20 Makanan Khas yang Harus Dicoba di Semarang

0 Shares

Kota semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Bandung ,Surabaya dan Medan. Bukan hanya terkenal dengan lawang sewu dan kota lama. Kota semarang sekarang ini semakin banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Selain itu Semarang juga terkenal dengan beraneka makanan yang khas membuat ketagihan dan enak loh, dari yang mulai lesehan sampai resto. Inilah makanan Khas yang harus dicoba di Semarang yaitu :

Kepala ikan Manyung Bu Fat

Kepala ikan manyung bu Fat ini merupakan khas masakan mangut, kalau suka dengan rasa pedas makanan ini sangat cocok dan patut dicoba, rasanya bikin nagih. Kepala ikan manyung Bu Fat ini yang paling legendaris dari presiden, artis pernah makan di RM ini ada 2 tempat yaitu di Jl. Erlangga Timur No.3 tidak jauh dari simpang lima Semarang dan di Banyumanik.

Makanan yang harus dicoba di Semarang
Kepala Ikan Manyung “Bu Fat” (Dokpri)

Kepala ikan manyung ini dimasak seperti gulai rasaranya pedas, tapi nikmat serta porsinya yang besar cocok untuk dimakan sendiri ataupun beramai-ramai , bisa untuk 5 orang. Untuk harganya dilihat dari ukuran besar atau kecilnya ikan mulai dari Rp. 35 ribu – 85 ribu.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal, yang seperti pecel kalau anda orang Jakarta yang belum pernah mencoba tahu gimbal asumsinya adalah tahu goreng yang keriting, padahal ini salah satu makanan khas semarang yaitu tahu goreng dan bakwan udang diiris kecil sebagai bahan pokoknya yang terdapat lontong, kol, dengan disiram kuah kacang dengan patokan harga Rp. 10.000,-

Tahu Gimbal ( Dokpri)

Bakmi Djawa Doel Noemani

Menjual bakmie jawa dan nasi goreng dengan bumbu khas jawa, rasa bakmie godognya yang gurih dan enak dengan harga yang tidak terlalu mahal, terletak jl. Pemuda di depan paragon Plaza.

Soto Bangkong

Merupakan soto ayam khas semarang, bangkong sendiri diambil dari nama perempatan jalan dimana warung soto ini berdiri. Konon dahulu terdapat banyak bangkong atau kodok di jalan tersebut. Yang berisi irisan daging, tomat, bihun,tauge, bawang merah dan bawang putih, dinikmati bisa dengan tambahan sate ati,kerang, telur puyuh dengan kuah seperti semur.

Kuliner Semarang Soto Bangkong
Soto Bangkong (Dokpri)

Nasi Ayam simpang lima

Nasi yang disajikan dengan picuk daun pisang dengan berisikan sayur labu siam,krecek, suwiran ayam, telur dengan disiran kuah opor membuat rasnya semakin gurih dan lezat ketika disantap, harganya tidak terlalu mahal Rp. 10.000 – Rp. 27.000,- Adanya di pinggir jalan, malam jam 23.00 masih ada .

Soto Pak Man

Kelezatan dari soto ayam pak Man ini tak perlu diragukan lagi, dari para pejabat, artis ibukota sampai pak presiden jokowi . yang berbeda dari adalah disiapkan diatas pikulan, disajikan dalam mangkuk mungil berisi nasi,bihun,tauge,suwiran daging ayam,potongan tomat, daun bawang dan disiram dengan kuah bening dengan cita rasa manis gurih. Agar lebih maknyus lagi anda bisa menambahkan kecap manis,sambal, dan perasan jeruk. Patokan harga Rp. 16.000,- . Selain di kota atlas , anda bisa mendatangi soto ayam pak man di 5 cabang yang ada di Semarang yakni Jl. Pamularsih Raya No. 32 , Jl. Veteran No. 26, Jl. Telogosari Raya I No. 61. Jl. Perintis Kemerdekaan No.295.

Pusat Angkringan Gereja Blenduk

Jajanan di pusat angkringan Gereja Blenduk ini wajib juga sahabat kunjungi karena harganya juga bersahabat dan enak sambil santap makanan d sengan menikmarti kota semarang serta menikmati live music .

Gudeg Mba Tum

Buka dari sore hingga tengah malam ,menyediakan nasi gudeg, ayam goreng,lontong opor,babat goreng, koyor,sambal. Semakin malam gudeg mba tum semakin ramai.letaknya di JL. MT Haryono Mataram, Semarang.

Es Puter Cong Lik

Es puter Cong lik yaitu es puter yang legendaris, elah berdiri dari tahhun 1982 hingga sekarang. Cong lik artinya kacung cilik karena sering disuruh ayahnya. Es puter ini disajikan dalam mangkuk mika yang isinya es, potongan agar-agar,potongan durian,mutiara dan buah lontar. Rasanya manis, gurih,segar tanpa pemanis buatan. Harga dipatok Rp. 25.000-Rp. 30.000,-, terletak di pasar Semawis, Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Nasi Ayam Hainam

Nasi Ayam Hainam, rasanya gurih dan sedap, berisikan potongan ati kering dan kesat, ayam rebus yang lembut dan gurih dicampur dengan kuah kaldu dan sambal, membuat rasa jadi istimewa dengan harga Rp. 30.000,-, terletak di pasar Semawis, Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Nasi bakar kemangi

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang berbebtuk kerucut berisikan suwiran ayam dan telur asin didalamya dengan harga Rp. 30.000,- perbungkus terletak di pasar Semawis, Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Sate Tulang Ayam.

Tulang ayam yang dimaksud adalah sate bagian punggung ayam, karena punya tekstrur daging ayam yang lebih lembut dengan keberadaan tulang ayam muda yang membuatnya makin gurih berisi 3 potongan daging ayam satu tusuk dengan bumbu asam pedas manis, dengan harga Rp. 15.000 pertusuk.  terletak di pasar Semawis, Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet pak Tuko sudah mulai berjualan pada tahun 1960 sehingga menjadi legenda pisang plenet di Semarang.  Terdapat  11 rasa perporsinya harga Rp. 13.000,- letaknya di kawasan Mal Sri Ratu dan pasar Semawis. Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Chok Dee Thailand Street

Tenant yang paling banyak atraksi api berkobar-kobar karena masakan yang disajikan dibakar seperti baby octopus,cumi,bakso, bakso salmon,kepiting dan ikan, disajikan dalam mangkuk kertas dengan tambahan bumbu, jagung rebus dan bulkatan mashed potato, rasanya enak dengan bumbu pedas, manis seperti bumbu asam manis yang biasa digunakan untuk kuah kerang. Dengan patokan harga Rp. 40.000 terletak di pasar semawis Kranggan Jl. Gg Warung No. 50 Kauman Kec, Semarang.

Lumpia

Makanan ini sangat identik dengan rebung ditambah dengan campuran daging cincang ayam atau udangyang dibalut oleh kulit lumpia. Makanan ini terasa lezat dan nikmat, terletak di Gang Lombok yang berada di kawasan pecinan semarang.

Ice Cream Toko Oen

Toko Oen merupakan restoran yang telah ada dari tahun 1982 terletak di Jl. Pemuda kota lama semarang. Ukuran pintu kayu bersayap dua bergaya Belanda, meski terlihat kecil konstruksinya, namun tampak kokoh dengan bangunan khas arsitektur kolonial, tersedia minuman ice cream, makanan khas tempo dulu. 

Ice Cream Toko Oen ( Dokpri)

Tahu Bakso Bu Pudji

Terbuat dari bahan dasar tahu yang diberi adonan bakso ditengahnya dengan pilihan tahu bakso goeng dan tahu bakso rebus, terletak di Jl, Jend. Sudirman No.156 Langensari Ungaran. Tahu bakso ini dijual dalam kemasan kotak dengan isi 10 biji dengan harga Rp. 22.000,- untuk tahu bakso goring dan tahu bakso rebus dengan harga Rp. 20.000,-

Kue Mochi ,

Identik dengan rasa kenyal-kenyal dilidah apabila dimakan terbuat dari tepung ketan dengan bagian dalamnya diisi kacang yang sudah dicincang dan gula serta dibaluri wijen luarnya dengan harga Rp. 30.000 perkotak dengan jumlah 10 .

Bandeng Juwana

merupakan bandeng yang berduri lunak, dapat juga diasap maupun otak otak dengan harga Rp. 64.000,- per kg isi 5-6 ekor ukuran kecil dan ukuran sedang berisi 4 ekor dengan harga per kg Rp. 67.500,- untuk ukuran yang besar isi 3 ekor Rp. 71.000,- terletak di Jl. Pandanaran 57 dan Jl. Pamularsih 70

Wingko Babat

Jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan dengan campuran kelapa muda yang diparut, garam dan gula. Rasanya manis, gurih dan legit . terdiri dari berbagai varian rasa dari coklat,durian,pisang terletak di Jl. Cendrawasih 14.

Oh iya sahabat kalau makanan yang lainnya tidak aku kasih fotonya, karena lupa foto saking laparnya wkwkw. Gimana sahabat tertarik untuk mencicipi semua makanan khas Semarang ini, dijamin pasti balik lagi dan membuat ketagihan deh. Sampai ketemu di pembahasan kuliner daerah lain ya sahabat. Semoga bermanfaat.

0 Shares

18 komentar untuk “20 Makanan Khas yang Harus Dicoba di Semarang”

    1. ihhh ini mah lezat bener kak, bumbunya memang pedas sekali kak maknyus, tapi bisa kok
      minta jangan terlalu pedas aku aja habis 1 itu kak wkwkwk. Wajib dehh kaka coba , waktu
      makan di sana ada loh seorang bapak yang sengaja ke semarang cuma buat makan kepala ikan
      manyung doang, terus dia pesen bawa ke jakarta 2 atau 3 gitu.

  1. Ice cream toko Oen ituu engga ketinggalan deh kalau ke Semarang pasti ke sana. Kuliner Semarang emang enak² semua sih…Terjangkau pula…Makasih list-nya. Soalnya blm semua dicoba. Hehe…

  2. Naah ini wingko babat menjadi salah satu makanan khas dari Semarang yg paling saya suka. Tiap kali ada saudara yg pulang kampung, selalu bawa oleh-oleh wingko babat.
    Rasa manis dan gurih dari kelapa nya paling saya suka..

  3. Fadli Hafizulhaq

    Banyak betul kuliner khas Semarang, sayang saya belum ada kesempatan traveling ke sana. Mudah-mudahan ada kesempatan di masa yang akan datang, insyaa Allah. Pengen coba gulai kepala ikan itu

  4. Rini Novita Sari

    Aduhhh tahu gimbakbyaa bener bener bikin laperrrr mbaaaakkkkk.. .
    Enak betul kloatan bumbu eh sambelnya tuhh

  5. Ice cream toko OEN tuh yg blm pernah tak coba ..pas kesana tutup melulu tokonya …hehe ..btw enak2 ya kuliner Semarang ..kyknya klo 20 itu dicobakan sehari kurang deh waktunya..jadi hrs extend agak lama nih ya klo trip ke Semarang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap