Agar Travelling Nyaman Konsumsi Makanan Kaya Serat

0 Shares

Serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.ada banyak manfaat yang dirasakan tubuh dengan mengkonsumsi makanan kaya serat.Untuk menjaga tubuh agar terhindar dari gangguan pencernaan, sehingga terhindar dari gangguan wasir dan sembelit.  Apalagi sahabat yang biasa travelling. Agar travelling nyaman konsumsi makanan kaya serat  wajib ada. Makanan yang berserat tinggi bisa sahabat dapatkan dalam berbagai makanan. Dengan asupan serat yang diperoleh dari buah,sayur dan kacang-kacangan. Tahukah sahabat makanan apa saja yang mengandung serat ?

Serat itu apa sih ?

Serat adalah sahabat paling baik bagi pencernaan dan merupakan karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah,sayur,dan biji-bijian. Selain membuat rasa kenyang lebih lama, serat ampuh untuk mengatasi sembelit, membantu menurunkan kolesterol, dan berbagai masalah gangguan  pencernaan.

Jenis Serat

Serat terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Serat tidak larut merupakan  Serat  yang tidak dapat larut dalam cairan. Serat ini berfungsi membantu mencegah sembelit. Biasanya serat jenis ini ditemukan pada biji-bijian, sereal gandum, dan sayuran seperti wortel,seledri dan tomat
  2. Serat  larut merupakan serat yang larut dalam air akan menyerap cairan sehingga wujudnya akan mengental  dalam pencernaan.  Serat ini membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mengurangi kolesterol . Serat jenis ini bisa ditemukan pada bubur gandum, kacang-kacangan, apel, buah pir, dan buah beri.

Pilihan makanan yang paling alami dan tidak melewati terlalu banyak proses olahan, maka akan semakin tinggi seratnya. Selain itu semua buah dan sayuran mengandung serat . Kebanyakan serat terkandung dalam kulitnya . itu berarti memakan apel,pir, anggur dan jambu dengan kulitnya lebih baik, dengan syarat terlebih dahulu dibersihkan serta mencuci buah sampai bersih. Beikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk makanan kaya serat yaitu :

  1. Biji-bijian dan gandum seperti bubur gandum(oatmeal) , kuaci dan chia seed. Biji-bijian sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan, mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar
  2. Roti terutama jenis roti gandum
  3. Buah – buahan seperti  buah pir , alpukat, kiwi, anggur, raspberry, pisang dan blackberry
  4. Sayuran seperti brokoli, tomat, wortel dan sawi

Salah satu makanan kaya serat dan pas untuk dikonsumsi ketika pencernaan sedang mengalami masalah, karena olahan gandum satu ini kalorinya sangat rendah. Biji-bijian sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan, mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar.

Makanan kaya serat

 Manfaat dari makanan kaya serat

Selain terbukti menurunkan berat badan. Ada beberapa keuntungan lain diantaranya adalah:

1. Membantu menjaga kesehatan usus

Yang terkandung dalam makanan, meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Jika makanan yang sahabat konsumsi membuat feses lebih cair , serat akan membantu memadatkannya karena serat menyerap banyak air. Selain itu makanan kaya serat dapat menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan serta gandum membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.makanan yang kaya serat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula dalam darah .Mengurangi risiko diabetes (kencing manis)

Agar travelling nyaman konsumsi makanan kaya serat , yang dapat sahabat pilih menjadi konsumsi harianmu. Rajin mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Travelling lancar dan pencernaanpun baik berkat selalu mengkonsumsi buah.

0 Shares

44 komentar untuk “Agar Travelling Nyaman Konsumsi Makanan Kaya Serat”

  1. Mutia Ramadhani

    Buat saya pribadi serat itu penting biar gak masalah sembelit selama traveling. Kekeke. Serat juga bikin perut lama kenyang. Jadinya bisa puas explore tempat wisata ya.

  2. Apa yang masuk ini emang bener2 ngaruh ke badan ya kak. Kemarin saya bebas bgt makan goreng2, makan micin langsung deh ngefek ke tenggorokan yang emang sensitif. Setelah saya kurangi Alhamdulillah tenggorokan berasa enak

  3. Saya kira makanan kaya serat ini hanya untuk melancarkan sistem pencernaan. Rupanya manfaatnya banyak sekali ya? Mulai sekarang kayaknya saya harus rajin makan makanan kaya serat ini supaya kesehatan lebih terjaga☺

  4. Nah benar, serat itu penting buat traveling. Teman saya yang hobinya traveling juga selalu menyajikan makanan atau buah agar percernaannya lancar.

  5. Serat penting bgt ya, traveling sm bicah2 jg hrs sedia buah nih. Buah memang selain enak juga praktis (kaya pisang, apel,kelengkeng, manggis dst) drpd bocah2 ngemil ga jelas kaya ciki sm permen hehehe

    1. Benar sekali itu kak penting makanan kaya serat dikonsumsi apalagi sama
      bocil ya tidak boleh sembarangan makannya. paling aman ya makanan kaya
      serat supaya travellingnya pun berjalan lancar.

  6. Waah aku baru tahu kalau makanan kaya serat bisa menurunkan kadar kolestrol juga. Banyak sekali ternyata ya manfaat makanan kaya serat ini termasuk saat travelling. Makasih sharingnya 🙂

  7. Nah, bener nih. Kami usahakan mencari buah sih walau di tempat wisata juga. Kalau kepepet banget, memang selalu bawa suplemen serat juga, v*g*ta. Biar lancar…

  8. Sebuah pengingat yang baik nih. Dewi kalau travelling juga suka beli buah yg sdh dikupas di mini market terdekat, atau pling mudah beli pisang. Walau travelling kita perlu jaga pola makan ya mbak:)

  9. Penting banget ya mkn serat ini, soalnya klo traveling mkn pasti tak teratur otomatis pencernaan jd terganggu dan pengeluaran Mknan jg tersendat ..pantes ya klo traveling ku suka susah kebelakang kyknya kurang serat nih wkwk

  10. Sari penjelasan di atas, berarti saya banyak mengkonsumsi serat dong karena bahan makanan tersebut sering ada dirumah saya. Sip deh infonya.

  11. Wah berarti kebutuhan serat saya di cukup terpenuhi dong ya. Karena bahan makanan di atas sering ada di rumah saya 😂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap