Cara Membuat Rambut Berkilau

Cara Membuat Rambut Berkilau Dengan Mudah Anti Ribet

0 Shares

Sudah lebih dari 3 bulan yang lalu aku tidak pernah melakukan perawatan rambut di salon langganan yang biasa aku datangi, dikarenakan adanya virus pandemi covid19 sehingga salonpun belum melakukan kegiatannya. Walaupun aku memakai kerudung tetap melakukan perawatan rambut agar berkilau. Untuk mengatasi hal tersebut akhirnya aku melakukan perawatan rambut dengan melakukan sendiri dirumah mau tahu cara membuat rambut berkilau dengan mudah anti ribet yang aku lakukan selama ini, silahkan disimak ulasanku ya.

Rambut merupakan bulu yang tumbuh pada kulit manusia terutama kepala. Rambut itu mahkota perempuan, demikian yang selalu tertanam di dalam benak aku dari kecil. Sebagai seorang perempuan sudah seharusnya menjaga dan merawat rambut sebaik-baiknya. Sayangnya terkadang aku suka malas, hanya dengan aku keramas saja sudah merasa cukup.

Cara Membuat Rambut Berkilau Dengan Mudah Anti Ribet

Siapa sih yang tidak ingin punya rambut berkilau dan sehat? Namun tidak hanya perawatan rambut dari luar yang diperlukan, sahabat perlu mengonsumsi makanan yang dapat menutrisi rambut lho!, untuk memiliki rambut berkilau maka sahabat harus memperhatikan perawatan rambut baik dari dalam dan luar.

Perawatan rambut dari dalam

Rambut juga membutuhkan asupan nutrisi agar tetap berkilau dan sehat. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah vitamin B6,B12, protein dan Asam folat. Sahabat adalah apa yang sahabat makan, termasuk untuk keadaan kulit dan rambut. Makanan jelas memiliki pengaruh penting pada tubuh dan rambut. Beberapa nutrisi yang dapat sahabat konsumsi yaitu :

1. Almond

Almond merupakan sumber serat dan protein. Kandungan mangan dan selenium di dalamnya dapat membantu menjaga rambut tetap berkilau. Almond kaya akan kandungan flavonodi dan vitamin E, sangat penting untuk kesehatan kulit. Almond dapat membantu menangkal kerusakan akibat radikal bebas dan oksidatif karena merokok.

2. Kenari

Kacang kenari mengandung nutrisi seperti asam lemak omega 3 dan vitamin E yang dapat membantu kulit tetap halus dan kenyal. Kacang kenari dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan membuatnya tetap berkilau.

3. Alpukat

Alpukat merupakan kunci untuk membuat rambut, kulit, dan kuku yang lebih sehat. Alpukat juga mengandung antioksidan, serat, kalium, magnesium, folat, dan potasium yang lebih banyak.

4. Bayam

Memiliki manfaat untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan folat yang bermanfaat untuk mencegah kerapuhan rambut dan membuat rambut tetap berkilau.

Cara Membuat Rambut Berkilau
pixabay

Perawatan rambut dari luar

Meskipun segiat apapun sahabat mengikuti tips cantik ala artis dan berharap rambut bisa menjadi seindah rambut si artis, sahabat tidak akan berhasil dengan cara cepat alias instan. Maka diperlukan perawatan dari luar untuk membuat rambut berkilau dengan mudah dan tidak ribet adalah :

  1. Pakailah shampo yang terdapat kandungan minyak alami paling tidak ada 5 kandungan minyak alami,
  2. Bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.
  3. Lanjutkan dengan pemakaian kondisioner yang mengandung alpukat atau minyak alami usapkan merata dari tengah rambut sampai ke ujung rambut .
  4. Supaya tidak kusut sisir rambut dengan sisir garpu
  5. tunggu beberapa saat lalu bilas kembali dengan air dingin , cara ini membuat rambut tidak kering. Setelah keramas kulit kepala menjadi lebih segar.
  6. Agar rambut segera mengering pergunakan handuk microfiber gunakan dengan cara ditepuk lembut, jangan digosok karena akan membuat rambut kusut dan mengembang
  7. Gunakan vitamin rambut , agar rambut halus dan berkilau dipergunakan saat rambut dalam keadaan setengah basah atau kering. Jika ingin mempergunakan pengering rambut (hair dryer) pisahkan rambut menjadi 3 lalu pakai udara panas diawal dan diakhiri dengan udara dingin lakukan untuk semua bagian. Hasilnya rambut menjadi berkilau, halus dan sehat.
  8. Gunakan masker rambut dan serum rambut setiap 2 minggu sekali secara teratur. Dengan hanya diusapkan sampai ke akar rambut sambil dipijat-pijat tidak perlu pergi ke salon tunggu 15 menit lalu dibilas.
  9. Buat masker sendiri dengan menggunakan air kelapa muda, air beras, lidah buaya, alpukat, kemiri, teh hitam. Masukkan dalam botol lalu simpan di lemari pendingin akan awet selama 2 minggu hasil maksimal gunakan di malam hari, diamkan semalaman, bilas keesokan harinya menggunakan shampo.  Dipakai 3-4 kali bisa digunakan sebagai conditioner alami.

Nah itulah cara membuat rambut berkilau dengan mudah anti ribet, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Shares

19 komentar untuk “Cara Membuat Rambut Berkilau Dengan Mudah Anti Ribet”

  1. Coba bayam or pokat ah
    Soalnya kenari and almond taunya ada di makanan coklat haha
    Rambut saya juga dah mulai trondol rontok
    Mau juga jd kayak rambut artis hehe

  2. Rambutku sudah berkilau tanpa pomade hehe kalo pria kilau nya skrang berbau (karena banyak yang pake pomade itu) eneg jadinya, kalo bau rambut cewek enak-enak biasanya.

  3. Semua makanan untuk perawatan dari dalam itu kesukaan saya. Tapi almond sama kenari mahal, jadi seringnya konsumsi bayam sama alpukat aja.

    Sepakat, walau berkerudung, rambut tetap harus di rawat dengan baik

  4. Kalau dulu waktu kecil, Ibu saya rajin banget ngasih minyak alami ke rambut makanya rambut jadi berkilau banget kayak bintang iklan. Makin gede, makin males ngerawat karena enakan dikuncir udah langsung aktivitas hahaha. Boleh deh dipertimbangkan infonya biar kembali bagus lagi rambutnya.

  5. Aku suka bandel, nih. Kalau mengeringkan rambut suka digosok-gosok pakai handuk gitu. Padahal katanya itu ampuh bikin rambut mudah pecah dan bercabang. Habisnya, kalau cuma ditepuk-tepuk keringnya lama, sih. Kalau pas mau pergi suka gemes, hahaha …

  6. Meskipun disembunyikan di balik hijab tapi tetep aja penampilan di dalam rumah penting. Termasuk rambut. Untung aku suka almond, alpukat sampai bayam hihi. Thanks mba infonyaaaa

  7. wah bayam bisa juga ya. baru tahu saya. biasanya bayam buat sayur aja sih. hehe… cobain ah buat memperindah rambut..makasih infonya kak

  8. Oh ternyata rambut juga perlu dirawat dari dalam yaa kak. Hmm selama ini yang kutahu perawatan dari luar doank.. Ternyata banyak juga yaaa makanan yang Bernutrisi untuk rambut lebih sehat dan indah

  9. Paling suka bayam dan kenari, tapi yang lainnya kadang-kadang makan juga sih. Selain perawatan dari dalam, memang perlu juga perawatan rambut dari luar, makanya mesti pilih shampo yang cocok untuk rambut ya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap