Media Sosial

Waktu Terbaik Untuk Memposting Di Media Sosial

0 Shares

Sering main media sosial, sering juga posting di media sosial atau hanya mencari tahu tentang mantan ?. Tidak dapat dipungkiri dengan semakin majunya suatu negara, banyak sekali perubahan yang terjadi, seperti sekarang ini semua orang pasti mencari suatu informasi hanya dengan mencari kata kunci dapat diperoleh apa yang dinginkan. Pada dasarnya media sosial itu dapat digunakan dengan baik dan bijak sesuai dengan apa yang ingin sahabat hadirkan. Kembali lagi kepada tujuan awal sahabat mempunyai media sosial, seperti yang telah dibahas oleh Kak Maria.Tahukah sahabat bahwa ada waktu terbaik untuk memposting di media sosial. Kapan sih waktu terbaiknya ? Yuks disimak ulasanku.

Apa sih Media Sosial itu ?

Saat ini banyak sekali yang mempergunakan media sosial untuk bermacam- macam kepentingan mulai dari ingin eksis sampai yang memang mencari nafkahnya melalui media sosial. Apa media sosial itu ? menurut wikipedia media sosial yaitu salah satu alat untuk memberitahukan sesuatu adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jenis Media Sosial

Semakin hari banyak media sosial yang ada jenisnya bermacam-macam. Inilah beberapa jenis media sosial pada saat ini yaitu :

Blog

Blog memang sudah ada sejak zaman dahulu. Sahabat dapat bercerita atau memberi informasi yang bermanfaat dan ingin diberikan oleh semua orang sehingga orang membacanya. Belakang ini blog banyak digunakan kembali oleh khayalak ramai untuk tempat memperkenalkan suatu usaha. Blog juga dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan.

Instagram

Merupakan album foto digital sebab penggunanya bisa meng-upload foto maupun video mereka sehingga bisa dilihat oleh banyak orang sesama pengguna Instagram. Aplikasi satu ini memang sedang booming pada saat ini.

Twitter

Merupakan tempat salah satu aplikasi berkirim pesan atau bertukar informasi. Namun, jika sahabat ingin bertukar informasi atau membalas pesan menggunakan Twitter sahabat harus menyisipkan tag kepada alamat yang dituju.

Facebook

Aplikasi yang mana berupa akun yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai macam orang di seluruh dunia. Aplikasi  ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa membuat penggunanya bisa mengunggah  foto maupun video dan juga melakukan pesan wall to wall.

Youtube

Media sosial ini merupakan salah satu tempat orang untuk bisa melihat berbagai macam video yang mana sedang viral pada saat ini. Banyak orang juga yang memanfaatkan Youtube sebagai salah satu sumber penghasilannya yaitu dengan menjadi youtuber dengan membuat berbagai konten video menarik.

Tiktok

Saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial ini , dimana sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendirinya unntuk membuat video musik berdurasi pendek.

Linkendin

Jejaring sosial yang mempunyai konsep unik, di mana sebagian besar penggunanya adalah profesional yang memiliki latar belakang bisnis. Layaknya sebuah identitas,kerap dijadikan media untuk memperkenalkan diri atau bisnis ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan yang beragam.

Baca juga: Optimalisasi blog melalui instagram

Tujuan Media Sosial

Eksistensi diri. 

Media sosial sangat membantu sahabat untuk eksistensi diri seperti menampilkan keahlian yang sahabat miliki,apa yang ingin sahabat capai? Bagaimana kesan di mata rekan-rekan kerja dan kerabat? Semuanya bisa ditata dengan rapi di media sosial. Positifnya, dapat memperluas jaringan profesional, meningkatkan karier untuk bisnis sahabat atau mencari pekerjaan baru, mereka bisa mencari nama sahabat dengan mudah di media sosial dan mengetahui rekam digital sahabat dengan baik. 

Dapat teman baru. 

Media sosial membantu mengembangkan koneksi sosial dari waktu ke waktu. Tidak sulit untuk mencari teman zaman sekarang, cukup “berselancar” di depan laptop dan membuka media sosial, sahabat bisa mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Ssst, hebatnya lagi, sahabat dapat memiliki banyak teman dari berbagai Negara loh! Jadi, sahabat dapat mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan mereka, atau belajar bahasa baru dari mereka. Sudah punya banyak teman, dapat ilmu gratis lagi. Kurang apa lagi ya kan? satu lagi siapa tau jodoh.

Interaksi dengan produsen. 

Jika sahabat mempunyai toko atau bisnis maka dapat melakukan promo atau hadiah kepada konsumen setia, dapat juga memberikan interaksi berupa kritik dan saran, untuk menyampaikan aspirasi konsumen. Sekarang interaksi antara keduanya benar-benar menjadi sangat mudah. Bahkan, masyarakat Amerika yang terkenal sebagai Negara maju juga sangat menyetujui hal ini loh. 

Menemukan Pekerjaan Baru. 

Jika sahabat ingin mencari mencari pekerjaan, tidak perlu berjalan kaki dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Melalui ponsel atau laptop sahabat dapat melamar pekerjaan di tempat yang sahabat inginkan , sederhana dan mudah, bukan? 

Menemukan Kandidat untuk Pekerjaan. 

Jika sahabat seorang wirausaha, pebisnis atau pemilik perusahaan? Atau mungkin seorang HRD perusahaan? Nah, media sosial membantu memudahkan untuk bisa mencari kandidat-kandidat berkualitas untuk posisi pekerjaan yang sahabat tawarkan. 

Silaturahmi dengan teman atau kolega. 

Pteman atau kolega tetapi bingung untuk berinteraksinya karena sudah tidak menemukan kontaknya sama sekali, lewat media sosial dapat memudahkan sahabat untuk mencari teman lama, bertegur sapa, bahkan bertemu mereka kembali secara tatap muka, seperti yang biasa kita sebut sebagai reuni. Bisa juga silaturahmi dengan kita menemukan teman lama dengan mencarinya di media sosial ataupun sebaliknya.

Waktu Terbaik Untuk Memposting di Media Sosial

Ternyata untuk memposting di media sosial itu, ada waktunya loh, gak asal posting-posting saja, inilah waktu terbaik untuk memposting di media sosial antara lain:

Rabu untuk media sosial Instagram

Nah ini cocok dipakai buat sahabat yang mau jadi selebgram, waktu posting untuk media sosial instagram ialah hari Rabu, yang aku tahu sih memang hari baik itu Rabu ya soalnya Dirut tempat aku kerja mengadakan acara dari meeting biasa sampai yang sosialisasi aja dia selalu menentukan hari Rabu, ehh ga ada hubungannya ya. Tapi bener hari Rabu merupakan hari yang banyak orang membuka instagram. Waktunya dalam sehari itu berkisar jam 11 AM – 1 PM ( diantara waktu makan siang ), lalu jam 7 PM – 9 PM setelah bekerja.

Setiap hari untuk media sosial Twitter

Waktu yang tepat adalah antara jam makan siang yaitu jam 12 – 1 PM. Setiap hari adalah waktu terbaik untuk posting karena banyak yang tertarik dengan berita-berita di media sosial twitter ini.

Kamis -Minggu untuk media sosial Facebook

Waktu yang tepat untuk posting di media sosial facebook diantara jam kerja yaitu jam 1- 4 PM. Untuk mendapatkan ketertarikan pemirsa untuk hadir adalah hari libur, makanya hari terbaik untuk posting adalah Kamis sampai Minggu, dan jangan posting di hari selasa.

Kamis dan Jum’at untuk media sosial Youtube

Nah, jika sahabat ingin menjadi youtuber , harus mengetahui jam tayang yang baik yatu 12 PM- 4PM dan jam 9 AM – 11 AM. Hari baik untuk memposting yaitu hari kamis dan jumat sebab banyak yang melihat youtube hari Sabtu dan Minggu jam 9-11 AM

Setiap hari untuk media sosial Blog

Untuk memposting artikel di media sosial blog ini disesuaikan dengan konsistensi sahabat, jika memang dapat melakukannnya setiap hari itu lebih baik,jika tidak bisa paling minimal 1 kali dalam sebulan juga tidak apa-apa, tetapi jika ingin mengurus dan profesional dalam blog, maka harus melakukan jadwal posting agar tidak terlalu lama pembaca setia sahabat menunggu artikel baru terbit.

Setiap hari untuk media sosial Tiktok

Waktu terbaik untuk posting video di media sosial tiktok adalah setiap hari pada jam 12.00 – 13.00 siang, jam 16.00 sore, dan jam 19.00 – 23.00 malam.

Selasa sampai Kamis untuk media sosial Linkedin

Waktu terbaiknya untuk posting di media sosial linkedinpada hari Selasa sampai hari Kamis pada jam 10 -11 AM selama jam kerja, jika sahabat merupakan para profesional, pencari klien atau sedang personal branding boleh posting di media sosial ini.

Nah, itulah waktu terbaik untuk memposting di media sosial yang sahabat miliki, gimana tertarik untuk mempraktekkannya ?

0 Shares

11 komentar untuk “Waktu Terbaik Untuk Memposting Di Media Sosial”

  1. Untuk mendapat like maupun respon komentar dari pengguna medos lain ternyata ada trik nya ya mba, yaitu di jam tertentu disaat pengguna lain pulang setelah bekerja.
    Dulu biasanya sih ngasal posting aja, tapi makin kesini aku ikutin ritme nya.

  2. Bacaan ipeh

    Posting di medsos juga bisa jadi media untuk portfolio ya, kak. Jadi, saat ada yang mau bekerjasama tinggal liat aja medsosnya gitu. Aku sampai saat ini belum konsisten posting di waktu ramai. Masih sesempatnya aja. Harus dibenahi nih, biar optimal medsosnya

  3. kalau untuk saya sosial media itu branding diri, kita tuh mau dikenal sebagai apa dan siapa sih. nah itu. selain itu juga memberitahukan tulisan kita agar dibaca dan manfaaatnya bisa dirasakan banyak orang. makasih mba sharingnya.

  4. Wah ternyata ada waktu2 nya ya kak..kalo aku masih sesempatnya aza..duh masih jauh nih dalam memanfaatkan media sosial..harus lebih memanajemen waktu ya sepertinya..

  5. Mbak makasih infonya lho, selama ini asal post aja pantas er ku anjlog banget. Aslinya aku orangnya malasan main sosmed. Disosmed kan banyak banget lingkaran yang kepo dengan hidup kita wkwkk

  6. Media sosial itu seperti mata pisau. kalau bisa menggunakannya dengan tepat maka akan memberikan keuntungan dan manfaat yang banyak. Tetapi jika tidak bisa menggunkan dengan baik, maka akan merugikan orang lain juga membunuh diri sendiri

  7. Aku yang nggak punya Tik tok dan LinkedIn, kadang suka upload di hari Rabu sih buat Instagram, tapi biasanya balik lagi ke konten. Kalau kontennya bagus biasanya hasilnya juga bagus.

  8. Yaa ampuun aku baru ngeh lho yang begini-begini. Selama ini posting ya posting aja, gak pernah mikir jam terbaik, apalagi hari. Wakakak. Kecuali akun IG online shop, klao ini perlu di prime time.

  9. Waktu terbaik ini sama untuk semua orang gk ya kak? Trus apakah waktu terbaik ini bisa berubah seiring perubahan kondisi sosial?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap