Stephe Langitan Naik Motor Jakarta London

Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London

0 Shares

Berawal dari sebuah motor yang dibeli karena ingin menghindari macet, dan kesukaan menuliskan pengalaman mengenai otomotif, membuat lelaki ini diajak melakukan touring Jakarta Puncak, Bandung, Ciwidey sehingga masuk ke suatu komunitas touring motor, pada tahun 2004, lalu Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London.

Bang Stephen selalu membantu fotographer untuk memotret lalu dilanjutkan dengan menceritakan di dalam tulisannya, apabila cerita hanya ke puncak touring sudah biasa dilakukan orang, beliau mengembangkan, karena ingin konsisten dan mendapatkan konten menulis, akhirnya melakukan penjelajahan sendiri mulai keliling Banten. Bandung, sampai London.

Mungkin banyak yang bingung kok itu bisa dilakukan mungkin memakai moge, untuk lebih tahu bagaimana perjalanannya dan apa yang harus dipersiapkan , simak ulasannya ya.

Siapa sih Stephen Langitan

Karena kesukaannya dengan dunia otomotif akhirnya beliau menuliskan pengalaman menggunakan motor, mengulas dalam bentuk tulisan mengenai motor yang dipakainya, dan berlanjut ke alat sparepart yang digunakannya dengan segala kelebihan dan kekurangannya secara runut dan saran yang harus dilakukan.

Akhirnya tahun 2007 sebagai seorang pekerja kantoran, tiba–tiba beliau berpikir ingin melakukan sesuatu yang dilakukan sendiri atau mau usaha sendiri kemudian akhirnya beliau resign dan memutuskan konsisten untuk menjadi fulltime blogger otomotif .

Awalnya Bang Stephen menuliskan pengalaman menggunakan produk otomotif secara runut dengan lengkap menuliskan merk oli , untuk bermanfaat bagi orang lain tanpa adanya bayaran hanya sesuatu kesenangan tentang apa yang dipakai , karena banyak yang menanyakan akhirnya dijelaskan,  sehingga mereka mempunyai gambaran.

Sampai suatu ketika yang punya merk tersebut mencari tulisan mengenai otomotif dan akhirnya ketemulah dengan Bang Stephen Langitan , lalu diajak  melakukan  kerjasama dengan 1 merk oli terkenal di Indonesia pada tahun 2009.

Tujuan Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London

Dengan tujuan mengibarkan merah putih dan memperkenalkan Indonesia sampai ke pelosok dunia, sebagai apresiasi Bang Stephen bangga melakukan upacara , dimana sudah beliau pikirkan dengan melakukan perjalanan dimulai dari jalur Jakarta London dengan jalur antah berantah yang belum pernah beliau lewati semua  mulai dari Malaysia , Thailand  sampai Eropa belum pernah beliau lewati .

Rasa penasaran seperti apa jalan yang akan dilalui, bagaimana masyarakat dan kondisi alam setiap negara. Saat melakukan perjalanan Bang  Stephen Langitan menjelaskan ke orang-orang dimanapun, saat berhenti, beristirahat selalu dapat kerumunan dan bertanya ini darimana? bangga mengatakan dari Indonesia negara kami merah putih, suatu kebanggaan dilakukan oleh Bang Stephen. 

Persiapan Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London

Dalam melakukan perjalanan jauh, dengan menggunakan motor ada beberapa hal yang harus dipersiapkan secara matang seperti :

  1. Meminta izin kepada keluarga bahwa akan melakukan perjalanan Jakarta London
  2. Persiapan fisik dengan pengalaman yang sudah ada dan sering melakukan touring Jakarta Sabang
  3. Membuat proposal kepada Kementrian Luar Negeri , kementrian Olahraga, Kementrian Perhubungan
  4. Siapkan passport
  5. Siapkan Visa
  6. Siapkan dana
  7. Siapkan perlengkapan motor.
  8. Siapkan baju secukupnya , membawa beberapa kaos, kemeja, celana panjang, celana pendek, kaos jersey sesuai kebutuhan.
  9. Siapkan obat-obatan , dalam melakukan perjalanan yang begitu panjang dengan menggunakan kendaraan motor harus mempersiapkan obat-obatan pribadi sendiri maka bang Stephen membawa obat sakit perut/diare, demam, batuk-batuk
Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London
Motor dan sebagian peralatan yang akan dibawa ke London
Doc. stephenlangitan.com

Pengalaman yang paling berkesan dalam perjalanan Jakarta London

Selama perjalanan terdapat beberapa pengalaman berkesan saat perjalanan dari Sumatera langsung  ke  Malaysia  lalu Bandar lampung , Palembang ,Jambi , Pekan baru Bukittinggi , Padang Sidempuan, Tanjung Balai  sampai ke Tanjung Nipung  akhirnya nyebrang menggunakan speed boat ke Malaysia.

Setelah itu Malaysia ke Thailand, Myanmar, India, Nepal Katmandhu, India, Pakistan Khasmir,  Iran, Turki Eropa . Jalur lintas Sumatera yang rawan , tetapi  demi tekad mengibarkan merah putih semua aman.

Perjalanan paling berat dan seru di Indonesia sendiri yaitu Sumatera jalannya banyak rusak, melewati daerah begal  yang bikin was-was karena  masih terdapat banyak daerah sepi , yang ditumbuhi kelapa sawit ,tidak ada lampu disepangjang jalan tetapi semua itu aman dilewati oleh Bang Stephen.

Saat sampai di Pakistan, dikarenakan berasal dari Indonesia  bang Stephen dijamu dengan sangat istimewa , karena Indonesia dari dahulu telah mempunyai hubungan baik dengan mantan presiden RI yang pertama Bapak Soekarno , walaupun berbeda agama namun di PakistanBang Stephen disambut  dengan baik tanpa melihat perbedaan agama tersebut.

Saat memasuki  jalur Thailand lewat Malaysia utara, mau coba yang tidak sesuai ketentuan , tetapi Bang Stephen berpikir lagi jika tidak melakukan yang tidak sesuai prosedur maka akan terjadi suatu keribetan di kemudian hari.

Walau temannya  tersebut bilang itu tidak apa-apa membuat hati bang Stephen tidak tenang , beliau merasakan ini tidak baik akhirnya beliau balik lagi dan melakukan  sesuai prosedur  supaya hatinya plong dan lega jika sudah dicap secara resmi, akhirnya di perbatasan betok melapor dan dicap resmi.

Untuk melakukan perjalanan Jakarta London hal yang paling menarik adalah ganti ban selama perjalanan hanya dilakukan satu kali, pada saat berada di jerman dengan jarak tempuh 24.500 km, dengan menggunakan motor  kawasaki  versi 250 CC kelas menengah bukan moge .

Jika sahabat yang senang touring bahwa tidak ada alasannya memakai motor  CC yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Luar Negeri. jangan berharap nunggu kaya dahulu  kalau sudah punya mobil atau moge baru ke Luar Negeri, motor apapun dapat melakukannya.

Saat  ke Negara Taliban, Pakistan bagian barat dengan afganistan, dengan India khasmir bagian Timur, Bang Stephen dikawal dan dijaga ketat polisi  sebagai tamu VVIP secara istimewa , tetapi itu membuat tidak enak karena dijaga hingga depan pintu kamar.

Selama perjalanan  145 hari/ 5 bulan kurang dilakukan sesuai  schedule dimulai pada tanggal 25 maret lalu finish 17 agustus. Dari 30 negara yang dijadwalkan hanya 7 negara yang tidak dapat dilalui dikarenakan Albania Yunani sedang tinggi angka  kriminal mutilasi.

Nah itulah kisah perjalanan seorang blogger otomotif yang mempunyai personal branding baik, sehingga dapat mewujudkan keinginan melakukan perjalanan Jakarta London dengan sukses, yang telah dituliskan juga dalam bentuk sebuah buku “ Naik motor seorang diri Jakarta London 30.000 km “. 

Ayo mau jadi blogger yang sukses dan profesional seperti Bang Stephen Langitan, selalu konsisten menulis dan kreatif mencari ide untuk bahan konten tulisan, semangat menulis sahabat.

Semoga bermanfaat.

Salam,

inna (marlinajourney)

Referensi : IG Live @aniberta “Me and Inspiring One’s edisi 10

0 Shares

10 komentar untuk “Stephen Langitan Naik Motor Jakarta London”

  1. keren pake banget bang stephen ini
    tentunya persiapan untuk touring ke London bener bener dipersiapkan secara extra banget.
    salut juga sama keberanian beliau untuk resign dari kerjaan demi passionnya ini

    1. iya kak, dengan personal branding yang dibangun , serta konsisten beliau
      menulis sehingga mudah dapat sponsor juga untuk keliling London naik motor.

  2. Keren bang ya bang Stephan Langitan ini. Aku sempet lihat juga ig live nya bareng mba Ani jadi banyak pelajaran terutama untuk para blogger ya.

    1. Iya bagaimana konsistennya beliau dalam menulis sehingga dapat menciptakan personal
      branding yang kuat sehingga Brandpun percaya.

  3. Aku juga salut sama tujuan mulia Bang Stephen. Luar biasa ya mba. Ga banyak yang punya tujuan baik seperti beliau.

    1. Iya tujuannya untuk memperkenalkan Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih
      di London, salut juga untuk beliau yang konsisten dalam menulis sehingga dapat dipercaya
      Brand.

  4. hua keren banget, pengen kayak gini tapi mikir kalau sendiri belum mampu, jadi halu dulu hehe

  5. Hebat bisa menorehkan prestasi sebesar ini. Menambah kepercayaan para brand juga untuk selanjutnya bekerja sama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap