Keindahan Wisata Bali Timur Yang Sangat Menarik

Keindahan Wisata Bali Timur Yang Sangat Menarik

0 Shares

Ting.. ting, suara WA di hp berbunyi pertanda aku harus siap-siap berangkat ke bandara Halim Perdanakusuma, jam sudah menunjukkan pukul 20.00 aku bersama 6 kawanku akhirnya berangkat ke Bali, alhamdulillah tidak ada delay. Aku sudah membayangkan menikmati keindahan wisata di Bali Timur di awal tahun 2020, sebelumnya aku sudah mempersiapkan dengan matang untuk rencana liburanku kali ini setelah membaca tips melakukan travelling dari teman blogger Tuban kak Masruhin Bagus yang punya jejakruang.com

Aku menggunakan pesawat yang berpantun, alhamdulillah lagi diberikan makan malam di dalam pesawat ( so special karena belum makan dari pulang kantor tadi ). Perjalananpun tepat di Bali pada jam 1.00 dinihari, dimana aku telah mempersiapkan orang untuk menjemput , tetapi apa daya aku telp ternyata orang tersebut mengira aku datang jam 1.00 siang.

Akupun menunggu di mushola Bandara, untuk minta solusi agar aku tidak hanya menunggu di Mushola dan mengecewakan beberapa kawanku, aku kirimkan hasil percakapan karena aku masih menyimpan di chat WA kemarin. Setelah menunggu sekitar 1 jam akhirnya kamipun dijemput dengan mobil dan supir penggantinya.

4 Destinasi wisata di Bali Timur

Kamipun menuju ke Destinasi wisata di Bali Timur yang konon katanya perlu waktu antri lama yaitu :

1. Wisata Lempuyang temple

Lempuyang temple berada di daerah karang asem yang menempuh jarak sekitar 4 jam, yaitu pukul 5.30. ternyata belum ada sesi perfotoan yang konon katanya sangat antri jika sudah siang ke Lempuyang temple ini, Harga tiket masuknya sebesar Rp. 10.000,- (untuk donasi).

Untuk memasuki wilayah ini tidak boleh menggunakan baju terbuka, dan harus memakai kain dengan harga sewa Rp. 10.000,- ( jika sahabat membawa kain boleh mempergunakannya sehingga tidak perlu bayar untuk sewa kain). Kamipun diberikan Nomor antri untuk 1 nomor antri bisa 3 atau 4 orang.

Pura Penataran Agung Lempuyang adalah sebuah pura yang terletak di lereng gunung Lempuyang di Karangasem Bali. Pura ini dianggap sebagai bagian dari komplek pura dan sangat dihormati di Bali dan merupakan pura tertinggi di puncak gunung Lempuyang dan enam tempat suci dunia , enam tempat sembahyang paling suci di Bali, sehingga jika sahabat ke pura Lempuyang ini dalam keadaan sedang halangan /datang bulan (penyakit bulanan perempuan) maka tidak diizinkan memasuki area pura.

Lempuyang-Temple-Wisata-Bali- Timur

Jangan kecil hati walau sahabat tidak bisa masuk ke area pura, sahabat dapat menikmati keindahan gunung lempuyang di luar pura , karena disediakan tempat wisata selfi dengan membayar Rp. 10.000,- dapat berfoto dengan 3 sesi.

Setelah itu kamipun mencari makan karena perutku sudah lapar, tetapi susah sekali mencari tempat makan halal sepanjang karangasem, untungnya ketemu dengan penjual ayam seperti saban gitu, perutkupun terisi dan siap melanjutkan perjalanan.

2. TirtaGangga

Setelah selesai menelusuri pura lempuyang dan sekitarnya serta sudah mengisi perut, kamipun melanjutkan ke TirtaGangga yang merupakan bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur Pulau Bali, sekitar 5 km dari karangasem, dekat gunung agung. Taman in terkenal dengan istana airnya yang dimiliki oleh kerajaan Karangasem. Harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000,-/orang

TirtaGangga-Wisata-Bali-Timur

Luas area dari taman TirtaGangga 1,2 hektar yang memanjang dan membentang dari arah timur ke barat. terdapat tiga tingkatan bangunan, Bangunan tertinggi terdapat mata aiir yang berada di bawah pohon beringin , bangunan level kedua, terdapat kolam renag dan yang paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur.

3. Desa panglipuran

Salah satu desa adat dari kabupaten Bangli , dan pernah mendapatkan Kalpataru dari pemerintah atas usahanya melindungi hutan Bambu di ekosistem tahun 1995. Harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- biaya parkir Rp. 5.000,-

4. Tukad Cepung

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, Karena disilaukan oleh cahaya matahari sekilas air terjun ini, tampak seperti air terjun yang jatuh dari langit . Untuk memasuki air terjun ini berdonasi Rp. 10.000,- . Air terjun ini terletak di kabupaten Bangli tepatnya di Jl. Tembuku, dusun Penida Kelod.

Itulah perjalanan awal tahun aku menyambut tahun baru dengan menikmati keindahan wisata di Bali Timur yang sangat menarik, gimana sahabat sudah pernah mengunjungi wisata di Bali Timur ?

Baca juga : Air terjun Banyumala di Bali Utara

0 Shares

16 komentar untuk “Keindahan Wisata Bali Timur Yang Sangat Menarik”

  1. Masruhin

    Travelling rame2 pasti seru ya kak.. btw, itu pake paket travel agent atau mandiri kak?

  2. Bagus banget ya kak pemandangan Bali Timur duh kapan yak ke sana lagi Bali mana lagi yak yg belum dikunjungi hehehe

  3. Serunya bisa berwisata ke Bali Timur, pasti menyenangkan banget ya kak. Apalagi bisa mengunjungi di berbagai tempat yang terkenal di Bali Timur,tapi yang bikin aku penasaran tuh di Desa Panglipuran yang udah mendapat penghargaan Kalpataru dari pemerintah.

  4. Pemandangannya maasya allah banget ya, kak. Semoga setelah pandemi lewat, bisa mampir ke Bali juga. Kangen jalan-jalan

  5. keknya kalo ke Bali saya belum pernah ke sini nih. soalnya biasa main di Karangasem tempat bude pakde tinggal di sana. dan mainnya daerah sana aja sampai gunung agung haha. lain kali boleh nih ke bali timur jadi penasaran.

  6. Tiket masuk ke pura lempuyang lumayan terjangkau ya kak. Juga destinasi lain di Bali timur kayak Tirta Gangga juga desa panglipuran. Bali masih jadi wish list aku nih kak.. semoga tahun depan bisa liburan ke sana

  7. Wah bali timur ini indah banget tempat wisatanya ya kak. Htm nya pun sangat terjangkau oleh kantong, wah jadi pengen kesana ah. Tapi jadi dapat pelajaran nih minimal bawa bekal roti kali ya biar pas kelaparan minimal ada ganjalan sampai menemukan makanan yang halal

  8. Bali surganya wisata ya kak. Kalau aku punya kesempatan ke Bali kayak kakak hal yang pertama kulakukan adalah ngetes bahasa Inggrisku. hahaha. Kira-kira orang bule ngerti gak ya aku ngomong apa.

  9. Kangen Bali banget, tapi belum pernah Explor daerah ini..mudahan pademik berlalu jadi bisa liburan lagi

  10. sampai sekarang saya masih penasaran dengan Bali pastinya menyenangkan bisa traveling bareng

  11. Unik juga ya jalan-jalan di Bali. Ada yang diwajibkan make kain juga begitu. Baru tahu aku kalo ternyata memasuki wilayah wisata Bali masih ada yang seharga 10.000. kirain dah pasti ratusan ribu.

  12. Noted..dua kali ke bali… ga pernah ke sini… biasanya yang mainstream2 aja… harus coba juga ini ya kak..TFs Ya

  13. Bali dan Karimun Jawa yang lagi pengen dikunjungi. Saya bookmark deh postingan ini biarr bisa dibuka lagi pas bisa liburan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap