Budget Travelling dan Itinerary Terbaru Bagi Yang Tidak Memiliki Banyak Uang

0 Shares

Jika diri sahabat sudah merasa jenuh dan bosan dengan rutinisan yang dilakukan, itu pertanda tubuh harus istirahat dari rutininas seperti biasanya, mulailah sahabat untuk melakukan perencanaan cuti. Liburan dengan travelling adalah kegiatan sangat menyenangkan , dapat bertafakur alam, melihat keindahan pemandangan yang Allah SWT ciptakan, sebagai perenungan diri. Tidak sedikit orang yang tidak bisa liburan dengan alasan tidak memiliki banyak uang atau tidak memiliki waktu karena sibuk bekerja atau kuliah. Nyatanya travelling itu sangat penting untuk diri kita. Walau traveling sering dikaitkan dengan biaya besar serta waktu cuti yang panjang, faktanya sahabat bisa untuk travelling dengan sedikit uang dan sedikit waktu luang.  Ada saatnya kita sebagai manusia tidak sepenuhnya selalu bekerja atau mengerjakan tugas. Karena travelling adalah sesuatu yang cukup penting dan banyak manfaat dari sebuah travelling itu sendiri. Lalu bagaimana sahabat mendapatkan budget travelling dan itinerary terbaru walaupun tidak memiliki banyak uang ? Yuk simak di bawah ini, sahabat!

Pengertian Budget Travelling

Budget travelling merupakan anggaran atau biaya yang disediakan untuk melakukan perjalanan atau travelling ke tempat wisata yang diimpikan. Sahabat dapat melakukan perhitungan serta kalkulasi apabila ingin ke destinasi wisata yang diinginkan, akan menghabiskan berapa uang yang harus dirogoh dari kantong.

Cara Mendapatkan Biaya Travelling Bagi Yang Tidak Memiliki Banyak Uang

Sebagai seorang pegawai yang ingin sekali liburan dengan cara travelling , agar dapat melihat keindahan alam yang ada di Indonesia ini, maklum belum ada niat ke Luar Negeri kalau negeri sendiri aja  indahnya luar biasa yaitu Indonesia . Biaya travelling bagi yang tidak memiliki banyak uang, lakukan beberapa cara dibawah ini :

  • Sisipkan waktu travelling saat melakukan perjalanan dinas dari kantor

Sebagai pegawai dapat waktu libur sabtu dan minggu saja belum cukup untuk melakukan liburan seperti travelling, maka sisipkan waktu travelling sahabat pada saat melakukan perjalanan dinas dari kantor, biasanya setelah melakukan pekerjaan saat dinas ada yang bisa disisipkan untuk melakukan travelling, karena sahabat sudah mengetahui jadwal yang sudah disusun dalam acara perjalanan dinas tersebut.  Maka manfaatkan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata baik alam maupun city tour dengan menambahkan itenary terbaru yang sudah dibuat. Selain dapat menghemat biaya untuk tiket pesawat dan penginapan ini dapat memangkaskan yang seharusnya dikeluarkan untuk budget travelling dan itinerary terbaru,  biasa yang saya lakukan apabila mendapat tugas untuk perjalanan ke luar kota sehingga sahabat mendapatkan kelebihan dapat mengetahui serta berkunjung ke daerah wisata di kota tersebut.

  • Share Cost dengan beberapa kawan

Sahabat juga dapat melakukan travelling dengan sistem share cost atau patungan bisa dengan teman sendiri atau orang lain yang mempunyai tujuan liburan bareng dan destinasi yang ingin dikunjungi sama sehingga biaya yang dikeluarkanpun lebih sedikit dibanding hanya sendiri, disamping itu dapat menambah kawan baru apabila dengan orang lain dan menambah kedekatan silaturahim apabila dengan teman sendiri dan dapat menambahkan itenary terbaru untuk mengexplore destinasi yang belum dikunjungi.

Budget Travelling dan Itinerary Terbaru
Travelling bersama kawan dengan sharecost ( Banyuwangi )
  • Sering Ikut Giveaway di Media Sosial

Sahabat juga dapat mengikuti Giveaway atau lomba yang diadakan oleh media sosial yang sering diadakan,, hadiah liburan dengan mendapatkan tiket gratis baik tiket pesawat ataupun penginapan, Lumayan loh apabila beruntung dapat memangkas banyak biaya yang tidak sedikit.

Budget travelling dan Itinerary terbaru
Travelling saat menang Giveaway dengan beberapa kawan ( Bali )
  • Selalu Pantau Tiket Promo

Setiap tahun biasanyan sahabat sudah melakukan perencanaan untuk travelling ke suatu tempat impian, agar biaya perjalanan yang dikeluarkan tidak banyak merogoh kantong terlalu dalam maka seringlah memantau tiket promo yang dilakukan baik untuk maskapai penerbangan, kendaraan,penginapan, destinasi yang akan dikunjungi. Promo biasanya diadakan secara offline dan online, Kalau Offline sahabat harus sabar untuk mengantri selama kurang lebih 4 jam, syukur-syukur dapat destinasi yang diinginkan namanya juga usaha iya,  kan.

Itinerary Terbaru

Itinerary merupakan suatu daftar tentang kegiatan wisata yang akan dilakukan, dari mulai pemberangkatan, tempat menginap, tempat yang akan dikunjungi. Apabila telah ada itinerary maka sahabat tidak perlu bingung dan pusing akan kemana, biasanya sebelum keberangkatan akan ada pemberitahuan mengenai itinerary. Sehingga sahabat dapat memprediksi biaya yang akan dikeluarkan selama melakukan travelling sampai dengan oleh-oleh yang akan dibawa. Jangan khawatir sahabat banyak tempat yang tidak dimintai tiket masuk, maka jika ingin memburu destinasi untuk travelling buatlah itinerary yang tidak memakai tiket masuk alias gratis, apabila memang harus ada tiket masuk disesuaikan dengan biaya yang sahabat miliki. Nah setelah itu sahabat dapat mengetahui tempat apa yang akan dikunjungi. Berikut ini itinerary terbaru yang wajib dilakukan sehingga travelling menjadi asyik.

  1. Lakukan Penelitian Destinasi Wisata yang dituju. Sahabat sebelum melakukan travelling sahabat harus sudah tahu tujuan destinasi wisata yang diinginkan seperti wisata alam, city tour, pantai atau hanya kulinernya saja, sehingga dapat diketahui jumlah biaya yang dibutuhkan. Ini dapat ditemukan dengan melihat youtube, review orang atau menanyakan kepada yang pernah mengunjungi destinasi wisata tersebut.
  2. Lokasi Destinasi Wisata. Agar tidak buang waktu dan tidak menambah biaya dalam perjalanan, maka perjalanan ke destinasi wisata harus disesuaikan dengan tujuan bersama dan searah lokasinya, sehingga waktu tempuh dapat diperkirakan, sebab tujuan destinasi setiap kota berbeda apabila ingin ke daerah lempuyangan, tirta gangga ini merupakan satu arah, tidak bisa sahabat dari lempuyangan terus ke Banyumala waterfall karena tidak sejalan sehingga akan memakan waktu di perjalananan.
  3. Santai, jangan terlalu terpaku pada itinerary yang diberikan. Seringkali itinerary yang telah dibuat sedemikian bagus, tiba-tiba harus berubah, ini biasanya disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak terduga dan musibah yang tidak diharapkan. Itinerary seperti ini dapat dibicarakan kembali sehingga dapat merubah agenda itinerary misalnya yang tadinya hari sabtu jadi hari minggu apabila memungkinkan. Jadi jangan kecewa kalau sahabat tidak bisa mengunjungi suatu tempat. Masih ada kesempatan lain atau sahabat juga masih bisa bersenang-senang di hari kedua.
  4. Jangan Lupakan Hal Kecil Terakhir dan tak kalah penting sebagai penutup, Jangan lupa untuk menyertakan jadwal penerbangan, nomor pesawat, alamat hotel, peta, tidak lucu sahabat sudah mempersiapkan semuanya lau tertinggal pesawat.
Budget Travelling
Persiapkan penginapan selama melakukan travelling dengan cari promo diskon
Budget travelling
Persiapkan akomodasi yang akan digunakan saat melakukan travelling dengan mencari promo diskon

Nah inilah budget travelling dan itinerary terbaru bagi yang tidak memiliki banyak uang yang dapat diterapkan, namanya juga usaha pasti selalu ada jalan, jangan malas melakukan usaha. Ada pepatah mengatakan tidak ada usaha yang tidak berhasil pasti selalu berhasil kok. Selamat mencoba.  

0 Shares

44 komentar untuk “Budget Travelling dan Itinerary Terbaru Bagi Yang Tidak Memiliki Banyak Uang”

  1. aku juga iseng iseng ikutan giveaway atau kuis, siapa tau kalo ada hadiah utamanya jalan jalan bisa beruntung
    tiket promo selalu aku cari infonya, biasanya untuk jangka waktu hampir setaun khusus untuk kalo ada plan ke luar negeri

    1. Oh plan jalan2 dan huntibg promonya khusus luar negeri ya kak, salut euyy mainnya dah jauh, memang kalau kuis tuh enak banget yang hadiahnya udah disediain penginapan ,transportasi kita hanya duduk manis bawa badan aja ya . Happy travelling kak,jangan lupa jelajah juga Indonesia yang indah ini kak.

  2. Bagi yang ingin melakukan budget travelling, persiapan itu emang penting banget sih. Uang yang terbatas membuat segala hal mengenai pengeluaran harus benar-benar dipersiapkan biar gak jadi nombok akhirnya. Share cost bisa sih jadi pilihan, karena ya kalau rame-rame pasti jadi murah.

    Itinerary sih menurutku yang paling penting, karena ya itu tadi, persiapan harus bener-bener matang biar dompet gak bocor

    1. Benar banget kak,usahakan apa yanh udah di planning ya sesuai syukur2 ternyata ada lebih ,misalnya yang tadinya buat penginapan ehhh ada kawan yang kebetulan di kota destinasi yg kita tuju kan bisa irit penginapan juga tuh kak. Happy travelling with smart plan .

  3. Fadli Hafizulhaq

    Share cost dengan teman itu sangat bisa menghemat biaya travelling ya Mbak, apalagi kalau ramai-ramai, jadi bisa sewa transportasi perjalanan juga

      1. Fadli Hafizulhaq

        Bisa nebeng nginap di rumahnya atau rumah keluarganya aja jadinya ya Mbak, kalau bisa makan di sana juga, hehe

        1. jadinya hemattttttt bangettttt kaka, terus dianter ke semua destinasi wisatanya
          huhuhuh enak dan hemat pakai bangett, itu pernah kulakukan hahahah jadi cuma mengeluarkan
          biaya HTM ke destinasi sama jajanin kawan aja huhuhu

  4. Untuk share cost juga harus hati-hati ya, kak.lebih baik milih bareng temen yang sudah dikenal kalau baru pertama traveling dengan cara share cost. Soalnya rentan banget kena tipu sama jadi korban kejahatan. Pernah ngalamin dan sempet trauma. Jadi sekarang milih sama yang udah kenal aja.

    1. Iya bener kak harus hati-hati, alhamdulillah aku kalau share cost selain dengan
      kawan yang sudah kenal bisa dengan orang lain kak, tapi harus lihat yang bawanya
      kalau saya biasanya ikut komunitas yang sistem sharecost nah perginya atau yang
      bertanggung jawab untuk perginya harus sama founder komunitas tersebut kak. Jangan
      sharecost sama sembarangan orang .

  5. Kalo saya sih alokasi bun, setidak di akhir semester bisa travelling bersma keluarga dengan menghitung itenary dengan lokasi terdekat apa saja. Jadi bisa diperhitungkan sebelumnya.
    Tapi sementara di rumah dulu, ngikutin protokol kesehatan. Semoga pandemi ini cepat berlalu.

  6. Huaaaa aku kangen berat traveling nih
    Lagi kondisi gini, semua rencana perjalanan dibatalin deh
    Tapi budget sih tetap harus disiapin ya
    Karena setiap perjalanan harus benar2 direncanakan dengan baik

  7. Bisa travelling dan menekan biayanya ini penting banget nih k buat dipantengin. Apalagi hari gini kebutuhan travelling kayanya jadi harus masuk list soalnya biar badan dan pikiran ga mumet ya hihi

  8. Share cost itu tips hemat budget yg penting banget ya kak, traveling lancar kantong pun aman , hati pun senang palagi dapet giveaway wkwkwk

  9. Nah, saya selalu ikutan giveaway yang hadiahnya jalan-jalan baik itu dalam negeri dan luar negeri. Tapi…apa daya tak ada satu pun yang menang.

      1. Wah, rupanya ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya dapat liburan yang hemat biaya☺
        Betul sekali saat mau liburan kita juga harus buat itinerary. Supaya liburan kita lebih terarah dan dana yang dikeluarkan bisa dihitung duluan. Jadi saat liburan sudah tidak sibuk lagi mencari tempat yang akan dikunjungi dan menghitung biayanya. ..

  10. Kl udah traveling antar provinsi dan tpt2 kekinian, emang unt kalangan berduit lebih. Kecuali menang giveaway hehe, cuma emang pilhannya mau budget apa ga. Kl sharing resikonya ga cocok ma kawan, bagus juga sih ikut paket tour skrg ni pun bnyk yg trip budget. Trus kl masi sendiri lebih enak lagi budgetnya, beda kl family anak 2, budget jadi x 4 hehe.
    Tp jalan jalan emang ga harus jauh, di sekitar kita pun bisa kita explore, cuma kurang eksis aja kl upload di medsos, alias jalanya kurang jauhh haha
    Tq tipsnya ya

  11. Mutia Ramadhani

    Share cost dengan beberapa teman itu emang trik cerdas Traveling sekarang mba. Jangankan wisatawan lokal, wisatawan asing aja banyak banget yg menerapkannya. Mereka pada backpackeran ke Bali rame-rame. Kadang sampai berlima, berenam. Trus sewa vila 2 minggu misalnya, jatuhnya muraaaaaaaaah banget. Mereka malah senang juga tuh makan di warteg. Makin hemat lagi deh. Hehehe

  12. duh ngiler traveling, udah lama banget gak traveling. apalagi ditambah masa pandemi gini, pingin cepet-cepet berakhir dan bisa melancong lagi, hihi. makasih mba tipsnya, oke banget bisa aku praktekin nanti.

  13. Tos samaan kita kak…kadang disela tugas kedinasan (kalau bisa) menyempatkan traveling … kalau ga ya itu tadi rencanakan bareng keluarga atau teman ..on the spot atau menggunakan jasa pemandu wisata…

  14. sama Mbak Inna, aku jg suka traveling sekalian dinas #eh apa dinas sekalian traveling misalnya klo aku dinas tar suami sm anak2 nyusul pas hr terakhir atau kebalikannya hahha

  15. Aku tambahkan ya Kak, budget bisa ditekan jika perginya di luar waktu liburan.
    Dulu aku sering pakai cara ini, waktu anak-anak masih belum sekolah atau masih di kelas bawah. Tapi sekarang susah, anak-anakku sudah kelas 9 dan 5, jadi ga kayak dulu lagi, mau ijin buat jalan-jalan rasanya sayang dan sungkan. Jadilah mau gamau liburan di saat musim libur yang otomatis budget jadi ngikuti musimnya, peak season!

    1. iya juga kak diluar waktu liburan bisa menghemat , apalah daya selain sabtu dan minggu
      tak ada waktu libur lain maklum masih budak corporate , kecuali bener2 cuti ya dijadwalin
      diluar liburan tapi tetap jumat pasti berangkatnya, itu dah mahal juga harga tiket, paling
      disiasati pas pulangnya sie diluar waktu liburan, makasih kak tambahannya.

  16. Pernah dong ikutan traveling pas suami dinas keluar kota, langsung deh di nyinyirin sama beberapa teman suami wkwkwk. Aji mumpung lah dll. Padahal maksudnya ngirit ajah kan yang biaya cuma saya (tiket pesawat aja) yang lainnya nebeng. Padahal tanpa saya ikutpun pasti biaya juga akan segitu hotel dll

  17. Penting planning buat traveling. Yg pertama mungkin dana yg kudu disiapkan kemudian baru itinerary termasuk tiket, penginepan dll. Sdh pngen bnget jln2, tp situasi skrg tdk memungkinkan.

  18. judulnya kok aku banget nih, haha.. budget lagi difokuskan pada pendaftaran selolah baru. jadi semester ini ga ada pergi-pergi, kebetulan juga lagi ada pandemi. bismillah setelah satu semeseter nanti kita hunting tempat seru lagi

  19. Kalo perjalanan dinas disambi travelling, buat sesemak kek saya, nggak bs banget mb. Krn kalo sdh perjalanan dinas, otaknya dah kapan balik rmh aja. Males ninggal rmh lama2, hehe.
    Ehtapi, mulai bikin itenery wisata dan cek promo, boleh juga tuh.😉

    1. hahaha kalau aku sayang kak, malah bos aku kalau aku dinas dia pengen ikutan tuh,
      terus aku disuruh buat itinerary selama dinas untuk disambi sedikit waktunya jelajah ga
      lama kok kak, kan jg dijatah kantor ada undangannya.

  20. Wah iya bener juga nih. Cara-cara yang dituliskan di artikel bisa dilakukan untuk bisa travelling dengan budget minim. Karena emang sejatinya travelling itu penting banget lho untuk merefresh otak kita agar tidak stress karena rutinitas cmiw

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap