Kartu Prakerja

Kartu Prakerja Bantuan Untuk Pelatihan dan Pengembangan Melalui Lembaga Pelatihan

0 Shares

Saat ini seluruh dunia sedang diuji dengan adanya Covid19, sampai saat ini justru beberapa negara dikonfirmasi bukan semakin berkurang, akan ada gelombang kedua pandemi yang berasal dari Wuhan China ini. Hampir 1 bulan lebih pandemi ini berlangsung. Untuk menahan penyebaran virus ini pemerintahpun mengeluarkan kebijakan pertama adalah social distancing atau pembatasan sosial ,mengajak masyarakat menjaga jarak dengan orang lain. Kebijakan kedua bekerja dari rumah atau wfh, harus menggunakan masker saat berada di luar rumah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). kebijakan ini membuat gerak warga sangat dibatasi dalam suatu wilayah sehingga membuat dunia usaha melesu, para pengusaha tidak bisa berjualan, terlihat saat ini semakin sedikit mayarakat pergi ke pusat pembelanjaan, banyaknya PHK. Pemerintahpun tidak tinggal diam, dikeluarkanlah kartu prakerja bantuan untuk pelatihan dan pengembangan melalui lembaga pelatihan pada pertengahan April 2020, Pernah sahabat mengetahui tentang hal ini, ingin tahu lebih lanjut? Coba simak Ya!!

Dampak dari Covid19

Dampak dari Covid19 banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya, dan para pengusaha mengalami kelesuan jualannya, namun tidak ada kesulitan yang tidak ada jalan keluarnya.

Salah satu kawanku seorang wirausaha kebingungan akan nasib karyawannya sebab tak ingin karyawannya dipecat, maka dirubahlah wirausaha dengan produk jualan masker yang dibuat sendiri bersama karyawannya dan dijual secara online, sebab dia pernah kena tipu saat membeli masker yang tidak ada di pasaran.

Setelah membuat masker dan jual secara online tidak serta merta selesai masalahnya, karena ada kebijakan pemerintah PSBB dimana keramaian skala besar tidak diperkenankan, akhirnya beberapa karyawan terpaksa di rumah saja.

Beberapa salon kecantikan dan toko offline fashionnya ditutup. Setelah mendengar kartu prakerja sudah dikeluarkan maka Cece menyuruh sebagian karyawannya mendaftar program kartu prakerja salah satunya bernama Ridwan yang mempunyai hobby menulis. Karena entah berapa lama usahanya akan bertahan ditengah ketidakpastian ini, lebih baik karyawannya mendaftar ke program kartu prakerja.

Apa itu Kartu Prakerja

Program kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah dan mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19.

Jenis pelatihan online kartu prakerja

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program kartu prakerja di masa wabah COVID-19 melalui lembaga pelatihan online. Platform digital bekerja sebagai mitra dengan program kartu prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolahmu dan Sisnaker.

Kelas Prakerja Skill Academy dapat dibeli di mitra platform digital seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Kemenko perekonomian sebagai ketua komite cipta kerja merupakan penanggung jawab program Kartu Prakerja dan Manajemen Pelaksana adalah pelaksana operasional program. Sahabat bisa memilih beragam jenis pelatihan, dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha.

Pelatihan yang bisa dipilih, antara lain: cara berjualan secara online, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain. Cek jenis – jenis pelatihan yang tersedia di situs mitra platform digital program kartu prakerja.

Sebagai bagian dari pelaksanaan Inpres No. 4 Tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), untuk memberikan perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah COVID-19 terhadap perekonomian nasional.

Komite mengambil langkah-langkah untuk mempercepat pelaksanaan program dan menyesuaikan fokus Program โ€œSesuai arahan Presiden Joko Widodo”. Program kartu prakerja kini telah disesuaikan tidak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda namun juga mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun, Semoga program ini dapat membantu daya beli para pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian.

Pendataan Penerima Kartu Prakerja yang terdampak wabah COVID-19 merupakan upaya lintas sektor yang melibatkan berbagai kementerian dan lembaga. Diharapkan kerja sama antar kementerian ini, program kartu prakerja dapat menyasar mereka yang paling membutuhkan.

Program kartu prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000. Pekerja formal/informal yang terdampak wabah COVID-19 dapat mendaftarkan diri di situs resmi Program kartu prakerja mulai minggu kedua April.

Manfaat program kartu prakerja

Manfaat kartu prakerja di tahun 2020 sebesar Rp. 3.550.000 terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp. 600.000 per bulan selama empat (4) bulan dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp.50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp. 150.000 per peserta.

Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali. Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan.

Bagaimana cara daftar akun kartu prakerja

Cara daftar akun Kartu Prakerja sangat mudah, sahabat bisa pakai email yang aktif. Langkahnya sebagai berikut :

  • Masukkan nama lengkap ,
  • email dan password,
  • Klik Daftar.
  • Menerima notifikasi,
  • Buka email dan lakukan verifikasi email
  • Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  • Pendaftaran berhasil.
  • Berhasil membuat akun Kartu Prakerja
  • Buka laman www.prakerja.go.id,
  • Klik Login atau Masuk pada Laman Depan,
  • Masukkan email dan password akun .
  • Klik Login, berhasil masuk ke akun.

Setelah berhasil daftar akun dan login akun, lalu masuk ke Dashboard akun. lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Isi verifikasi KTP
  • Klik Berikutnya
  • Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP
  • Lakukan Verifikasi Nomor Handphone
  • Klik Kirim
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No. HP
  • Klik Verifikasi.
  • Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar
  • Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.
  • Berikutnya kamu wajib melakukan tes Motivasi & Kemampuan Dasar
  • Klik Mulai Tes Sekarang
  • Setelah isi tes, hasil tes akan di evaluasi, mohon menunggu sebentar sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.
  • Pendaftaran sedikit lagi selesai, tinggal ikut seleksi Gelombang, pilihlah Gelombang yang diinginkan sesuaikan dengan domisili.
  • Tahap pendaftaran selesai!
  • Selanjutnya akan menerima notifikasi apakah lolos / bisa ikut Gelombang yang pilih di Dashboard akun.
  • Login ke akun, lalu cek di Dashboard , jika telah selesai evaluasi akan menerima notifikasi Lolos atau Tidak Lolos pada Dashboard akun.
  • jika lolos mendapatkan Kartu Prakerja, kamu harus memakainya di Mitra Platform Digital Pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima, dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan.
  • Jika sudah hangus atau kedaluwarsa maka saldo / pagu bantuan pelatihan akan di kembalikan ke rekening kas negara.

Skill academy by Ruangguru pilihan tepat sebagai lembaga pelatihan

Skill academy merupakan wadah lembaga pelatihan yang hadir menjadi solusi untuk meningkatkan technical dan soft skill di berbagai bidang yang dipersembahkan untuk para mahasiswa, professional , dan umum. Mulai dari kelas bisnis hingga hobi, semua ketrampilan tersedia di skill academy dan disampaikan langsung oleh para ahli dibidangnya .

Skill academy sudah dikenal memiliki reputasi sangat baik sebagai  platform lembaga pelatihan terbesar di Indonesia selama 1 tahun terakhir dan lebih dari 1.000.000 pekerja sudah memanfaatkan platform skill academy untuk meningkatkan kompetensi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Skill Academy kini merupakan murni lembaga pelatihan prakerja sehingga bisa berfokus memberikan layanan pendidikan dan pelatihan prakerja. Ketika menjadi mitra resmi platform digital, Skill Academy bekerja sama langsung dengan pemerintah menyelenggarakan program kartu prakerja sebagai marketplace bagi peserta prakerja.

Pilihan lembaga pelatihan di Skill Academy

Skill Academy memberikan 2 alternatif pilihan kelas yaitu kelas online satuan (hanya 1 kelas yang diikuti dan tidak mendapat tambahan keuntungan) dan paket kombo kelas online( mengikuti beberapa kelas, menerima tambahan insentif sebesar Rp. 100.000,- , gratis ruangguru selama 3 bulan dan dapat mengakses kelas-kelas yang telah diikuti selamanya.

Skill Academy
Jenis Pilihan Paket Kelas Online Skill Academy / Sumber Skill Academy

Manfaat pelatihan online di lembaga pelatihan Skill aAademy dengan memakai kartu prakerja

Skill Academy memberikan manfaat bagi pengguna kartu prakerja diantaranya adalah :

  1. Khusus pengguna kartu prakerja yang mengambil pelatihan paket prakerja senilai Rp. 1.000.000,- maka skill academy akan mendonasikan 10% dari nilai kelas sebesar Rp. 100.000,- akan ditransfer langsung ke rekening setelah melakukan pendaftaran untuk kelas, maka akan menerima tranfer dana sebesar Rp. 100.000,- kepada media pembayaran sebelumnya bisa lewat gopay, ovo link aja, maupun bni
  2. Mendapatkan langganan ruangguru gratis selama 3 bulan, jika memiliki anak di rumah, sekarang harus belajar di rumah akibat  situasi virus corona, anakpun dapat mengakses berbagai macam video belajar dari guru-guru terbaik, untuk mengikuti latihan soal , mengakses rangkuman dan berbagai macam fitur lainnya diaplikasi ruang guru secara gratis, ini sangat membantu sekali tidak hanya orangtua tapi anakpun dapat meningkatkan kompetensi dengan pelatihan. Keluarga juga bisa terbantu dengan adanya langganan ruang guru gratis ini
  3. Setiap kelas di skill academy diajarkan oleh para ahli, pakar-pakar terbaik dibidangnya , agar dapat membantu sahabat memperoleh penghasilan tambahan di masa covid19 ini ataupun digunakan setelah covid19 berakhir untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
  4. Fitur-fitur yang ada di skill academy telah dibuat sedemikian rupa sehingga membantu anda utuk bisa mengakses pelatihan jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat. Setelah menyelesaikan pelatihan akan langsung mendapatkan sertifikat yang langsung di tanda tangani oleh Dirut Skill academy. Sertifikat ini akan sangat  bermanfaat sekali untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang baru di masa mendatang dan tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dan lihat langsung di skill academy.
Kartu Prakerja
Sertifikat yang akan diterima setelah lulus ujian pelatihan di Skill Academy / Sumber idkholis.com

Paket kombo pelatihan di skill academy

Apabila mengikuti pelatihan paket kombo maka sahabat akan mendapatkan langganan ruangguru gratis selama 3 bulan, ini akan sangat membantu sekali jika sahabat memiliki anak di rumah, yang sekarang harus belajar dirumah akibat  situasi virus corona.

Anak-anak dapat mengakses berbagai macam video belajar dari guru-guru terbaik, mengikuti latihan soal, mengakses rangkuman dan berbagai macam fitur lainnya di aplikasi ruang guru secara gratis.

Bukan hanya sahabat yang dapat meningkatkan kompetensi dengan pelatihan  tapi keluarga juga bisa terbantu dengan adanya langganan ruang guru gratis ini . Ada 10 paket kombo kelas online di skill academy yang dapat diambil peserta kartu prakerja antara lain :

  1. Paket pelatihan Ojek Online ( 1 hari selesai)
  2. Sukses kerja sampingan di masa corona
  3. Kembangkan UMKM hingga kebanjiran order
  4. Teknik lamar kerja di masa corona
  5. Teknik lengkap menjual apapun dengan mudah
  6. Teknik lengkap memasarkan produk secara online
  7. Jago bicara depan umum berpenghasilan jutaan
  8. Belajar menulis konten berpenghasilan jutaan
  9. Menjadi youtuber berpenghasilan jutaan
  10. Teknik merancang produk (product design)
Kartu Prakerja
Sebagian contoh paket kombo kelas online di Skill Academy yang akan mendapatkan donasi 10% dan gratis 3 bulan kursus online di ruangguru apabila peserta kartu prakerja mengambil paket ini / Sumber : Skill Academy

Seperti karyawan Cece yang bernama Ridwan telah mendaftar program kartu prakerja sesuai minat dan hobinya, dipilihlah paket kombo kursus online belajar menulis konten berpenghasilan jutaan, Ridwan akan mendapat 7 kelas yang diperolehnya dengan rincian kelas dan materi sebagai berikut :

  1. Strategi pemasaran konten untuk raih untung maximal (content marketing) dengan harga Rp. 150.000,-
  2. Trik menulis untuk tingkatkan penjualan (copywriting) dengan harga Rp. 150.000,-
  3. Cari uang sebagai penulis lepas/jurnalis untuk media dengan harga Rp. 150.000,-
  4. Dapat uang sebagai penulis non fiksi/kreatif dengan harga Rp. 150.000,-
  5. SEO 101 – Cara membuat website eksis di halaman depan google dengan harga Rp. 200.000,-
  6. Dasar Korespondensi menulis email, chat, hingga laporan dengan harga Rp, 100.000,-
  7. Menghasilkan uang dengan menjadi pekerja lepas (freelancer) dengan harga Rp. 100.000,-

Pengajar 7 kelas ini merupakan pengajar yang handal salah satunya seperti Meutia Azzura seorang content writer di sebuah creative agency di Jakarta Ogilvy Indonesia, ia juga aktif membuat konten untuk podcast salah satu komunitas perempuan di Jakarta.

Nah, Ridwan harus menyelesaikan pelatihan online tersebut setelah selesai exam/ujian maka akan mendapatkan sertifikat sebanyak 7 buah sebab telah mengikuti 7 kelas dan juga mendapat bonus sebesar Rp. 100.000,- dari Skill academy yang akan diterima 1-2 minggu setelah mengisi formulir melalui email dan Ridwan dapat mengakses ke 7 kelas tersebut selamanya.

Bayangkan banyak sekali keuntungan yang diperoleh Ridwan dengan mengikuti paket kombo pelatihan online dengan kartu prakerja ini. Telah banyak yang berhasil dari mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan Skill Academy.

Segera manfaatkan kesempatan pemerintah yang telah menyediakan program kartu prakerja , diharapkan dengan kartu prakerja bantuan untuk pelatihan dan pengembangan melalui lembaga pelatihan dapat membantu khususnya dalam menghadapi masa virus corona saat ini.

Daftarkan diri sahabat dan beritahukan orang terdekat untuk langsung segera daftarkan diri ke situs prakerja.go.id dan pilih pelatihan yang sesuai di lembaga pelatihan Skill Academy.

Untuk informasi lengkap mengenai kartu prakerja dapat dicek di daftarprakerja.com

Baca juga : Cara mendapatkan kartu prakerja

Semoga bermanfaat

Marlinajourney

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

40 thoughts on “Kartu Prakerja Bantuan Untuk Pelatihan dan Pengembangan Melalui Lembaga Pelatihan

  1. wah ternyata kartu prakerj bermanfaat bamget ya kak. btw katanya ini bergelombang ya pendaftarannya? asyik nih kalau lolos test bisa ikut kelas pelatihan yg diberi sunsidi ya..

    1. Bermanfaat , karena banyaknya warga negara di Indonesia maka dibagi pergelombang
      pendaftarannya, iya apalagi pelatihannya di Skill Academy

  2. Kartu pra kerja ini kayake membantu banget ya, Kak? Hmmm, ada batasan umur gak ya buat daftar? Pengin ikut2 pelatihan pelatihan yang ada. ๐Ÿ˜€

  3. Semoga banyak yg memanfaatkan kartu pra kerja ini. Sehingga SDM kita semakin baik

  4. Wah kalo gak baca artikel ini, saya gak akan paham teknis pelaksanaan dari kartu pra kerja. Asumsi saya sebelumnya, saya pikir kartu prakerja bisa dapat bantuan uang dari Pemerintah, karena status gak bekerja. Wkwkwkwk jauh amat asumsi saya sama realita…

    Good job, langkah yang baik dari Pemerintah, tinggal sosialisasinya lebih ditingkatkan lagi, biar tepat sasaran …

    1. Aamiin , sehingga SDM di Indonesia menjadi lebih baik dan unggul sehingga bisa bersaing apalagi ikut pelatihan dan pengembangannya
      di Skill Academy

  5. Coba daftar ah siapa tuh lolos masuk.

  6. Penjelasannya cukup lengkap dan detail. Semoga kartu prakerja ini bisa menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan skill para pencari kerja. Sehingga nanti akan memudahkannya untuk mencari pekerjaan dan membuka sebuah usaha…

    1. Iya, sehingga SDM di Indonesia menjadi semakin baik unggul. Apalagi ikut pelatihan dan pengembangannya ikut kursus online di Skill Academy

  7. Bagus banget memang program kartu prakerja ini ya k, jadi bisa ikut pelatihan-pelatihan sebelum benar-benar bekerja. Semoga makin banyak memberikan manfaat pada orang lain.

    1. Iya , kalau ada kerabat suuh daftar kartu prakerja , biar dapat manfaatnya
      dan pelatihan di Skill Academy.

  8. Aku belum daftar untuk dapat kartu pra kerja nih. Baca artikel ini bagus ya manfaat kartu pra kerja. Kita bisa ikutan pelatihan-pelatihan sebagai bekal sebelum terjun ke dunia kerja. Wahh mupeng nih…

    1. coba buat akun dulu kak, lalu daftar setelah gelombang kedua dibuka, nambah
      ilmu banyak, apalagi pelatihannya di Skill Academy.

  9. Kemaren, saya daftar gelombang 1 tapi sepertinya sistem tidak bekerja maximl akibt terlalu banyaknya pendaftar. Semoga aja bisa join di gel. Ke dua

    1. iya coba lagi kalau belum diterima kak, nanti gelombang kedua dibuka
      daftarnya pagi-pagi atau setelah tahajud kak, karena ada kawanku
      yang berhasil lulus.

  10. Lihat sertifikatnya Mas Kholis, jadi keinget sama pelatihan yang gak tuntas di Skill Academy… Duh eman.

    1. Kenapa tidak tdak dituntaskan hayooo, udah jago ya wkwkwk , padahal
      penawarannya oke banget tuh

  11. Program ini bagus banget. Semoga dapat berjalan sesuai rencana. Jadi semakin banyak orang yang bisa belajar lebih banyak lagi melalui pelatihan2 yang ada ๐Ÿ™‚

    1. Iya semoga berjalan lancar karena dibagi pergelombang dan pelatihannya berguna
      dikemudian hari.

  12. Wiwin | Pratiwanggini.net berkata:

    Saya berharap kartu pra kerja ini tidak berhenti pada hanya memberi skill. Tapi bisa bantu menciptakan lapangan kerja atau memberikan/menyalurkan pekerjaan kepada si pemegang kartu.

  13. Ini kemarin viral ya. Ah, jadi pengen nyoba. Sangat bermanfaat nih buat yang menambah skill.

    1. coba kak daftar gelombang selanjutnya, pelatihannya di Skill Academy kan membantu sekali
      buat nambah skill.

  14. Banyak ya pilihan kursus onlinenya
    Jadi benar-benar bisa menyesuaikan dengan minat dan bakat kita
    Semoga dengan adanya program ini, makin banyak orang yang memiliki skill mumpuni sehingga siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya

    1. iya sangat membantu sekali kak kartu prakerja ini apalagi ditambah kursus onlinenya
      di Skill Academy yang sudah terpercaya bagus.

  15. Kalau kapan hari ada kartu sakti yang saya lupa buat apa itu, sekaranga da kartu sakti lagi untuk upaya menyelamatkan rakyat. Manfaatnya banyak banget. Semoga manfaatnya maksimal terutama buat yg sangat membutuhkan

    1. Iya semoga bisa mengurangi beban akibat pandemi ini ya,dengan kartu prakerja dapat subsidi
      selama 4 bulan ditambah adanya pelatihan melalui Skill Academy banyak sekali manfaatnya.

  16. Setelah membaca dengan detail, aku jadi tercerahkan nih dengan program kartu prakerja ini. Padahal sempat teracuni dengan pemberitaan yang simpang siur. Semoga kartu prakerja ini bisa menjadi salah satu solusi perekonomian di tengah wabah sekarang ya, Mbak.

    1. Iya banyak yang membaca berita salah persepsi, semoga kak sehingga rakyat
      yang kehilangan penghasilan akan terbantu dengan kartu ini walaupun 4 bulan,
      ditambah pengembangan serta kursus online yang dilakukan di Skill Academy.
      Insya Allah dapat memberikan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan baru .

  17. Semoga dengan pra kerja ini banyak yg mendapatkan manfaat baiknya. Ngga sekedar proyek, tp mampu mengurangi masalah2 pengangguran dan kesenjangan taraf hidup. Aamiin.

  18. wahh banyak ya sekolah kursus nya, apalagi saat ini zaman semakin canggih dan semua bisa serba online

    1. Iya banyak kursusnya di Skill Academy gratis, banyak manfaatnya banget berguna
      untuk pengembangan diri dengan memakai katu prakerja tambah lagi manfaatnya.
      Sudah daftar kartu prakerja belum ?

  19. Di tengah wabah corona ini memang kartu prakerja sangat berguna sekali, dan banyak manfaatnya yang di dapatkan.

    1. Benar sekali kak kartu prakerja berguna banget dimasa pandemi ini,
      terus diberi pelatihan juga untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan
      di Skill Academy

  20. Kartu prakerja ini semoga dapat membantu masyarakat yang terdampak covid-19 ya.. dan penggunaannya tepat sasaran. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap