Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Agar Lebih Percaya Diri

0 Shares

Tangan berkeringat pertanda lemah jantung atau sakit paru-paru

Kata diatas sering sekali terdengar dimana orang beranggapan bahwa tangan berkeringat diartikan dengan lemah jantung atau sakit paru-paru, anggapan ini yang belum tahu kebenarannya. Di dalam tubuh manusia memang terdapat area tubuh yang menghasilkan keringat seperti ketiak, telapan tangan, telapak kaki dan tengkuk. Tangan berkeringat terjadi apabila suhu udara sangat panas, ketakutan, grogi dan sebagainya, tangan yang berkeringat membuat kurang percaya diri. Untuk itu ada cara mengatasi tangan berkeringat agar lebih percaya diri. Penasaran dong bagaimana mengatasinya, yuk disimak ulasan lengkapnya.

Apa itu Keringat

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit, dimana kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) dan bahan lain yang mengeluarkan aroma. Keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh.

Jenis Kelenjar Keringat

Terdapat dua macam kelenjar keringat yang berbeda dalam komposisi keringat yang dihasilkan serta fungsinya yaitu:

  1. Kelenjar keringat ekrin, tersebar di seluruh permukaan tubuh tetapi lebih banyak terdapat di telapak tangan, telapan kaki, dan wajah. Keringat yang dihasilkan adalah air yang mengandung berbagai macam garam. Kelenjar ini berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.
  2. keringat apokrin menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Kelenjar ini terutama terdapat pada ketiak dan sekitar alat vital. Aktivitas kelenjar ini menghasilkan bau karena aktivitas  bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkannya.

Manfaat Keringat

Apabila tubuh mengeluarkan cairan yang berupa keringat, mempunyai manfaat bagi tubuh seperti :

  • Membuang racun dari dalam tubuh.
  • Membantu mendinginkan tubuh saat kepanasan.
  • Membakar kalori
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Mempercantik kulit.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Agar Lebih Percaya Diri

Pernahkah sahabat membayangkan ketika menjabat tangan seseorang atau berpegangan tangan dengan orang tersayang terus tangan berkeringat? Selain membuat kurang percaya diri,
dapat memalukan, karena tangan berkeringat dapat menggaggu kehidupan sosial maupun profesional sahabat. Ada 10 cara mengatasi tangan berkeringat agar lebih percaya diri tidaklah sulit, meski hasilnya tak permanen, tapi ada metode yang cepat dan mudah dengan menggunakan bahan sederhana yaitu :

1. Bedak bayi

Manfaat bedak bayi yang dapat menyerap basah juga efektif digunakan pada tangan berkeringat. Aroma bedak bayi yang khas dapat mengurangi bau yang dikeluarkan oleh keringat. Setiap kali telapak tangan basah, cukup taburkan sedikit bedak bayi lalu ratakan. Membawa botol bedak bayi dengan kemasan kecil agar mudah dibawa ke mana-mana bisa dilakukan untuk mengatasi tangan berkeringat sepanjang hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilihlah jenis bedak bayi yang tidak menimbulkan efek lengket.

2. Tisu basah beralkohol

Kandungan alkohol pada tisu basah membantu mengecilkan pori-pori dan menekan produksi keringat. Cara ini paling praktis dilakukan ketika kondisi tangan telanjur basah di saat-saat yang mendesak dan penting. Penggunaannyapun aman untuk sehari-hari.

3. Cuka apel

Cuka sari apel organik dapat membuat telapak tangan berkeringat menjadi lebih kering dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, sehingga dapat berfungsi untuk merawat dan mencegah kulit kering atau berminyak lebih. Oleskan cuka apel pada tangan yang basah dan biarkan semalaman. Lalu segera bilas keesokan paginya atau bisa juga meminumnya dengan mencampurkan dua sendok cuka apel ke dalam madu dan segelas air atau jus buah.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

4.Air mawar

Kandungan aktif dalam air mawar berguna untuk menjaga keseimbangan pH kulit dan mengontrol kelebihan minyak , cocok untuk mengatasi tangan berkeringat. Caranya tuang beberapa tetes air mawar ke kapas, lalu gosokkan ke telapak tangan dan biarkan mengering tanpa membilasnya. Air mawar di simpan dalam botol spray agar dapat digunakan pada tangan berkeringat sewaktu-waktu dibutuhkan.

5.Baking soda

Baking soda dapat mengatasi tangan berkeringat karena mempercepat penyerapan, menurunkan pH, dan mengusir bau. Kandungan alkali dan sifat basa pada baking soda dapat mengurangi tangan berkeringat dengan menguapkan keringat dengan cepat. Caranya campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air bersih, lalu aduk hingga bertekstur seperti krim atau pasta. Oleskan pasta baking soda ke tangan berkeringat dan diamkan selama kurang lebih lima menit, lalu bilas tangan hingga bersih.

Nah itulah cara mengatasi tangan berkeringat agar lebih percaya diri ketika berpegangan atau bersalaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



0 Shares

19 komentar untuk “Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Agar Lebih Percaya Diri”

  1. Betul banget kalimat awal. Katanya sih yang sering berkeringat tangannya, dia punya penyakit jantung. hehe.. jadi terbuka deh wawasan. Hm, tapi untuk ukuran bapak2 sepertiku, ribet amat bawa barang2 di atas. hehe..

  2. Jadi tangan berkeringat fixed ya bukan tanda jantung lrmah atau ada masalah dengan paru paru. . Dan bisa disiasati juga dan ga mahal dan mudah juga ya kak ..TFS ya

  3. Aku ingat punya teman yang sering banget tangannya keringat tiap saat. Paling sering terlihat kalau lagi nulis gitu. Ternyata bisa diatasi dengan bedak bayi ya

  4. Aku banget inii. Dulu sampai pakai kaos tangan pas kerjain UAN SD hahaha. saking berkeringatnya tangan aku. Mitos yaah ternyata, alhamdulillah. hihi

    1. iya biasanya memang yang tangannya berkeringat bawa handuk kecil, di tas ya paling ga,
      selain handuk bisa tisu beralkhohol sama bedak tabur bayi kak, jadi kan
      lebih percaya diri juga kak, kalau mau salaman sama orang lain.

  5. Temanku ada yang mengalami hal demikian,tangan berkeringat kedua duanya.
    Dulu sewaktu SMA sedikit kendala saat belajar karena buku yang ia tulis basah dari keringat tangannya sendiri. Apalagi kalau mau ujian disitu kadang kendala nya yang jadi beban buat temanku

    1. iya kalau tangan berkeringat bukan berarti punya sakit jantung kecuali
      tangan berkeringat disertai sakit yang lain nah itu yang perlu diwaspadai
      kalau cuma tangannya aja berkeringat mah ga ada hubungannya sama sakit jantung

  6. Lagi rajin konsumsi cuka apel juga sama madu, ternyata fungsinya buat mengurangi keringat di tangan juga ya. Untungnya sih keringat di tangan udah enggak lagi sekarang, tapi malah pindah ke badan ­čśÇ

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap