasah kemampuan guru Indonesia secara terus menerus melalui pelatihan guru dengan pengembangan metode pengajaran di kelas dan metode pembelajaran serta pengembangan kurikulum sekolah. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas pendidikan Indonesia di tengah keterbatasan ruang dan waktu yang dikembangkan oleh HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) yaitu sebuah lembaga yang didirikan Yayasan Hasnur Centre mengenai layanan konsultasi pendidikan

Hafecs membuat program online course dalam menghadapi era saat ini agar semangat belajar tetap terfasilitasi dan terus berkembang dan mengupgrade diri bahkan pada saat-saat yang tak terduga seperti kala pandemic covid ini. melatih kemampuan berpikir kritis siswa dan experiential learning.

Kelebihan dari Guruinovatif.id

Dalam melakukan pelatihan guru, sahabat jangan takut memilih guruInovatif. GuruInovatif memiliki beberapa kelebihan seperti :

  1. Memiliki trainer terbaik , profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan serta tersertifikasi Internasional yang telah bekerja rata-rata lebih dari 10 tahun di bidang pendidikan dengan 1 master
    trainer dan 5 trainer.
  2. GuruInovatif.id telah dipercaya oleh guru dan pegiat pendidikan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, sebanyak 50.000 guru dan pegiat pendidikan, 10.000 sekolah dan instansi, 300 pelatihan yang ditawarkan dan sudah hadir di 300 kota/kabupaten
  3. Kemudahan akses guru belajar dimana saja , kapan saja : guruinovatif membuat cara paling mudah untuk guru belajar hanya perlu melalui 5 proses untuk dapat langsung mendapatkan fasilitas dari guruinovatif dan belajar bersama trainer berpengalaman, dapat diakses dari mana saja dari seluruh penjuru indonesia di berbagai alat komunikasi baik laptop maupun smartphone
  4. Harga program online yang sangat terjangkau .

Yang dapat mengikuti pelatihan guru di guruinovatif.id

Guruinovatif.id dapat diikuti oleh :

  1. Guru yaitu segala jenjang guru dari kepala sekolah hingga guru kelas tingkat paud hingga SMA baik negeri maupun swasta.
  2. Praktisi pendidikan yaitu peneliti disebuah perguruan tinggi, universitas, dan lembaga setara.
  3. Sekolah yaitu lembaga penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran bagi siswa-siswi
  4. Calon guru yaitu mahasiswa yang telah lulus di perguruan tinggi dan belum mengikuti pelatihan menjadi seorang guru

Program pelatihan guru di Guruinovatif.id

GuruInovatif menghadirkan berbagai pilihan program pelatihan guru secara online baik kursus dan webinar untuk guru Indonesia untuk mengasah kemampuan mengajar meliputi :

Online certifications

  • Investasi mulai Rp. 65.000
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan a-sertifikat lirsus 32JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 2 jam

Mini courses

  • Investasi mulai Rp. 25.000
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan a-sertifikat kursus 16JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 30 menit

Productivity Courses

  • Gratis
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan a-sertifikat kursus 4JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 10 menit

Innovation school leaders and teachers ISLTF

  • Gratis / VVIP
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan a-sertifikat kursus 4JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 60 menit
Guru Inovatif.id Salah Satu Upaya Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru.

Cara mengikuti pelatihan guru di guruinovatif.id

Cara mengikuti pelatihan guru di guruinovatif.id, masuk ke google search untuk membuat akun guruinovatif.id lalu klik daftar , lalu isi biodata setelah lengkap klik register lalu masuk klik menu online course di sana sahabat akan menemukan pilihan kursus/kelas modul online course, lalu lakukan pembayaran , mulai kursus dan dapatkan fasilitas pelatihan guru. course ini menyediakan berbagai macam paket modul video yang membahas teaching mastery framework , banyak sekali course yang diberikan guruinovatif.id dari yang free sampai yang berbayar, tetapi tenang saja biayanya terjangkau.

Guru Inovatif.id Salah Satu Upaya Penambahan Mutu Kualitas Pengajaran Guru.

Dengan mendaftar pada tempat belajar guru secara online dan mengikuti progran pelatihan guru online yang terdapat di guruinovatif.id sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu kualitas pengajaran guru, tidak hanya teori, praktik dengan memberikan pengajaran yang nyata di kelas, peserta diajak aktif untuk mengeksplor pengetahuannya dengan berbagai konteks dan analogi yang telah ditentukan oleh trainer diberikan dalam kelas, diimbangi dengan ice breaking. Disediakan video pengajaran dengan berbagai mata pelajaran yang dapat diakses oleh guru , dilengkapi dengan fasilitas e-sertifikat guru dan ruang diskusi dengan trainer terbaik, sehingga setelah dilakukan pelatihan ini akan terjadi perubahan mutu kualitas guru di seluruh Indonesia seperti :

  1. Guru lebih familiar dengan teknologi
  2. Guru akan lebih update terhadap perkembangan zaman
  3. Guru akan lebih open minded
  4. Guru akan lebih inovatif
  5. Guru akan lebih kreatif
  6. Guru bersertifikasi dan berkualitas

Jika hal ini tidak diperhatikan oleh para guru, maka apa yang akan terjadi untuk generasi para penerus selanjutnya. Untuk itu diperlukan kesadaran para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar dapat open minded, dan konsisten serta keterpaksaan para guru untuk membaca buku lagi, berdiskusi , menghadiri seminar baik offline maupun online untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Guruinovatif.id salah satu upaya meningkatkan mutu kualitas pengajaran guru.

Peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan mutu pendidikan dipengaruhi oleh faktor yaitu faktor yang satu saling berpengaruh terhadap faktor yang lainnya. Namun demikian, faktor yang paling penting adalah guru, karena hitam-putihnya proses
belajar mengajar di dalam kelas banyak dipengaruhi oleh mutu gurunya. Guru dikenal sebagai “hidden currickulum‟ atau kurikulum tersembunyi, karena sikap dan tingkah laku, penampilan profesional, kemampuan individual, dan apa saja yang melekat pada pribadi seorang guru, akan diterima oleh peserta didiknya sebagai rambu-rambu untuk diteladani atau dijadikan bahan pembelajaran.

Bagi sebagian besar orangtua siswa, sosok pendidik atau guru masih dipandang sebagai wakil orangtua ketika anak-anaknya tidak berada di dalam keluar. Upaya peningkatan mutu ini menjadi penting dalam rangka menjawab berbagai tantangan terutama globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pergerakan tenaga ahli (ekspatriat) yang sangat masif. Maka persaingan antarbangsa pun berlangsung sengit dan intensif sehingga menuntut lembaga pendidikan untuk mampu melahirkan output pendidikan yang berkualitas, memiliki keahlian dan kompetensi profesional yang siap menghadapi kompetisi global.

Guru merupakan ujung tombak untuk membenahi layanan pendidikan. Keberhasilan guru haruslah diubah, yaitu dapat mendidik dan mengantarkan seluruh siswa berprestasi, tanpa diskriminasi. Guru yang hebat itu bisa mengantar semuanya menjadi pintar, dan sekolah favorit itu bisa mengantar seluruh siswa menjadi pintar, berharap para guru dapat lebih meningkatkan kontribusinya untuk mendukung pembangunan SDM Indonesia guna menyongsong bonus demografi.

Upaya meningkatan mutu pendidikan merupakan tantangan terbesar yang harus segera dilakukan oleh pemerintah (kemendiknas). Maka dari itu perlulah adanya upaya meningkatkan kualitas guru untuk pendidikan yang lebih baik.

Yuk segera daftarkan diri sahabat untuk pelatihan guru di guruinovatif.id guna menambah skill pengajar sehingga akan memberikan pendidikan yang berkualitas , dimana akan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar untuk belajar, sehingga dapat mengikuti bahkan menjadi pelopor dalam pembaharuan dan perubahan dengan cara memberdayakan sumber-sumber pendidikan secara optimal melalui pembelajaran yang baik dan kondusif.

Youtube mengenai pelatihan guru di guruinovafif.id

Referensi : Guruinovatif.id

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap