Agar Travelling Nyaman Konsumsi Makanan Kaya Serat

0 Shares

Serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.ada banyak manfaat yang dirasakan tubuh dengan mengkonsumsi makanan kaya serat.Untuk menjaga tubuh agar terhindar dari gangguan pencernaan, sehingga terhindar dari gangguan wasir dan sembelit.  Apalagi sahabat yang biasa travelling. Agar travelling nyaman konsumsi makanan kaya serat  wajib ada. Makanan yang berserat tinggi bisa sahabat dapatkan dalam berbagai makanan. Dengan asupan serat yang diperoleh dari buah,sayur dan kacang-kacangan. Tahukah sahabat makanan apa saja yang mengandung serat ?

Serat itu apa sih ?

Serat adalah sahabat paling baik bagi pencernaan dan merupakan karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah,sayur,dan biji-bijian. Selain membuat rasa kenyang lebih lama, serat ampuh untuk mengatasi sembelit, membantu menurunkan kolesterol, dan berbagai masalah gangguan  pencernaan.

Jenis Serat

Serat terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Serat tidak larut merupakan  Serat  yang tidak dapat larut dalam cairan. Serat ini berfungsi membantu mencegah sembelit. Biasanya serat jenis ini ditemukan pada biji-bijian, sereal gandum, dan sayuran seperti wortel,seledri dan tomat
  2. Serat  larut merupakan serat yang larut dalam air akan menyerap cairan sehingga wujudnya akan mengental  dalam pencernaan.  Serat ini membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol . Serat jenis ini bisa ditemukan pada bubur gandum, kacang-kacangan, apel, buah pir, dan buah beri.

Pilihan makanan yang paling alami dan tidak melewati terlalu banyak proses olahan, maka akan semakin tinggi seratnya. Selain itu semua buah dan sayuran mengandung serat . Kebanyakan serat terkandung dalam kulitnya . itu berarti memakan apel,pir, anggur dan jambu dengan kulitnya lebih baik, dengan syarat terlebih dahulu dibersihkan serta mencuci buah sampai bersih. Beikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk makanan kaya serat yaitu :

  1. Biji-bijian dan gandum seperti bubur gandum(oatmeal) , kuaci dan chia seed. Biji-bijian sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan, mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar
  2. Roti terutama jenis roti gandum
  3. Buah – buahan seperti  buah pir , alpukat, kiwi, anggur, raspberry, pisang dan blackberry
  4. Sayuran seperti brokoli, tomat, wortel dan sawi

Salah satu makanan kaya serat dan pas untuk dikonsumsi ketika pencernaan sedang mengalami masalah, karena olahan gandum satu ini kalorinya sangat rendah. Biji-bijian sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan, mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar.

Makanan kaya serat

 Manfaat dari makanan kaya serat

Selain terbukti menurunkan berat badan. Ada beberapa keuntungan lain diantaranya adalah:

1. Membantu menjaga kesehatan usus

Yang terkandung dalam makanan, meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Jika makanan yang sahabat konsumsi membuat feses lebih cair , serat akan membantu memadatkannya karena serat menyerap banyak air. Selain itu makanan kaya serat dapat menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan serta gandum membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.makanan yang kaya serat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula dalam darah .Mengurangi risiko diabetes (kencing manis)

Agar travelling nyaman konsumsi makanan kaya serat , yang dapat sahabat pilih menjadi konsumsi harianmu. Rajin mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Travelling lancar dan pencernaanpun baik berkat selalu mengkonsumsi buah.

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

44 thoughts on “Agar Travelling Nyaman Konsumsi Makanan Kaya Serat

  1. Jangan sampai kegiatan traveling menjadi tidak lancar karena pencernaan yang tersumbat.. kurang serat menyembabkan sembelit dan membuat sakit..ayo makan serat

    1. hahahaha seperti iklan suatu produk kak, tapi yang benar memang makanan
      kaya serat itu dibutuhkan kak apalagi saat travelling , wajib ada biar
      travellingnya tidak terganggu.

  2. Buat saya pribadi serat itu penting biar gak masalah sembelit selama traveling. Kekeke. Serat juga bikin perut lama kenyang. Jadinya bisa puas explore tempat wisata ya.

    1. nah bener banget ini biar travellingnya ga terganggu ya kak, paling gampang
      sedia buah-buahan apalagi di tempat travelling bisa beli dulu di pasar tradisional
      gitu.

  3. Apa yang masuk ini emang bener2 ngaruh ke badan ya kak. Kemarin saya bebas bgt makan goreng2, makan micin langsung deh ngefek ke tenggorokan yang emang sensitif. Setelah saya kurangi Alhamdulillah tenggorokan berasa enak

    1. Benar sekali kak, makanya kurangi micin dan gorengan dan diganti dengan
      makanan kaya serat, pasti travellingnya lancar

  4. Saya kira makanan kaya serat ini hanya untuk melancarkan sistem pencernaan. Rupanya manfaatnya banyak sekali ya? Mulai sekarang kayaknya saya harus rajin makan makanan kaya serat ini supaya kesehatan lebih terjaga☺

    1. nah bener banget kak, makanan kaya serat itu memang sangat diperlukan loh,
      apalagi saat travelling biar nyaman harus konsumsi dan sedia makanan kaya serat
      seperti buah-buahan

  5. Wah ini penting banget. Makanan sehat, di kala jaman serba waspada begini. Pokoknya jaga kesehatan masing-masing itu penting banget ya Mbak.

    1. Iya bener kak jaga kesehatan penting sekali , makanan kaya serat wajib ada kak
      selalu sehat ya kak.

  6. Memang serat itu penting banget ya mbak. Kalau pas traveling eh sembelit duh gak enak banget jadinya. Bikin gak nyaman dan mood jadi buruk.

  7. Yah, kebutuhan serat tubuh memang sangat penting sih. Salah satunya biar nggak sembelit. Karena sembelit itu nggak enak banget euy…

    1. nah bener banget kak, apalagi sembelit saat melakukan travelling itu
      ga enak banget kak, selalu siapin makanan kaya serat deh kak.

  8. benar sekali kak, aku juga salah satu orang yang menjaga pola makan, tidak asal asal makan, dan tiap hari aku selalu sempatkan makan buah seperti pisang dan tomat.

    1. Bagus banget itu kak , makan buah dan jaga pola makan sehingga travelling
      juga tidak terganggu kak.

  9. Nah benar, serat itu penting buat traveling. Teman saya yang hobinya traveling juga selalu menyajikan makanan atau buah agar percernaannya lancar.

    1. selalu bawa makanan kaya serat deh kak, agar pencernaannya lancar
      memang buah salah satunya dan gampang juga dibelinya, biar travellingnya
      tidak terganggu.

  10. Serat penting bgt ya, traveling sm bicah2 jg hrs sedia buah nih. Buah memang selain enak juga praktis (kaya pisang, apel,kelengkeng, manggis dst) drpd bocah2 ngemil ga jelas kaya ciki sm permen hehehe

    1. Benar sekali itu kak penting makanan kaya serat dikonsumsi apalagi sama
      bocil ya tidak boleh sembarangan makannya. paling aman ya makanan kaya
      serat supaya travellingnya pun berjalan lancar.

  11. Waah aku baru tahu kalau makanan kaya serat bisa menurunkan kadar kolestrol juga. Banyak sekali ternyata ya manfaat makanan kaya serat ini termasuk saat travelling. Makasih sharingnya 🙂

    1. iya kak makanan kaya serat itu bagus dan banyak manfaatnya, apalagi saat
      travelling harus ada makanan kaya serat kak, biar travellingnya tidak terganggu.

  12. Bener tuh.. Tetap konsumsi makanan berserat walaupun sedang traveling. Selain tidak sembelit, kenyang lebih lama dan untuk jaga kesehatan

    1. iya kak wajib ada makanan kaya serat walau sedang travelling, supaya tidak terganggu
      travellingnya

  13. Nah, bener nih. Kami usahakan mencari buah sih walau di tempat wisata juga. Kalau kepepet banget, memang selalu bawa suplemen serat juga, v*g*ta. Biar lancar…

    1. iya dong kak, makanan kaya serat gampang kok carinya, biar travelling tidak
      terganggu kak, selalu siapin makanan atau camilan kaya serat.

  14. Wah, saya kalau makan pear, apel dan anggur malah selalu dikupas dan dibuang kulitnya. Salah ya, padahal bagian itu yang paling banyak seratnya

    1. katanya sie memang kulitnya yang lebih baik kak, tapi jangan lupa dicuci
      bersik dulu buahnya kak.

  15. Bener nih, biar saat traveling nanti stamina tetap terjaga dan siap jalan-jalan sepuasnya deh.

  16. Sebuah pengingat yang baik nih. Dewi kalau travelling juga suka beli buah yg sdh dikupas di mini market terdekat, atau pling mudah beli pisang. Walau travelling kita perlu jaga pola makan ya mbak:)

    1. iya bener kak, makanan kaya serat tuh sangat diperlukan apalagi saat travelling
      agar terjaga pola makannya.

  17. nah bener banget Mba. Aku pernah traveling pas ke KL waktu itu dan baru senang-senangnya makan nasi kandar, dimana minim serat waktu itu. Hasilnya, perutku bebelen mba.. bikin jadwal BAB kacau.. hahaha.

    1. wahh tidak enak ya kak kalau sedang travelling terjadi sesuatu dengan pencernaan
      kita, lebih baik sedia selalu makanan kaya serat kak biar travellingnya tidak terganggu

  18. Serat ini memang penting banget buat pencernaan, aku selalu diwanti-wanti sama orangtuaku buat nanti pas merantau buat jangan lupa makan makanan berserat supaya pencernaan bisa lancar

    1. Iya penting sekali kak, makanan kaya serat itu wajib dikonsumsi kak, biar
      apapun kegiatan yang dilakukan berjalan lancar.

  19. Penting banget ya mkn serat ini, soalnya klo traveling mkn pasti tak teratur otomatis pencernaan jd terganggu dan pengeluaran Mknan jg tersendat ..pantes ya klo traveling ku suka susah kebelakang kyknya kurang serat nih wkwk

  20. Dengan adanya makanan yang penuh kaya akan serat apalagi dengan wabah corona seperti ini pasti bisa hidup sehat dan lancar BAB

  21. aku kalau makan sayur mood mood-an hahaha
    sebenernya nggak baik juga, kalo sayurnya cocok sih bisa lahap

  22. kebutuhan serat gak.lupa terpenuhi karena di perjalanan pun nyemilnya buah. berhenti di kota lain pun belinya rujak. makannya gado2. wkwkw

  23. Sari penjelasan di atas, berarti saya banyak mengkonsumsi serat dong karena bahan makanan tersebut sering ada dirumah saya. Sip deh infonya.

  24. Wah berarti kebutuhan serat saya di cukup terpenuhi dong ya. Karena bahan makanan di atas sering ada di rumah saya 😂

  25. Seratus persen setuju, Mbak. Tapi kadang lidah ini bandel juga. Merasa masih ada kurang kalo belum makan gorengan. 🙈 Habis makan 3 biji, baru deh menyesal. 🤣

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap