Kecombrang Bunga Hutan Sumber Pangan yang Berkhasiat.

0 Shares

Hutan adalah inspirasi . inspirasi bagi jati diri sebagian besar suku- suku bangsa nusantara, Bangga dengan hutan Indonesia berarti bangga dengan jati diri dan budaya bangsa , menjaga hutan berarti menjaga  jatidiri dan budaya. Sahabat, suka dengan alam bebas, hiking, camp di hutan atau di gunung? Nah, pernah tidak sahabat kehabisan logistik atau bahan makanan saat di gunung, mungkin saat sahabat merasa kelaparan tapi malas membuka isi tas/ carrier karena takut merusak susunan packing atau tim logistic sudah jauh di depan. Jangan khawatir  ya sahabat karena banyak kok makanan survival yang dapat dicari di sepanjang jalan di hutan atau gunung, karena hutan di Indonesia menyimpan banyak sumber pangan yang dapat dimakan. Salah satunya Kecombrang , bunga hutan sumber pangan yang berkhasiat. Mau tahu dong yang seperti apa kecombrang itu, yuk simak penjelasanku ya!

Apa Sie Kecombrang

Kecombrang (Etlingera elatior) atau bunga kantan adalah sejenis tanaman pisang-pisangan yang biasa dijadikan tanaman hias karena terlihat cantik, warnanya kemerahan, merupakan sejenis tanaman rempah. Namun tumbuhan ini bisa dimakan loh, sahabat tinggal mengupas dan bijinya mirip dengan buah jambu delima. Bentuknya seperti bunga kuncup kalau batangnya sudah tua mirip jahe atau lengkuas. Penyebutan kecombrang beda-beda tiap daerah seperti di Jawa Barat dikenal dengan nama Honje, Bali disebut bongkos, Medan kincong/riyas dan Penang sendiri disebut Siantar.

Manfaat dan Khasiat kecombrang

Kecombrang mudah ditemukan di Indonesia, memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan, karena mengandung seng, magnesium, kalsium, fosfor dan zat besi kalium.

Batang kecombrang : Air perasan batang kecombrang bisa sembuhkan luka robek pada kulit dan punya efek anti septik, selain itu batang buah kecombrang dapat dijadikan sabun yang akan menghasilkan bau yang sedap dan wangi, sehingga dapat membantu mengurangi serta mengatasi bau badan yang dialami.

Daun Kecombrang : Ekstrak daun kecombrang dapat membunuh larva nyamuk demam berdarah (aedes aegypti) dengan cara ditaruh dengan direndam air dan diletakkkan pada tempat yang terdapat larva atau yang banyak nyamuknya.

Bunga Kecombrang : dapat mencegah seseorang untuk terkena kanker, radikal bebas dan membuat BAB makin lancar karena serat tinggi dan menghambat pertumbuhan bakteri, membersihkan dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan dalam kecombrang memiliki senyawa yang dapat menyehatkan tubuh dengan cara membersihkan darah sehingga nantinya aliran darah akan menjadi lebih lancar dan organ tubuhpun tidak akan terganggu akibat darah yang kurang bersih,mengatasi beragam masalah kulit, seperti cacar, campak dan berbagai penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh virus bakteri dan kekurangan vitamin , menetralkan asam lambung , pada saat asam lambung naik atau berlebih dapat langsung mengkonsumsi bunga kecombrang ini untuk mengatasinya. mengobati luka , kecombrang memikili sifat anti mikroba dimana mampu mencegah terjadi infeksi  pada bagian kulit yang terluka seperti luka jatuh, luka bakar dan lain-lain. Untuk itulah bunga kecombrang menjadi pengobatan alternatif untuk mengobati luka.

Kecombrang
Sumber : Dokpri

Pengolahan Kecombrang

Bunga kecombrang banyak sekali dijadikan sebagai bahan makanan, dijadikan campuran dalam makanan untuk menambah kekayaan rasa. Rasanya unik yaitu agak asam seperti lemon dan pedas seperti jahe. Aromanya pun mirip dengan daun sereh. Kecombrang biasa dijadikan campuran ke dalam sambal matah untuk daerah Bali, sedangkan dibanyumas bunga ini dijadikan campuran dalam pecel. Kalau aku sendiri biasa mengolah bunga kecombrang untuk jus, tumis daun singkong dan ikan teri, wah enak sekali dehh.

Bunga Hutan Sumber Pangan yang Berkhasiat
Sumber : Transmedia
Sumber : Dokpri
Bunga Hutan Sumber Pangan
Sumber : Dokpri

Gimana banyak sekali manfaat dan khasiatnya, memang bau wangi harumnya yang sangat khas membuat banyak yang menggunakan untuk tambahan pada masakan, sahabat boleh mencobanya.

Hutan Indonesia kaya dengan berbagai keanekaragaman hayati yang tidak semua Negara miliki dan karena itu harus bangsa Indonesia bangga terhadapnya. Dan beraksi untuk menyelamatkannya karena hutan Indonesia milik bangsa Indonesia,harus dijaga untuk generasi penerus. Hutan Indonesia adalah berkah dari Tuhan untuk bangsa ini, perlindungan secara menyeluruh terhadap kekayaan ini mutlak dilakukan demi keseimbangan bumi  dan kehidupan warganya. menjaganya untuk Indonesia raya tetap jaya sentosa selamatkan hutan selamatkan Indonesia.

Bagi sebagian suku bangsa lainnya hutan dan tanah sebagai ibu sumber kehidupan. Bangsa Indonesia harus mempunyai kebanggaan dan semangat untuk menjaga sumber inspirasi bangsa.

Dengan banyaknya penebangan hutan maka berakibat jutaan batang tanaman kayu, tanaman pangan dan tanaman obat hilang. Selain berdampak kepada biodiversitas juga berdampak pada kehidupan flora dan fauna, mengurangi kekayaan spesies burung hutan. Indonesia merupakan rumah dari hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia. Keberadaannya menjadi paru-paru dunia memproduksi oksigen dan menyimpan karbon. Hutan hujan tropis juga menjadi rumah bagi jutaan ragam flora dan fauna .

Hutan itu kini semakin berkurang , akibat penebangan yang terus terjadi. Wilayah kelola rakyat untuk penyelamatan lingkungan hidup yang dibangun WALHI sebuah upaya solutif guna memperkuat posisi masyarakat untuk menjaga ekosistem dengan mengatur hutan agar dapat bertahan menjadi satu kesatuan dalam kehidupan masyarakat.

Maka dari itu sahabat mari bersatu untuk menjaga hutan bersama-sama, diperlukan kebijakan tegas, niat baik dan serta kesadaran bersama untuk melestarikan dan menjaganya.

0 Shares

80 komentar untuk “Kecombrang Bunga Hutan Sumber Pangan yang Berkhasiat.”

  1. Baru tau ternyata manfaat dari bunga cantik ini banyak yah ..
    terimakasih infonya mba linaa
    sangat membantu banget nih kalo lg kelaperan pas hiking.
    aku kan anaknya laperan. hahahaa

  2. Itu jantung pisang ya gan,,, di tempat saya suka di jadiin lalaban , di coel sambal, mantap rasanya,,
    Kalau gak di sayur lodeh, di makan anget-anget, baru tau ternyata banyak khasiatnya ya,,,
    Tapi setauku hanya jantung pisang tertentu yang bisa di konsumsi…

  3. Nice info mba. Aku belum pernah coba, karena tahu khasiat nya banyak, minta dibuatin ahh olahan bunga kecombrang, ditumis barengan ikan teri enak kayanya 🤤

  4. Beda ya mba, penyebutan di masing-masing daerah.
    Karena didaerahku Bengkulu, namanya bukan kecombrang tapi bunga unji.
    aroma yang khas cocok banget dimasak dengan ikan nila yang sudah terlebih dahulu di panggang.
    duh, kangen masakan ini dech. Soalnya bunga unji ini masih terbilang mudah didapat.
    harganya per plastik di hargai Rp. 2.500 dengan jumlah isi nya 5

    1. penyebutan setiap daerah berbeda kak, memang cocok ditambahkan dengan masakan apapun
      sie kak kecombrang ini, apalagi dengan ikan nila, ehhh harganya murah sekali di Bengkulu
      kalau Jakarta satu bunga kuncup aja Rp. 10.000 kak.

        1. Hahahha, cowok mah makannya yang sedap dan aja .Padahal khasiat kecombrang banyak loh, walau ga dimakan tapi sarinya udah menyerap kedalam ikan pedas manis kak soalnya wanginya kecombrang sepeeti sereh

  5. Kecombrang di jus? Aku belum pernah nyoba nih. Biasanya aku pakai untuk campuran oseng-oseng tahu sih. Enak banget. Malah sering digado aja, engga pakai nasi…

  6. Saya baru tahu kalau kecombrang bisa diolah jadi jus. Selama ini tahunya di buat sambal aja.
    Memang, hutan kita kaya akan bahan makanan, tergantung kitanya bisa mengolahnya atau tidak

  7. Di Medan namanya kincong kak Inna.

    Ini favoritku untuk nambah nafsu makan. Caranya tumis kincong pake teri dan juga bawang merah bawang putih trus cabe merah..
    Duh ngencesss.

    Oh ya Mba, kincong ini punya bagian yang disebut di Medan dan Tapanuli sebagai asam cikala. Asam cikala ini biasanya buat masakan khas Mandailing dan juga Batak.
    Kalo kakak ipar sering masakin ikan gulai asam pake asam cikala.

    1. hahaha jadi pengen makan ya kak, melihat foto ikan teri aku hahah.
      Memang di setiap daerah beda-beda nama penyebutannya.
      iya bisa buat ikan gulai, banyak olahan masakannya sie kak.

  8. Aku tuh selalu penasaran tiap nont MasterChef oakai kecombrang-kecombrang gitu. Tapi gak pernah nyari tahu juga. Eh ternyata bentuknya kayak bunga toh. Jujur belum pernah olah sama sekali 😅 o ya Mbak font blognya kurang jelas nih kalau dibaca. Terlalu tipis gitu.

  9. Di Jawa namanya Kecombrang ya Mbak Marlina… di Medan “Kincung/Kincong” namanya hehe… ditambahkan di gulai daun ubi tumbuk yang fenomenal itu, di pepes ikan, di gulai masam ikan. hmm harum n menambah cita rasa khas.

  10. Fadli Hafizulhaq

    Saya pernah cobain kecombrang sekali, rasanya pedas. Istri saya suka tapi saya kurang, karena saya kurang suka pedas. Cuma memang rasa kecombrang itu unik, gak kebayang gimana rasanya jus kecombrang.

    1. kaka sekarang kecombrang ini sudah ada di pasaran kok, memang jarang sekali
      yang menjualnya. dari batang, bunganya bisa bermanfaat baik untuk tambahan makanan
      maupun berguna untuk kesehatan

  11. Sebentar, kayaknya saya pernah makan deh kecombrang sama daun singkong ini. Waktu itu abai aja karena rasanya enak. Tanpa mau tahu kecombrang itu sejenis bunga.

    1. Memang ya cowok tuh taunya makan aja, yang penting enak kan kak.
      iya kecombrang itu sejenis bunga kak tapi biasanya dikenal dengan nama honje,
      tiap daerah beda juga sie penamaannya.

  12. Saya baru 2x makan bunga kecombrang. Saat si mbarep nujuh bulan dalam kandungan dan saat ada keluarga yang meninggal. Jadi semacam makanan khas saat ada acara hajatan, gitu, di rumah mertua saya. Saya orang pesisir pantura, menikah dengan orang gunung Slamet.
    Padahal enak ya kalau jadi menu harian.

  13. haniwidiatmoko.com

    Selama ini sih pakai kecombrang dikit aja untuk tumisan ama tahu. Atau sambel. Sedaap banget. Tapi ya gitu, wanginya kuat, engga semua suka. Ibu-ibu kalo belanja di tukang sayur juga engga semua tau, itu apaan. Khasiatnya ternyata banyak yah…

  14. Masya Allah ternyata kecombrang banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan.

    Dulu di samping rumah sering lihat kecombrang, saya kira itu tanaman yg menggangu. Jadi diabaikan begitu saja.

    Oh iya, klo dibuat jus itu rasanya gimana ya mbak, pahit kah?

    1. Bukan tanaman mengganggu kak, malah banyaj manfaatnya, kalau di jus harus ditambah
      pemanis dikit kak, karena itu seperti sereh aromanya kalau di jus tambah wangi khasnya
      agak pahit getir gitu kak.

    1. hello kaka tanaman kecombrang bisa tumbuh dimanapun termasuk di hutan
      sekalipun. Tidak ada daerah khusus tanaman ini berada, melihara apa menanam kak,
      ada lagi kak coba cek deh di kota jember banyak tuh malah ada yang dijual dan
      diolah menjadi minuman jus.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap