Menu Buka Puasa Sederhana

Menu Buka Puasa Sederhana di Bulan Ramadhan yang Bikin Kangen dan Populer.

0 Shares

Tidak terasa beberapa hari lagi akan memasuki bulan yang penuh berkah yaitu bulan suci Ramadhan, dimana setiap umat muslim melakukan kegiatan berpuasa, ada hal yang selalu dirindukan saat puasa Ramadhan yaitu berkumpul, bersilaturahmi dengan cara buka puasa bersama, tarawih ,itikaf, sahur maupun sahur bersama, pokoknya semua yang berurusan dengan kewajiban pada bulan Suci Ramadhan. Begitupun dengan menu yang tersaji baik menu buka puasa dan menu sahur yang berbeda dari biasanya. Buka puasa dan sahur adalah moment yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam. Apalagi buka puasa momentnya pasti sangat ditunggu ,setelah seharian penuh menjalankan ibadah puasa. Rasa haus dan lapar akan terobati dengan menyantap menu buka puasa yang dihidangkan biasa disebut takjil, bukan langsung menu utama seperti makan malam ya, selalu kangen dengan beberapa menu makanan yang hanya ada disaat bulan Ramadhan datang. Nah, sahabat kali aku membahas menu buka puasa sederhana yang bikin kangen dan populer di bulan Ramadhan apa saja , yuk disimak siapa tahu ada salah satu menu sahabat yang sama dengan aku.

Jenis Menu Buka Puasa Sederhana yang bikin kangen dan populer

1. Biji salak yang populer

Bukan biji salak buah ya tetapi ubi ,menu ini merupakan menu desert manis yang terbuat dari ubi yang direbus lalu diuleni dengan dibuat bola kecil-kecil dengan ditambah kuah santan atau ditambah pacar cina, rasanya yang enak, kenyal dengan citarasa manis legit dari saus gula jawa dan gurihnya dari santan sungguh pas dan nikmat dilidah terkenal sebagai sajian takjil pada menu buka puasa sederhana Ramadhan.

Menu Buka Puasa Sederhana biji salak

2. Timur suri yang bikin kangen

Buah timun suri ini bentuknya seperti buah pepaya tetapi dalamnya legit apabila mau membelinya harus yang dalam keadaan pecah sehingga ketahuan wanginya itu sangat enak sekali, entah mengapa es segar ini selalu mengalami puncak kejayaan di bulan Ramadhan hehe, yap buah ini rasanya sangat jarang dan hampir tidak pernah ditemukan selain di bulan ramadhan, dan sebaliknya setiap kali bulan Ramadhan sahabat selalu bisa menemui sepanjang jalan yang menjajakan buah khas Ramadhan ini . Cara penyajiannya yang sangat gampang, dengan cara di belah buahnya dan diambil dagingnya dengan sendok lalu ditambah sirup, dan susu kental manis atau ditambah potongan agar-agar dan lainnya, memang begitu segar dan nikmat disantap untuk berbuka puasa.

Menu Buka Puasa Sederhana di bulan Ramadhan yang bikin kangen dan populer

3. Kurma yang bikin kangen

Buah yang berasal dari timur tengah, selalu hadir di bulan suci Ramadhan meskipun dihari biasa kurma juga bisa di dapat di toko oleh-oleh khas arab tetapi di bulan suci Ramadhan sahabat bisa dengan mudahnya menemui buah manis yang satu ini di toko waralaba terdekat maupun di setiap acara buka puasa bersama, karena memakan buah kurma saat berbuka puasa  merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim.

kurma Menu buka puasa sederhana

4. Kolak yang populer

Menu ini juga salah satu menu dessert manis yang terbuat dari pisang dan ubi jalar yang direbus dengan kuah santan. Menu yang satu ini memang paling khas selama bulan suci Ramadhan, karena hampir setiap kali bulan suci Ramadhan, hampir pasti setidaknya satu kali dalam seminggu ada menu kolak di meja makan saat berbuka puasa , coba inget dehh. Makanya kalau tidak ada kolak tidak Ramadhan.

kolak pisang dan ubi

 5. Kue putu mayang menu buka puasa sederhana

Kue yang berbahan dasar berupa tepung beras yang bentuknya seperti mie yang digulung ini berbahan dasar tepung kanji atau tepung beras disajikan dengan campuran santan kelapa dan saus gula merah. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Kue ini merupakan salah satu makanan khas masyarakat betawi yang selalu ada di menu buka puasa.

Putu mayang

 

6. Kue lupis menu buka puasa sederhana

Kue yang terbuat dari ketan ini disajikan dengan diberi toping kelapa yang sudah diparut dan saus gula ini juga merupakan menu buka puasa yang sering terhidang di bulan suci Ramadhan.

kue lupis

7. Tahu isi yang bikin kangen

Menu makanan sederhana ini biasa disebut gorengan, aku senang apabila pengolahan tahunya diisi dengan bihun, kentang, dan wortel berbeda dengan gorengan abang-abang yang hanya diisi tauge, ini merupakan menu buka puasa yang bikin kangen.

tahu isi

Itulah menu buka puasa sederhana di bulan Ramadhan yang bikin kangen dan populer, karena selain bulan Ramadhan tidak ditemukan dan aku jarang buat di rumah. Apabila bulan puasa tiba, aku paling antusias membuat menu buka puasa hehehe, bisa menyesuaikan rasa manisnya, jangan terlalu manis nanti setelah Ramadhan timbul penyakit Diabetes tidak lucu. Eh bisa juga di seimbangkan dengan menu sahur sehingga kesehatanpun terjaga . Nah Adakah diantara menu buka puasa diatas menjadi menu favorit sahabat yang bikin kangen?

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap