Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mencegah Virus Corona

0 Shares

Merebaknya virus corona di berbagai negara di dunia menyebabkan kepanikan, masyarakatpun berbondong-bondong membeli masker penutup mulut dan pembersih tangan atau hand sanitizer hingga menyebabkan kedua barang tersebut menipis persediaannya. Hand sanitizer berfungsi untuk mensterilkan tangan dari kuman yang sudah menempel akibat aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir , Indonesia banyak sekali tanaman yang berkhasiat, yaitu lidah buaya selain untuk kecantikan kulit, terdapat khasiat kesehatan. Manfaat lidah buaya untuk mencegah virus corona dapat diperoleh, termasuk membuat hand sanitizer yang langka dengan lidah buaya . Yuk, simak bagaimana caranya!

Apa Lidah Buaya itu ?

Lidah buaya disini bukan lidah buaya hewan, tapi lidah buaya tumbuhan yang biasa disebut aloe vera. Tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus aloe, bersifat menahun berasal dari jazirah arab bagian barat daya , namun manusia telah menanamnya  sampai menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi tropis dan kering di berbagai belahan dunia. Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian , pengobatan, tanaman hias dan dapat ditanam dalam pot. Jika ditanam dalam pot lidah buaya membutuhkan  tanah yang cukup kering dan berpasir serta cahaya matahari yang cukup .Tanaman aloe dapat terluka bakar jika terkena matahari terlalu kuat dan dapat mengerut jika tanahnya terlalu lembab . Pot yang terbuat  dari tanah liat yang berpori dapat membantu menjaga tanah tetap kering . Penyiraman tanaman ini disarankan setelah tanah sudah benar-benar kering. Di dalam pot tunas-tunas kecil dapat tumbuh di sekitar tanaman asli.

Manfaat Lidah Buaya untuk mencegah Virus Corona
Menanam pohon Lidah Buaya dalam pot (Freepik)

Ciri lidah buaya

Tumbuhan tanpa batang atau berbatang pendek dengan tinggi hingga 60-100 cm dan dapat berkembang biak dengan tunas.Dedaunannya berdaging tebal,berwarna hijau atau hijau keabuan dan sebagian varietas memiliki bintik putih pada permukaan batangnya . Pinggir daunnya berbentuk serrate (seperti gergaji) dengan gerigi putih kecil. Bunga-bunganya tumbuh pada musim panas di sebuah tangkai setinggi hingga 90 cm. Setiap bunga tersebut berposisi menggantung dan mahkotanya berbentuk tabung sepanjang 2-3 cm seperti spesies aloe lainnya. Aloe vera membentuk simbiosis mikoriza arbuskula bersama jamur sehingga meningkatkan ketersediaan mineral dari tanah.

Manfaat lidah buaya

Lidah buaya berkhasiat untuk kesehatan, lidah buaya ini mengandung antioksidan, vitamin A,B,C,E, Kalsium, Folat, Natrium, Magnesium, Glukosa, lidah buaya juga terdapat asam amino esensial yg sangat baik, dengan banyaknya kandungan nutria yang dimilikinya, inilah yang membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat lidah buaya selain untuk kulit, juga kesehatan salah satunya untuk pembuatan hand sanitizer secara alami .

  • Sebagai sumber vitamin C

Lidah buaya kaya akan vitamin c , baik untuk kesehatan karena berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mengurangi peradangan di gusi 

Jus lidah buaya dipercaya membantu meredakan peradangan yang terjadi di gusi, didapatkan dari kandungan antimikroba dan anti bakteri di dalamnya.

  • Mencegah terbentuknya luka di lambung.

membantu mencegah terbentuknya ulkus atau perlukaan di lambung, sahabat dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus untuk mendapat manfaat lidah buaya ini.

  • Meredakan sariawan

mengoleskan lidah buaya pada sariawan, dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya .

  • Dapat menghentikan pendarahan

Dengan cara membuat jus lidah buaya yang diminum 2 kali sehari , sebelum makan

  • Mengurangi berat badan

Membantu proses detoksifikasi tubuh dan proses metabolisme dalam tubuh akan meningkat, dapat mencegah terjadinya timbunan lemak.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral yang sempurna dan berguna untuk tubuh, dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal dari segala virus dan bakteri yang masuk termasuk mencegah virus corona.

  • Menjaga kesehatan organ hati

Fungsi hati akan bekerja optimal apabila mendapatkan nutrisi dan terhidrasi dengan baik, mengkonsumsi jus lidah buaya salah satu cara terbaik yang digunakan untuk menjaga organ hati.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

hal ini disebabkan oleh kandungan sifat anti bakteri yang ada di dalam gel lidah buaya plak gigi dan bau mulut.

  • Menjaga sistem pencernaan

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat membantu pemecahan gula dan lemak, membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan iritasi di lambung dan usus.

  • Melembabkan kulit

Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, baik kulit badan, muka, atau kulit kepala pada rambut sehingga baik untuk kulit berminyak, kulit kering. Dapat dijadikan hand sanitizer sebagai pembersih kuman, cara membuatnya secara alami dengan bahan-bahan sebagai berikut :

  1. Alkohol 70 % untuk antiseptik sebagai pembunuh kuman.
  2. Aloe vera gel untuk kelembaban kulit
  3. Essential oil (optional)
  4. Gelas takar
  5. Pengaduk/sendok
  6. Botol spray

Caranya :  tuangkan alkohol 70 % dan aloe vera  gel kedalam gelas takar komposisinya 1 aloevera dan 3 alkohol (apabila menggunakan 100 ml alkohol 70% berarti menggunakan 33,3 ml aloevera gel ) aduk kedua bahan didalam gelas takar selama 15-20 menit, setelah bahan tercampur dengan baik, teteskan 15 tetes essential oil untuk menjadikan cairan hand sanitizer wangi lalu tuangkan ke dalam spray, lalu gunakan.

mencegah virus corona
Salah satu manfaat lidah buaya untuk hand sanitizer secara alami

Banyaknya manfaat lidah buaya , tidak ada salahnya sahabat menerapkan penggunaan lidah buaya dalam kehidupan sehari-hari agar mempermudah mendapatkan manfaat lidah buaya untuk mencegah virus corona. Manfaat lidah buaya juga terdapat pada produk sabun lifebuoy matcha dan aloe vera, sabun anti bakteri ini dirancang efektif  melawan kuman hingga 10x lebih baik dibandingkan sabun biasa. Jadi virus coronapun tak mau menghampiri, selalu sehat dan tetap di rumah saja, semoga musibah ini segera berakhir.

0 Shares

34 komentar untuk “Manfaat Lidah Buaya Untuk Mencegah Virus Corona”

  1. Sejak dulu lidah buaya memang dikenal kaya manfaat ya
    Salah satu olahan lidah buaya yang paling aku suka itu dibuat minuman, campur sirup dan es rasanya segar sekali

    Akhir-akhir ini gel lidah buaya laris manis juga ya untuk bahan campuran sanitizer. Aku juga dah coba buat, jadi wangi banget dan adem deh

  2. Pengen deh punya tanaman lidah buaya sendiri, soalnya pernah coba tanam tapi mati ditengah jalan. Lidah buaya banyak manfaatnya, aku suka pakai untuk rambut.

  3. Saya pake lidah buaya untuk rambut, soalnya dah mulai botak huhu
    Tp sejak covid ni lidah buaya populer unt bahan buat sanitizer homemade ya

  4. Awalnya saya penasaran dengan judulnya dan berpikir apakah ini untuk di konsumsi, ternyata untuk hand sanitizer. Betul banget kaya manfaat memang lidah buaya ini y k. Etapi memang sudah ada juga sih ya yang bisa diolah dan dikonsumsi.

  5. Mbak Inna… di halaman rumahku banyak banget lidah buayanya… mau dibikin masker kok baunya ga enak ya hihi… mau dicampurin ke ager jelly nih kayanya. Tfs ya Mba…

  6. Wah baru tau nih lidah buaya bisa buat antiseptik kukira hanya untuk penyubur rambut lho kak…sip ini bisa kocontek cara bikinnya

  7. lidah buaya banyak ya manfaatnya, bisa juga kita bikin hand sanitizer gini ya. kalau lidah buaya aku seneng bgt di makan pake es batu hihi segerrr kaya ager

  8. Manfaatnya emang banyak ini tanaman. Keluarga aku suka buat jelly. Seger, adem banget . Akhir2 ini juga kita buat sabun cuci tangan sendiri

  9. Banyak banget memang manfaat dari lidah buaya ini yah. Saya biasanya gunakan lidah buaya untuk perawatan rambut saja. Beberapa tumbuh di belakang rumah bisa dimanfaatkan nih untuk khasiat lainnya apalagi saat pandemi ini katanya bisa untuk buat hand sanitizer.

  10. BIsa jadi handsanitizer, ya… Baru tahu.
    Saya punya lidah buaya. Memang suka menanamnya. Tapi di sini susah banget cari alkoholnya. Ada solusi selain alkohol 70% Mbak?

  11. Saya punya juga dong, tanaman lidah buaya di rumah. Dipindahkan dari rumah ibu. Di rumah ibu, lidah buayanya bertunas terus ga putus-putus. Kalau saya dulu pakai lendirnya untuk jadi maskara alami. Ternyata ada kandungan gizinya juga ya.

  12. Fadli Hafizulhaq

    Dulu saya tahunya lidah buaya sebagai tanaman hias saja, ternyata bisa dikonsumsi ya Mbak Inna. Khasiatnya juga tak tanggung-tanggung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap