Investasi Properti Yang Menjanjikan

0 Shares

Pernah mendengar omongan, ihhh ngapain perempuan punya asset properti, biar saja kalau mau punya properti tunggu nanti suaminya yang beliin. Terlahir sebagai seorang perempuan, aku malah bermimpi ingin sekali mempunyai asset properti, sehingga gaji yang kudapatkan kelihatan, biar berasa kalau selama kerja ada bentukannya dan menjadi investasi tetap serta passive income untuk persiapan masa depan nanti. Asset properti ini dapat berupa rumah ataupun apartemen, dimana sekarang ini  investasi apartemen yang menjanjikan, merupakan salah satu impian setiap generasi muda loh.

Memang untuk mencari properti berupa apartemen saat ini, tidak semudah yang dibayangkan, mulai dari biaya hingga lokasi yang stragtegis, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli, apalagi generasi muda mengedepankan gaya hidup mudah, cepat dan dekat dengan segala pusat kegiatan. Apartemen selain dapat dimiliki tentu saja dapat dijual kembali atau dapat disewakan dengan jangka waktu pembayaran yang fleksibel, mulai dari harian sampai tahunan.

Mau tau apa itu apartemen ? 

Secara umum, orang – orang hanya mengetahui apartemen sebagai gedung tinggi yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal. Nah, menurut Ernst Neufert, ahli arsitektur dunia yang berasal dari Jerman pengertian apartemen adalah:

“Bangunan hunian yang dipisahkan secara horizontal dan vertikal agar tersedia hunian yang berdiri sendiri dan mencakup bangunan bertingkat rendah atau bangunan tinggi, dilengkapi berbagai fasilitas yang sesuai dengan standar yang ditentukan.”

Sedangkan penulis buku “Time-Saver Standards for Building Types” Joseph De Chiara & John Hancock memiliki pendapat sendiri tentang pengertian apartemen  yaitu:

“Sebuah unit tempat tinggal yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, ruang santai yang berada pada satu lantai bangunan vertikal yang terbagi dalam beberapa unit tempat tinggal.”

Jadi dari kedua pendapat tersebut pengertian apartemen adalah suatu bangunan bertingkat yang terdiri atas beberapa unit hunian, dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Apartemen investasi properti yang menjanjikan

Terbatasnya lahan di kota besar serta harga tanah di perkotaan yang semakin mahal membuat para pengembang properti mulai mempertimbangkan pilihan hunian vertikal. Hunian vertikal seperti apartemen memiliki daya tariknya tersendiri. Selain lokasi yang biasanya memiliki akses langsung dengan pusat perbelanjaan, apartemen biasanya menawarkan fasilitas layaknya di hotel. Selain itu, apartemen salah satu jenis investasi properti yang menjanjikan.

Investasi yang berbasis simpanan

Apartemen salah satu bentuk investasi yang berbasis simpanan, sahabat tidak akan mudah tergoda untuk menjadikan investasi tersebut sebagai uang tunai dan menghabiskannya jika membutuhkan uang. Investasi apartemen dapat membantu mengontrol sifat belanja yang impulsif serta membantu mengatur pengeluaran karena sifat apartemen yang tidak terlalu likuid dapat dinilai sebagai aspek positif pada perencanaan keuangan sahabat.

Hunian yang sedang berkembang dan menjadi favorit di masa depan

Semakin meningkat mobilisasi manusia dan berkembangnya teknologi serta zaman, maka diperlukan sebuah hunian yang tidak terlalu besar, tetapi cukup dan nyaman. Selain itu lokasi huni yang dekat dengan pusat perbelanjaan , terminal atau stasiun, akan menguntungkan investasi properti sahabat karena dengan meningkatnya permintaan apartemen maka semakin tinggi pula kenaikan harga apartemen. Jika memulai investasi properti apartemen lebih dini, sahabat dapat membeli apartemen dengan harga yang lebih terjangkau dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Harga sewa dan jual terus naik

Selain itu, daya tarik dari sebuah apartemen adalah perkembangan harga sewa dan jualnya terus naik dari waktu ke waktu. Boleh dikatakan bahwa nilai apartemen terbilang cukup baik dibandingkan jenis investasi lainnya. Jika tertarik untuk disewakan dan diperjualbelikan dapat melalui apartemen123 menjadi salah satu pilihannya. Nilai sewa apartemen akan lebih tinggi jika dilengkapi berbagai fasilitas dan kemudahan bisa menjadi strategi dalam menentukan harga sewa dan harga jual apartemen. Jangka waktu sewa apartemen bisa bersifat menengah sekitar dua hingga tiga tahun lamanya, bisa sebagai passive income.

Hal ini pun berarti jangka waktunya tidak terlalu pendek dan juga tidak terlampau panjang, ini sangat menguntungkan bagi pemilik properti apartemen. Apabila tertarik untuk menjual kembali unit apartemen yang dimiliki terdapat potensi keuntungan hingga 80 persen. Untuk unit apartemen yang dijual kembali sebelum seluruh gedung terbangun, keuntungannya antara 30 persen sampai 50 persen, menjanjikan bukan?

Jadi, jika apartemen merupakan salah satu pilihan investasi properti yang menjanjikan, jawabannya tentu saja ya, tetapi di mana ada keuntungan ada pula risikonya. Namun risiko dan kerugian dapat diminimalisir apabila sahabat membeli apartemen yang bagus untuk investasi.

Gimana sahabat, udah tertarik dong untuk investasi properti yang menjanjikan dengan membeli apartemen. Yuks, disegerakan ya, semangat.

Marlinajourney

0 Shares

marlinajourney

Assalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh sahabat syurga, perkenalkan saya biasa diapanggil inna, yang suka menjelajah daerah orang lain untuk bertafakur alam sebagai ajang untuk mereflesikan diri dan bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih telah bertandang, Selamat datang di blog marlinajourney yang akan bercerita tentang setiap perjalanan yang dilakukan, dirasakan,dilihat sebagai dokumentasi untuk hari tua kelak dan mencoba keluar dari zona nyaman. Jangan segan untuk meninggalkan jejak yang berguna . Semoga bermanfaat Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarakatuh inna

View all posts by marlinajourney →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap