Keindahan malam “Festival Of Light” di Monas

0 Shares

Assalamualaikum sahabat jalan, gimana kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat ya dan ketemu lagi sama saya. Sahabat masih ingat dong kalau kemarin Negara Republik Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Untuk memeriahkan HUT ke-74 RI ini menghadirkan pameran bertajuk Festival Of Lights 2019 dengan tema sejarah Nusantara dan Kemerdekaan RI,  di Taman Selatan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Festival Of Lights digelar diatas lahan kawasan monas seluas 5 hingga 8 hektare di sisi Selatan dan sebagian di sisi Barat. Acara ini akan diselenggarakan tanggal 15 Agustus 2019 hingga tanggal 25 Agustus 2019. Instalasi lampu pada pameran Festival of Lights resmi dinyalakan mulai pukul 18.30 WIB setiap harinya. Festival ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya dan ditutup pada pukul 21.25 WIB.Jadwalnya terbagi menjadi 3 sesi yakni pukul 18.30 – 18.55 WIB, pukul 20.00 – 20.25 WIB dan pukul  21.00-21.25 WIB

Monas memang tidak pernah sepi pengunjung untuk melakukan aktivitas olahraga seperti lari dan jalan santai, biasa dilakukan oleh pengunjung setelah beraktifitas kerja untuk melakukan olahra ga,  tetapi semenjak adanya Festival Of Lights jumlah pengunjung bertambah banyak. Pengunjung antusias serta penasaran ingin melihat langsung seperti apa dan ada apa saja di Festival Of Lights. Banyak sekali yang pengunjung lakukan di Festival Of Lights ini seperti berswa foto di instalasi-instalasi yang telah disediakan.  

Bentuk-bentuk instalasi yang dipasang di Taman Monas ini diambil dari beberapa diorama yang ada di museum sejarah Monas. Hal ini diharapkan agar semakin banyak masyarakat yang penasaran dan ingin mengunjungi Museum sejarah tersebut. Di museum itu kan ada diorama,ada cerita-cerita, nah salah satunya mengambil dari museum tetapi dikombain dengan teknologi lampu, teknologi kekinian.

Ada beberapa  instalasi menyala di malam hari yang cocok digunakan sebagai tempat berfoto instagramable seperti :

  1. Replika Rumah Bung Karno sebagai salh satu saksi bisu kemerdekaan RI, Rumah Bung Karno yang dahulu berada di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 turut menjadi instalasi di Festival Of Lights 2019. Di halaman rumah terdapat instalasi bunga dan replica bung karno dan bung Hatta yang sedang berdiri berdampingan serta ditambahkan suara pembacaan naskah proklamasi.
  2. Romantic Garden atau Taman Bunga yang menyala warna warni , disini saya bisa menikmati pemandangan indah dengan deretan lampu-lampu yang dibentuk menyerupai  bunga indah nan romantis. Ya Area ini sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbincang ringan dari hati-hati,sembari sesekali  mengambil foto selfie. Ehh jangan salah para jomblo bisa kok foto di area ini bukan hanya yang udah berpasangan aja, anggap aja ada di negeri  sakura, siapa tau bisa pergi ke Negeri Sakura.
  3. Instalasi patung Jendral Sudirman mewakili tokoh patriotik Kemerdekaan RI
  4. Perahu yang mencerminkan Indonesia sebagai Negara kepulauan
  5. Instalasi Patung Jayakarta mewakili tokok pendiri kota Jakarta
  6. Replika Kapal Majapahit . Di area Utama terdapat sebuah replika kapal majapahit yang terlihat megah dan digadang-gadang menjadi instalansi andalan Festival Of Lights 2019 dikarenakan bentuk dan ukuran replika kapal ini memang terbilang besar meski tidak sebesar ukuran sesungguhnya. Selain itu terdapat performance penyanyi untuk menyanyikan lagu kemerdekaan dan di atas pengunjung juga diperkenankan menaiki kapal dan berswafoto. Pemilihan instalasi kapal majapahit didasari sejarah bahwa Negara kita yang ndikenal sebagai bangsa penguasa lautan.Ukuran kapal kerajaan Majapahit bahkan digadang-gadang lebih besar dibandingkan  kapal milik cheng ho (pelaut dan penjelajah asal Tiongkok).Dahulu kerajaan majapahit berperan besar mempersatukan Indonesia dan Asia, seharusnya kita bangga dengan nenek moyang kita.
  7. Replika Mobil Bung Karno , Di tengah hamparan bunga-bunga terdapat replika mobil kepresidenan pertama milik Presiden Soekarno yakni mobil Buick 8.
  8. Terowongan atau LED tunnel dengan desain bola-bola merah putih, lampu merah putih, hijau biru dan hijau kuning  yang tidak kalah cantiknya.
  9. Instalasi burung garuda yang terdapat foto pahlawan revolusi seperti Achmad Yani, soeprapto, MT Haryono, pierre Tendean, S parman.

Cerita-cerita atau sejarah Indonesia tersebut diintepretasikan menjadi pertunjukan lampu-lampu nan cantik, sehingga akan lebih menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Semoga Festival of Light 2019 ini bisa menjadi lebih menarik dan indah untuk dinikmati baik pada siang hari maupun malam hari . Harapannya wisatawan yang mengunjungi monas bisa mengenal monas lebih baik dan tentunya belajar lebih jauh mengenai sejarah,khususnya sejarah Indonesia dan kota Jakarta.

Jadi Tunggu apalagi ? segera atur waktu untuk mengunjungi Festival Of Lights 2019 . Ajak sahabat, kekasih, encang, encing, nyak, babeh, mantan, gebetan  untuk menikmati keindahan monas di malam hari dan melihat ” Festival of Lights ” ini ya.

0 Shares

50 komentar untuk “Keindahan malam “Festival Of Light” di Monas”

    1. Festival selalu diadakan kak tapi beda tema kalau ini temanya pahlawan
      karena betepatan dengan hari kemerdekaan . Pucuk monas kalau malam tidak dibuka kak
      paling ada yang olahraga aja kak

    1. salam kenal juga kak makasih udah sempetin mampir ke blogku ini
      bole lah kak ke monas sambil olahraga, hunting2 foto jadi dapat semuanya sehat
      badan dapn sehat mata .

    1. ayo kak, sambil olahraga aja ke monas wong masuk ke dalam monasnya juga free
      tidak bayar alias gratis . makin keren lah kak

  1. Monas merupakan icon Kota Jakarta yang wajib dikunjungi bila kita sedang ke Jakarta. Dengan tampilan sorotan aneka warna lampu pasti menambah daya tarik tersendiri… Ahhh.. jadi kepingin main ke Monas.. 🙂

    1. ayo kak ditunggu di monas. festivalnya bertema kok kemarin bertema pahlawan
      karena bertepatan dengan hari kemerdekaan.

  2. Di Cirebon juga ada taman lampu kayak begini tapi taman disini murni untuk wisata jadi nggak ada tema kayak kepahlawanan. Hehehe. Saya belum pernah masuk soalnya kurang suka foto-foto. Jadi dengan adanya artikel ini, cukup memuaskan liat foto-fotonya saja.

    1. hahaha kaka dicoba dulu liat2 kak foto aja sebagai jejak digital kalau
      pernah lihat festival seperti ini bisa menjadi daya tarik para wisatawan

  3. Dari kecil sampai sekarang belum pernah ke Monas, kasian banget kan aku.

    Melihat review nya sepertinya asik tempatnya penuh dengan gemerlap cahaya lampu LED yang warna warni.

    Jadi kepingin ke Monas. Next time semoga ada kesempatan ke sana.

    1. wahhh kaka cobain dong ke monas masuk ke monas free kok kak, di monas ada air mancur
      yang bisa berjoget setiap malam minggu, terus setiap hari memang di pakai untuk
      yang mau berolahraga, nah festival seperti ini akan terus diadakan dengan tema berbeda-beda
      jangan lupa kak masukan monas sebagai destinasi liburan di jakarta kak

    1. iya kak coba deh ke monas malam hari makin cantik sekarang di monas,
      festival seperti ini akan terus diadakan dengan tema berbeda-beda
      untuk menarik para wisatawan

    1. iya kak festival seperti ini akan diadakan terus , untuk menarik para wisatawan
      baik lokal maupun asing tapi bertema kak seperti kemarin karena bertepatan hari
      kemerdekaan jadi banyak menampilkan para pahlawan.

    1. iya dong kak monas makin cantik, apalagi kalau ada festival seperti ini
      nanti akan kontinyu diadakan festival seperti ini, tapi dengan tema yang berbeda
      kalau kemarin kan pahlawan karena bertepatan dengan hari kemerdekaan

    1. iya karena bertepatan dengan hari kemerdekaan kak, tapi pemerintah DKI
      akan terus mengadakan festival seperti ini tapi dengan tema yang berbeda-beda kak
      ayo kak main lagi ke jakarta nikmati malamnya jakarta khususnya ke monas

  4. Semoga Monas lebih sering mengadakan festival di sana. Malam hari jadi lebih indah dan istimewa. Saya penasaran dengan instalasi Kapal Majapahit. Fotonya cantik, jadi bikin saya pengen ke sana untuk menyaksikan secara langsung.

    1. iya kak nanti akan terus diadakan acara seperti ini tapi bertema
      karena kemarin bertepatan dengan 17 Agustus hari kemerdekaan jadi
      banyak ke para pejuang dan pahlawan gitu kak. iya kan monas sekarang
      bagus kok kak

  5. di Tangerang, tepatnya mall balekota juga beberapa waktu lalu juga ada festival of light gitu. Cuma yg di Monas ini kelihatan lebih bagus, lebih bertema. Selain itu yang di monas enak tanpa dipungut biaya, kalau yang di Tangerang biayanya lumayan Rp 25.000 per orang. Mungkin penyelenggaranya beda kali ya.

    1. oh tangerang pernah ada festival seperti ini kak. iya di Jakarta yang menyelenggarakan
      pemerintah jadi tidak dipungut biaya. Rencananya sie di Monas akan terus dibuatkan acara
      seperti ini tapi bertema kalau kemarin karena berbarengan 17 Agustus menyambut kemerdekaan
      tema pahlawan gitu kak.

  6. Namanya saja sudah festival of light ya kak, pasti akan dihiasi berbagai ornamen seni lampu yang indah. Belum lagi festival ini sekaligus mengedukasi pengunjung soal perjalanan sejarah Indonesia. Bagus banget dan wajib dikunjungi nih

  7. Hehehe aku juga jadi antusias nih baca soal event Festival Of Lights di Monas ini. Seru deh lihat lampu warna-warni tapi dalam berbagai bentuk. Aku paling suka lihat yang rumah bung Karno, kapal majapahit sama romantic garden. Tambah kece deh ya sekitaram monas di malam hari. Apalagi tanpa dipungut biaya dan di bagi tiga sesi kunjungan. Jadi ingin ke Festival Of Lights juga ini. Coba ah nanti kalau ke Jakarta lagi 🙂

  8. Duh, seru banget yaa ada festival kaya gini, apalagi aku yg suka moto2, suka banget kalo ada event kaya gini. Plus instagramable juga lumayan kan buat nambah feeds kita 🤓😅

  9. Lampu-lampu aneka warna dan malam hari adalah paduan yang sempurna untuk sebuah keindahan karya cipta. Eaaaa… begitulah gelapnya malam dihiasi terangnya lampu-lampu bertema. Keren lah, Monas jadinya. Lebih keren maksudnya:)

    1. Iya kak bagus event ini akan terus berjalan kok kak cuma yang berbeda temanya aja kmrn karena habis hari kemerdekaan jadi banyaknya pahlawan2

    1. Salam kenal kak makasih udah mampir baca blogku,nanti festival ini akan terus diadakan kak tapi berbeda tema semoga nanti bisa mampir ke monas ya kak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy link
Powered by Social Snap